Comscore Tracker

5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluarga

Pada akhirnya, kamu harus bisa sendiri...

Musibah memang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Hampir semua orang pernah mengalami musibah yang tak disangka-sangka. Baik itu musibah berupa kehilangan harta benda, kehilangan orang yang dicintai, persoalan rumah tangga dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentu akan membuat kamu sedih bahkan stres memikirkannya. Apalagi jika musibah datang saat jauh dari keluarga, dimana dukungan untuk melewati musibah tersebut sangat kamu harapkan.

Bagi kamu yang saat ini sedang merantau entah untuk menyelesaikan pendidikan atau bekerja misalnya, kamu layak membaca artikel ini. Kamu mungkin sedang menghadapi musibah atau masalah tanpa kehadiran dan dukungan keluarga di sisi. Maka pada akhirnya, satu-satunya pilihan adalah menguatkan dirimu sendiri.

1. Dekatkan diri dengan Tuhan yang maha bisa

5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluargaunsplash.com/Josh Boot

Saat kamu sedang mengalami musibah sementara kamu sedang jauh dari keluarga yang biasanya selalu membantu kesulitan, hendaknya kamu semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Berdoa kepada Tuhan akan membuatmu merasa lebih tenang dan memiliki harapan untuk bangkit dari musibah. Mintalah kepada Tuhan petunjuk yang terbaik untuk melewati musibah tersebut. Percayalah, Tuhan akan selalu mendengar doa orang-orang yang meminta dengan tulus.

2. Ceritakanlah musibah yang kamu alami

5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluargaunsplash.com/Andy Art

Walaupun musibah datang saat kamu jauh dari keluarga, pastikan keluarga tahu apa yang sedang kamu hadapi. Namun, tak perlu berkeluh kesah dan menunjukan ketidakberdayaanmu pada keluarga, karena hal tersebut akan membuat keluarga justru merasa khawatir. Cukup ceritakan garis besar masalahmu pada keluarga dan bertanya apakah mereka bisa menolongmu. Jangan lupa, minta mereka untuk turut mendoakanmu agar musibah yang kamu alami dapat segera dilewati.

3. Abaikan rasa gelisah yang mengganggu

5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluargaunsplash.com/Andrew Neel

Kadang kamu mungkin terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak ketika mengalami suatu musibah. Sebaiknya, abaikan perasaan tersebut, karena semakin kamu memikirkannya, justru musibah itu akan tersa semakin berat untuk dihadapi. Berusahalah untuk tenang dan tetap berpikir jernih agar kamu mudah menemukan jalan keluar dari berbagai musibah yang kamu hadapi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Merantau, Minimal Sekali Seumur Hidup!

4. Curhat dengan orang yang kamu percaya

5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluargaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika kamu merasa tak sanggup menghadapi musibah tersebut sendirian, curahkanlah isi hatimu dengan orang-orang terdekat yang kamu percaya. Hal ini membantu kamu lebih kuat menghadapi musibah karena orang-orang terdekat pasti akan memberimu support untuk melewati ujian hidup tersebut.

Namun, berhati-hatilah dalam memilih orang yang kamu percaya. Pasalnya, jika kamu menceritakan musibah yang kamu alami dengan orang yang tidak tepat, bukannya merasa tenang dan dibantu, musibah yang kamu alami dapat menjadi gosip yang justru tersebar luas.

5. Sediakan waktu khusus untuk menyendiri

5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluargaunsplash.com/Anthony Tran

Pilihlah momen tertentu yang kamu anggap sebagai waktu yang tepat untuk memikirkan masalah dengan menyendiri. Jika kamu merasa sangat sedih dan tertekan, kamu pun boleh menangis. Biarkan dirimu menyalurkan emosi negatif karena terkena musibah dengan menangis agar perasaanmu menjadi lega.

Namun, jangan berlarut-larut dengan kesedihan karena masih banyak hal yang harus kamu lakukan dalam hidup. Sebaiknya, berilah batas waktu kepada dirimu untuk bersedih. Misalnya, kamu boleh menangis, bersedih atau mengurung diri di daam kamar selama satu minggu. Namun setelah satu minggu, berjanjilah pada dirimu sendiri untuk moveon dan menghadapi musibah yang menimpamu.

6. Cobalah untuk melakukan meditasi

5 Nasihat Ketika Musibah Datang Saat Kamu Merantau Jauh dari Keluargaunsplash.com/Brooke Cagle

Ini adalah metode biasa, namun sangat ampuh untuk mengatasi perasaan negatif seperti saat merasa sedih, kehilangan dan terluka. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan dengan perlahan. Buang semua bebanmu dan gunakan logika untuk mengatasi musibah tersebut. Panik bisa membuat kamu berpikir tidak jernih dan rasional, jadi tenangkan diri terlebih dulu agar solusi dari masalah bisa didapatkan.

Pada akhirnya, setiap musibah atau masalah akan bisa terselesaikan selama kamu percaya pada kemampuan dirimu sendiri. Pendampingan keluarga dan orang-orang terdekat memang dibutuhkan, namun ketika mereka tidak ada, kamu pun harus bisa untuk menyelesaikannya sendiri. 

Baca Juga: 5 Zodiak Terkenal Paling Mandiri dan Suka Merantau, Petualang Sejati!

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya