Comscore Tracker

Bijak dan Dewasa, 5 Hal yang Pantang Diumbar di Media Sosial

Sudah kamu hindari?

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang mengenal bahkan aktif di media sosial. Setiap aktivitas mereka sering secara rutin dibagikan dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Tak jarang juga orang akan merasa ada hal yang kurang jika belum membuka sosial media dan membagikan sesuatu.

Namun, segala keterbukaan yang terlalu informatif ini terkadang juga tidak selalu baik. Justru seringkali malah akan memberi dampak negatif bagi diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Pada akhirnya semua jadi seperti mengumbar hal yang sebenarnya harus disimpan untuk diri sendiri. Berikut ini beberapa hal yang pantang untuk dibagikan ke media sosial.

1. Permasalahan pribadi

Bijak dan Dewasa, 5 Hal yang Pantang Diumbar di Media Sosialunsplash.com/Anthony Tran

Ketika permasalahan dikatakan sebagai masalah pribadi, sudah seharusnya hanya diri kita sendiri yang tahu. Namun terkadang kita lupa dan membagikannya ke media sosial, meski sekedar status atau story. Tanpa kita sadari, banyak orang yang akan membacanya dan mengetahui masalah yang sedang kita hadapi. Seolah rentetan cerita hidup kita jadi konsumsi publik, padahal belum tentu mereka paham duduk permasalahannya.

2. Aib atau kejelekan orang lain

Bijak dan Dewasa, 5 Hal yang Pantang Diumbar di Media Sosialunsplash.com/Priscilla Du Preez

Hampir sama dengan memberitakan permasalahan, terkadang kita pun turut andil menceritakan aib dan kejelekan orang lain. Mungkin semua berawal hanya dari memberi informasi, tapi jika pada akhirnya ditanggapi pihak lain, maka sama saja kita juga jadi penyebar aib. Entah semua itu benar atau tidak, ada baiknya untuk tidak ikut menyebarkan informasi tersebut. Jika salah, kita sudah merusak nama baik orang lain. Namun jika benar sekalipun, sebaiknya informasi tersebut berhenti pada kita saja.

3. Screenshoot chat pribadi

Bijak dan Dewasa, 5 Hal yang Pantang Diumbar di Media Sosialunsplash.com/Daniel Korpai

Ketika seseorang memilih untuk melanjutkan chat secara pribadi, berarti dia menginginkan privasi. Dengan membagikan screenshoot chat pribadi, sama dengan kita telah melanggar privasi orang lain. Sebab didalamnya bukan hanya ada pembicaraan satu orang. Baik tema pembicaraan maupun cara orang berbicara lewat pesan, semua akan terlihat jelas. Meski seringkali melihat orang melakukannya dengan menyembunyikan nama, bukan berati kita juga boleh bersikap seperti itu. Ada kesan kita kurang paham kesopanan karena sudah melanggar etika moral dan sosial.

Baca Juga: 7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media Sosial

4. Kata atau gambar yang tidak senonoh

Bijak dan Dewasa, 5 Hal yang Pantang Diumbar di Media Sosialunsplash.com/NeONBRAND

Saking bebasnya media sosial, kita merasa berhak membagikan apapun disana. Yang sering terjadi, beberapa orang terekam membagikan kalimat-kalimat ataupun gambar ke media sosial dalam berbagai situasi bahkan emosi. Jika kalimat atau gambar yang dibagikan memberi inspirasi positif tentu bukan masalah. Hanya saja, ada juga yang membagikan kalimat makian atau gambar tidak senonoh. Tentunya hal semacam ini tidak akan menjadi baik untuk diri kita dan orang lain. Bukan hanya menyebarkan kenegatifan, tapi juga merusak citra diri.

5. Informasi yang belum jelas kebenarannya

Bijak dan Dewasa, 5 Hal yang Pantang Diumbar di Media Sosialunsplash.com/ROBIN WORRALL

Kita pasti pernah membagikan berita atau informasi lewat media sosial. Sayangnya, sebagian orang tidak melakukan kroscek terlebih dahulu tentang validitas informasi tersebut. Beberapa bahkan langsung klik share, atau copy link dan membagikannya ke semua media sosial miliknya. Mungkin bagi beberapa orang hal ini terkesan sepele, tapi justru pemikiran semacam ini akan memberi dampak jangka panjang yang tidak baik. Entah itu pencemaran nama baik, atau turut serta penyebaran hoaks, bisa saja akan berdampak buruk pada kita.

Nah, itu tadi beberapa hal yang pantang kita umbar di media sosial. Mulailah untuk lebih bijak dan dewasa ketika bersinggungan dengan media sosial. Sebab apapun yang kita lakukan, akan mencerminkan seperti apa diri kita.

Baca Juga: 5 Alasan Media Sosial Kurang Baik Dijadikan Acuan Hidupmu

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya