Comscore Tracker

Gak Perlu Muluk, Ini 5 Cara Ciptakan Hubungan Baik dengan Diri Sendiri

Wajib jadi pendukung utama buat diri sendiri! 

Membangun hubungan yang baik dengan semua orang tentu akan sangat positif dampaknya dalam kehidupan sosial. Misalnya, dengan menjaga toleransi, sikap saling membantu, atau sekadar menebar senyum sebagai bentuk ramah tamah pada sesama. Namun, ternyata gak cuma sama orang lain, kita juga wajib menciptakan hubungan yang baik dengan diri sendiri, lho.

Bukan tanpa alasan, pasalnya hubungan baik dengan diri sendiri akan berpengaruh pada peningkatan kualitas diri dan hidup kita. Gak perlu muluk, kamu bisa menciptakan hubungan baik dengan diri sendiri lewat lima cara ini.

1. Buat janji kecil setiap hari untuk dilakukan lebih efektif dibanding resolusi besar

Gak Perlu Muluk, Ini 5 Cara Ciptakan Hubungan Baik dengan Diri Sendiriilustrasi membaca buku (Unsplash.com/Anthony Tran)

Banyak orang kerap membuat daftar resolusi sebagai target pencapaian dalam hidup. Namun, terkadang resolusi yang dibuat terkesan terlampau besar hingga di kemudian hari muncul ketakutan jika tidak mampu menaklukkannya.

Hal ini dikarenakan tujuan yang ingin dicapai tampak sangat jauh dan seolah jadi ancaman bagi rasa percaya dirimu. Akan jauh lebih baik kalau kamu mencoba membuat janji kecil setiap hari yang tampak mudah untuk segera dipenuhi.

Misalnya, saat kamu ingin menyelesaikan satu bacaan, maka mulailah dengan dua atau tiga halaman per hari agar terlihat lebih mudah. Tentu kondisi ini tampak lebih realistis dibanding langsung membuat target satu buku per bulan. 

2. Mulai memilah dengan siapa kamu menghabiskan waktu

Gak Perlu Muluk, Ini 5 Cara Ciptakan Hubungan Baik dengan Diri Sendiriilustrasi persahabatan (unsplash.com/Omar Lopez)

Dikelilingi banyak orang tentu menjadi kebanggaan dan kenyamanan tersendiri dalam hidup. Mulai dari teman, keluarga, hingga pasangan, mereka seolah makin melengkapi hidupmu dan membuat hidup jadi makin berwarna.

Namun, kamu juga perlu memilah orang-orang yang kamu inginkan untuk diajak menghabiskan waktu bersama. Sebab, gak semua orang mendekatimu tanpa tujuan pribadi. Dengan berinteraksi, kamu akan paham siapa saja yang bikin hati nyaman dan pastinya satu frekuensi.

Gak masalah kalau pada akhirnya hanya sedikit orang yang masih bertahan. Sedikit tapi tulus jauh lebih baik dibanding banyak tapi toksik atau punya maksud terselubung demi mencari keuntungan pribadi.

Baca Juga: 5 Angka yang Gak Akan Menunjukkan Self-Worth, Bukan Tolak Ukur Hidupmu

3. Lakukan refleksi diri

Gak Perlu Muluk, Ini 5 Cara Ciptakan Hubungan Baik dengan Diri Sendiriilustrasi tertawa bahagia (Unsplash.com/Caroline Veronez)

Refleksi diri berarti kamu sudah sampai pada level ingin mendalami diri sendiri. Melihat apa saja yang ingin kamu lakukan, mengenal jenis emosi yang dirasakan dalam berbagai situasi, bagaimana kamu merespons masalah, dan mencari tahu rencana masa depan seperti apa yang kamu targetkan.

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan semakin membantumu mengenal diri dengan lebih baik. Saat sudah mampu melakukannya, kamu gak akan lagi merasa kehilangan arah serta tujuan hidup dan mampu melangkah dengan penuh percaya diri.

4. Belajar jadi supporter utama untuk diri sendiri 

Gak Perlu Muluk, Ini 5 Cara Ciptakan Hubungan Baik dengan Diri Sendiriilustrasi percaya diri (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Punya circle yang mampu jadi pendukung terbesar dalam hidupmu adalah sebuah keberuntungan yang patut disyukuri. Pasalnya, saat semangat mulai terasa menurun, mereka gak akan ragu untuk membangkitkan semangatmu tanpa ragu meski gak diminta.

Namun, jangan sampai hanya mengandalkan mereka, ya. Justru supporter utama dan pertama haruslah datang dari dirimu sendiri. Yakinkan diri bahwa kamu itu berharga, cukup layak untuk mendapat yang terbaik, dan mampu melakukan semua hal selama gak kenal kata menyerah.

5. Buat dan tetapkan batasan pribadi

Gak Perlu Muluk, Ini 5 Cara Ciptakan Hubungan Baik dengan Diri Sendiriilustrasi perempuan muda (Unsplash.com/Candice Picard)

Menetapkan batasan pribadi sangat penting demi mencegah diri terjebak dalam kendali orang lain dan segala bentuk manipulasi. Belajarlah menolak sesuatu ketika kamu memang gak suka atau merasa gak nyaman saat ada yang meminta melakukan hal tersebut.

Mungkin orang akan merasa kecewa dengan penolakanmu atau malah menjauh, tapi yakinlah bahwa menolak juga hakmu. Biasakan pula dirimu untuk menerima rasa tidak nyaman yang muncul akibat sudah membuat batasan pribadi tadi. It's okay, semua akan tetap baik-baik saja, kok.

Kelima hal tadi akan membantumu berdamai dengan kondisi yang kamu hadapi hingga makin tercipta hubungan yang baik dengan diri sendiri. Kalau hubungan baik dengan orang lain saja diupayakan, maka kamu juga gak boleh ragu untuk membangun hubungan baik dengan diri sendiri, ya.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Punya Self Esteem yang Rendah, Sering Insecure!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya