Comscore Tracker

5 Cara Atasi Cabin Fever, Emosi Negatif Akibat Terlalu Lama Terisolasi

Bisa menyerang siapa saja saat pandemi seperti sekarang ini

Cabin fever merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan emosi atau perasaan negatif akibat terlalu lama berada di rumah dan terisolasi. Kondisi semacam ini akan semakin rentan terjadi saat berada dalam masa pandemi seperti sekarang ini yang serba dibatasi.

Gejala cabin fever bisa beragam dan berlangsung cukup lama. Beberapa yang khas terlihat adalah perasaan sedih, gelisah, putus asa, mudah tersinggung, bahkan sampai kesulitan berkonsentrasi hingga gangguan tidur dan perubahan berat badan.
Meskipun begitu, kondisi semacam ini bukannya tidak bisa diatasi.

Berikut ini langkah-langkah ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi cabin fever di tengah pandemi.

1. Hirup udara segar dari teras rumah

5 Cara Atasi Cabin Fever, Emosi Negatif Akibat Terlalu Lama Terisolasiunsplash.com/JOHN TOWNER

Rasa jenuh yang muncul akibat terlalu lama berdiam di rumah menjadi poin utama yang harus segera diatasi. Jangan hanya diam di dalam rumah, sesekali keluar juga gak masalah kok. Kita bisa sekadar duduk di teras rumah sambil menikmati suasana dan ditemani teh atau kopi serta camilan. Saat pagi, kita juga bisa berjemur di halaman rumah dan melakukan aktivitas kecil tapi santai.

Boleh saja berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah. Namun, perlu diingat juga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesampainya di rumah, ya. Jika perlu, segera mandi dan berganti baju setelahnya.

2. Buatlah rutinitas harian

5 Cara Atasi Cabin Fever, Emosi Negatif Akibat Terlalu Lama Terisolasiunsplash.com/Bench Accounting

Adanya anjuran stay at home, termasuk untuk aktivitas sekolah dan bekerja, gak jarang akan membuat kita kehilangan semangat. Meski tetap menjalani rutinitas via online, tapi semua tetap saja terasa berbeda dan gak jarang malah jadi membosankan karena lebih banyak waktu bersantai.

Agar tidak cepat bosan, perlu ada rutinitas harian yang dibuat secara terorganisir. Buatlah aktivitasmu serupa dengan kegiatan normal, seperti tetap mandi di pagi hari, sarapan, lalu belajar atau bekerja. Buat juga jadwal rutin untuk lakukan aktivitas favoritmu, entah itu membaca, menonton film, memasak, atau berkebun.

Baca Juga: Biar Gak Bosan, Ini 20 Ide Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Kos

3. Tetap jaga komunikasi dengan orang lain

5 Cara Atasi Cabin Fever, Emosi Negatif Akibat Terlalu Lama Terisolasiunsplash.com/Dylan Ferreira

Pembatasan aktivitas yang terjadi berimbas juga pada waktu pertemuan yang jadi berkurang drastis. Solusinya adalah dengan tetap rutin menjalin komunikasi, seperti mengobrol lewat telepon atau video call bersama rekan dan sahabat, termasuk keluarga jika tinggal terpisah.

Berbagilah cerita mengenai apa pun yang dialami dan dirasakan dengan orang lain. Hal ini akan membantu membuat kita terhindar dari cabin fever sekaligus merasa tidak sendirian dan kesepian di tengah pandemi. Selain itu, saat mengalami masalah, kita juga bisa mendapat solusi.

4. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi

5 Cara Atasi Cabin Fever, Emosi Negatif Akibat Terlalu Lama Terisolasiunsplash.com/Pablo Merchán Montes

Salah satu gejala cabin fever memang berkaitan dengan gangguan makan yang membuat kita jadi terlalu ingin makan sesuatu hingga berdampak pada berat badan yang melonjak drastis. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi demi mencegah dan mengatasi cabin fever.


Menerapkan pola makan yang sehat bisa menjadi solusi terbaik. Selain tubuh bisa tetap mendapat suplai nutrisi, kesehatan tubuh kita pun akan tetap terjaga hingga sistem imun akan meningkat. Alhasil, tubuh akan terhindar dari serangan penyakit, termasuk virus corona.

5. Rutin berolahraga juga gak kalah penting untuk dilakukan

5 Cara Atasi Cabin Fever, Emosi Negatif Akibat Terlalu Lama Terisolasiunsplash.com/Scott Broome

Olahraga selama di rumah juga bisa menjadi rutinitas penting untuk masuk dalam daftar to do list harianmu. Selain bisa menjaga tubuh agar tetap bugar, rutin berolahraga juga akan menjaga pikiran kita tetap sehat.

Gak perlu olahraga berat, kita bisa lakukan yang ringan seperti yoga, latihan kekuatan otot, dan jogging di sekitar lingkungan rumah. Lakukan aktivitas ini secara teratur setidaknya 30 menit sehari. Dijamin deh, tubuh jadi makin sehat dan kita gak lagi mudah merasa bosan atau jenuh akibat kehilangan produktivitas.

Kamu harus pandai-pandai menjaga kewarasan saat gak bisa pergi ke mana-mana. Menjaga kesehatan, kewarasan, dan kesehatan di saat seperti ini sangat penting. Namun, jika kondisi berlanjut serius, jangan ragu untuk meminta bantuan dari ahlinya, ya. 

Baca Juga: Bosan di Rumah Aja? Cobain Streaming Netflix Jarak Jauh Bareng Teman

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya