Comscore Tracker

5 Hal yang Pantang Kamu Pikirkan Saat Sedang Berjuang Meraih Cita-cita

tetap semangat dan pantang menyerah!

Setiap orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita yang ingin diwujudkan. Wajar saja, sebab dengan memiliki mimpi dan cita-cita kita akan lebih termotivasi untuk meraih sesuatu. Namun, jalan yang akan dilalui sudah bisa dipastikan tidak akan selalu mudah. Di depan akan ada berbagai macam halangan atau masalah yang merintangi perjalanan meraih cita-cita. 

Bagi sebagian orang, halangan atau masalah seperti cambuk yang justru akan semakin memotivasi untuk berusaha lebih keras lagi. Namun bagi sebagian yang lain, tak jarang juga masalah yang muncul malah melemahkan semangat mereka hingga timbul pemikiran untuk menyerah.

Hal semacam itu justru akan menghambat pencapaian diri menuju cita-cita yang ingin diraih. Berikut ini beberapa hal yang pantang terlintas di pikiranmu saat tengah berjuang meraih cita-cita.

1. "Jalan ini terlalu berat untuk dilalui."

5 Hal yang Pantang Kamu Pikirkan Saat Sedang Berjuang Meraih Cita-citaunsplash.com/Hillie Chan

Sadari satu hal penting ini, setiap perjalanan hidup pastilah berat. Justru dengan tetap berusaha melaluinya, kamu akan semakin dekat dengan tujuanmu. Seberapa tangguh perjuangan yang dilakukan, akan membuatmu semakin menghargai hasil di masa depan. Maka hentikan semua keluhan bahwa jalanmu hari ini teramat berat, sebab satu keluhan hanya akan menambah beban dan melemahkanmu.

2. "Aku tidak akan mampu mencapainya."

5 Hal yang Pantang Kamu Pikirkan Saat Sedang Berjuang Meraih Cita-citaunsplash.com/Ian Espinosa

Satu saja keluhan muncul di pikiranmu, maka keluhan berikutnya akan segera menyusul. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak mampu melakukan sesuatu hal. Sebab yang terjadi sebenarnya bukan ketidakmampuan, tapi tidak adanya keinginan untuk berusha menaklukkan setiap tantangan yang menghadang. Kamu mampu, kamu bisa, hanya tinggal putuskan kamu mau berusaha lebih keras atau tidak. Kesuksesan milik semua orang, yang mau berusaha bukan mengeluh kalau dirinya tidak mampu.

3. "Sepertinya ini memang bukan jalanku."

5 Hal yang Pantang Kamu Pikirkan Saat Sedang Berjuang Meraih Cita-citaunsplash.com/Kate Williams

Seringkali adanya masalah dan halangan yang berulang kali mencobaimu, akan timbul keinginan untuk pasrah pada keadaan. Tak jarang orang akan menganggap bahwa jalan yang dilalui saat ini bukanlah jalan miliknya. Jalan menuju kesuksesan adalah jalan milik semua orang, yang membedakannya hanya cara meraihnya. Satu cara gagal tidak lantas membuatmu pasrah dan berpikir ini bukan jalanmu. Cari cara lain yang memang bisa kamu lakukan. Saat menemui kegagalan lagi, berpikirlah kembali untuk menemukan cara berikutnya.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Menggapai Cita-cita

4. "Aku tidak ditakdirkan untuk meraih semua itu."

5 Hal yang Pantang Kamu Pikirkan Saat Sedang Berjuang Meraih Cita-citaunsplash.com/Ethan Sykes

Takdir memang sesuatu yang sudah digariskan untuk kita. Namun saat menemui kegagalan, tidak lantas beranggapan bahwa kesuksesan itu bukan takdir kita. Tuhan memang menakdirkan sesuatu untuk kita, tapi setiap usaha dan kerja keras pun memiliki takdirnya sendiri. Jika satu pintu kesuksesan tertutup, bukan berarti kita ditakdirkan gagal. Kita hanya diberi kesempatan melewati jalan takdir yang lain untuk menuju kesuksesan yang lain pula.

5. "Aku lelah, lebih baik berhenti saja."

5 Hal yang Pantang Kamu Pikirkan Saat Sedang Berjuang Meraih Cita-citaunsplash.com/Jurica Koletić

Gagal tidak boleh menjadi alasan untuk kita berhenti dan menyerah begitu saja tanpa perlawanan. Gagal hanyalah sebuah jeda agar kita rehat sejenak untuk kemudian berpikir kembali cara lain meraih apa yang kita cita-citakan. Setiap perjuangan, apalagi yang berat, pasti membuat lelah. Maka saat merasa lelah istirahatlah sebentar. Pulihkan tenagamu lalu berjuanglah kembali lebih keras. Semua lelahmu akan dibayar dengan keberhasilan, itu pasti.

Setiap apa yang kita pikirkan memiliki andil yang besar dalam mempengaruhi sikap dan keputusan untuk terus berjuang atau malah menyerah. Begitu hebatnya kekuatan pikiran yang mampu menggerakkan hati maupun tubuh kita. Maka, jagalah pikiranmu agar tetap bersemangat saat berjuang meraih cita-cita. Mereka bisa, kita juga pasti bisa. Semangat!

Baca Juga: 7 Cara Supaya Kamu Yakin Bercita-cita Setinggi Langit

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya