Comscore Tracker

5 Kegiatan Unik Bulan Ramadan Ini Hanya Terjadi di Indonesia

#RamadanMasaKini Bikin Ramadan jadi berkesan

Meski sedang berpuasa Ramadan, seringkali aktivitas kita tidak banyak berkurang. Setiap hari tetap bekerja meski beberapa tempat kerja menerapkan pengurangan jam kerja. Bagi yang masih sekolah atau kuliah, tetap melakukan rutinitas belajarnya seperti biasa.

Namun, selama Ramadan ada beberapa kegiatan seru yang sering dilakukan. Dan uniknya, kegiatan-kegiatan ini hanya ada di Indonesia. Apa saja? Yuk, simak.

1. Membangunkan sahur warga

5 Kegiatan Unik Bulan Ramadan Ini Hanya Terjadi di Indonesiakaskus.co.id

Hampir semua daerah masih melakukan rutinitas menjelang sahur dengan membangunkan warga. Beberapa malah membangunkan dengan cara yang unik seperti berkeliling sambil membunyikan kentongan.

Bagi orang-orang di perkotaan mungkin cara ini terdengar berisik dan merepotkan. Namun, justru disinilah keseruan Ramadan mulai terasa. Kebersamaan saat membangunkan warga memberi kesenangan tersendiri, selain juga tentunya mendatangkan pahala.

2. Ngabuburit

5 Kegiatan Unik Bulan Ramadan Ini Hanya Terjadi di IndonesiaIDN Times/Toni Kamajaya

Istilah ngabuburit sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang artinya kegiatan menunggu sore menjelang berbuka puasa saat Ramadan.

Banyak cara yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Biasanya, kebanyakan orang mengisinya dengan cara berburu takjil atau sekedar nongkrong menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Meskipun begitu, acara ngabuburit dapat juga dilakukan dengan cara bertadarus di masjid dan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

Baca Juga: 5 Iklan Komersial Ramadan 2019 Ini Pesannya Bikin Tersentuh

3. Sahur on the road

5 Kegiatan Unik Bulan Ramadan Ini Hanya Terjadi di IndonesiaIDN Times/Toni Kamajaya

Merebaknya berbagai kegiatan seru di bulan Ramadan membuat orang semakin rajin untuk membuat kegiatan lainnya. Salah satu yang cukup hits adalah sahur on the road. Beberapa mengisi kegiatan ini dengan berburu makanan sahur di jalan.

Biasanya mereka mencari makanan yang unik dan belum pernah di coba. Namun seiring berjalannya waktu, kegiatan sahur on the road kini bukan hanya tentang berburu sahur tapi juga berisikan kegiatan sosial seperti berbagi makanan sahur.

4. Bukber alias buka bersama

5 Kegiatan Unik Bulan Ramadan Ini Hanya Terjadi di IndonesiaPixabay.com/Free-Photos

Satu lagi kegiatan unik dan hits yang tidak pernah ketinggalan di bulan Ramadan, bukber alias buka bersama. Biasanya di minggu kedua puasa, sudah mulai banyak undangan acara buka puasa bersama. Mulai dari teman kantor, teman sekolah, teman kuliah, sampai pada warga di lingkungan rumah pun seperti gak mau ketinggalan membuat acara bukber.

Meski pada akhirnya kita jadi sibuk dengan acara bukber dimana-mana, tapi semua tetap mengasyikkan untuk dijalani. Hanya saja, jangan sampai gak pernah buka di rumah bareng keluarga, ya.

5. Belanja baju lebaran

5 Kegiatan Unik Bulan Ramadan Ini Hanya Terjadi di IndonesiaUnsplash.com/ArtemBeliaikin

Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan yang satu ini cukup khas di Indonesia. Apalagi kalau bukan belanja baju lebaran yang sudah menjadi tradisi sejak kita kecil.

Menjelang lebaran biasanya pusat perbelanjaan semakin padat pembeli. Baik orang dewasa maupun anak-anak, pria maupun wanita, semua seolah memiliki keharusan untuk berbelanja baju lebaran. Bahkan meski masih berpuasa dan pusat perbelanjaan penuh sesak, mereka seolah tidak merasa lelah dan tetap asik memilih belanjaan.

Nah, itu tadi beberapa kegiatan unik bulan Ramadan yang hanya ada di Indonesia. Kalau kamu, biasanya melakukan yang mana nih guys?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You