Comscore Tracker

5 Cara Mudah Keluar dari Zona Nyaman, Gak Susah asal Ada Kemauan

Pertanyaannya sekarang, apakah kemauan itu ada di dalam diri kamu?

Zona nyaman setiap orang pasti akan berbeda satu sama lain tapi sama-sama bikin susah move on. Pasalnya, zona nyaman memang menciptakan ruang dengan kondisi yang enak untuk ditinggali tanpa harus merasa terancam oleh kesulitan hidup di luar sana.

Sayangnya, di balik kenikmatan ini, zona nyaman justru mampu "membunuh" mental secara perlahan karena gak terbiasa dengan tempaan hidup. Gak heran kalau banyak orang yang mulai paham dan mencari cara untuk keluar dari zona nyaman secepat mungkin.

Biar hidup ada tantangannya dan makin penuh warna, ayo segera keluar dari zona nyamanmu dengan lima cara mudah berikut ini! Semua pasti bisa asal punya kemauan!

1. Upgrade diri dengan mempelajari skill baru

5 Cara Mudah Keluar dari Zona Nyaman, Gak Susah asal Ada Kemauanilustrasi membandingkan (Pexels.com/George Milton)

Menambah kemampuan akan menjadi langkah penting dalam meningkatkan kualitas diri. Terlebih jika awalnya sesuatu yang ingin dipelajari itu kamu anggap sulit, menantang diri untuk melakukannya bisa jadi langkah pertama yang tepat untuk menjalani proses agar bisa keluar dari zona nyaman.

Gak perlu sesuatu yang besar. Belajar kemampuan baru bisa diawali dari hal mudah, kok! Misalnya, jika kamu tertarik dengan kemampuan berbahasa, bisa dengan mencoba mempelajari bahasa asing tertentu yang diminati. Atau, buat yang hobi memasak, tambah kemampuan memasakmu dengan "jalur" baru, misalnya seperti baking.

2. Ubah rutinitas harian

5 Cara Mudah Keluar dari Zona Nyaman, Gak Susah asal Ada Kemauanilustrasi perempuan muda (Pexels.com/Chandri Anggara)

Rutinitas harian menjadi salah satu ciri khas dari "peradaban" zona nyaman yang sangat bikin nyaman. Kamu terbiasa melakukan segala sesuatu sesuai urutan hingga terasa mudah dikerjakan dan dianggap gak merepotkan. Namun, rutinitas juga mampu memicu kebosanan sekaligus rasa malas untuk melakukan hal lain.

Tentu saja mindset seperti ini cukup berbahaya karena kamu jadi enggan bergerak di luar kebiasaan. Jadi, sebelum mental dikuasai rasa malas, gak ada salahnya untuk mencoba mengubah rutinitas harianmu tapi tetap dalam zona positif.

Mulailah dengan hal sederhana, seperti kebiasaan bangun tidur langsung mandi diubah menjadi merapikan kasur lebih dulu. Atau, jika terbiasa meninggalkan sarapan, cobalah berkomitmen makan di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga: 5 Pengalaman Seru saat Kamu Berani Keluar dari Zona Nyaman  

3. Lakukan satu kebaikan kecil setiap hari

5 Cara Mudah Keluar dari Zona Nyaman, Gak Susah asal Ada Kemauanilustrasi pertemanan (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melakukan kebaikan pada sesama bukanlah sesuatu yang tiba-tiba terbangun. Terkadang, orang justru merasa lebih nyaman dengan hidupnya sendiri hingga jadi terlalu individualis dan lupa berbagi kebaikan. Sayangnya, kondisi ini kerap jadi zona nyaman yang banyak dipertahankan.

Namun, konsep zona nyaman yang semacam ini sebenarnya jangan sampai dianggap lazim. Justru kebiasaan ini harus segera diubah. Salah satu caranya dengan mulai berkomitmen untuk melakukan satu kebaikan kecil setiap hari.

Mulailah dari hal sederhana yang ditujukan pada lingkungan terdekat, seperti mentraktir teman, memberi makanan pada orang yang kekurangan, atau sekadar menyapa dengan ramah pada orang-orang yang kamu kenal dan temui setiap hari. Sederhana dan konsisten adalah kunci konsep hidup yang lebih baik.

4. Adopsi gaya hidup sehat dari atlet

5 Cara Mudah Keluar dari Zona Nyaman, Gak Susah asal Ada Kemauanilustrasi berolahraga (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Namanya juga mengadopsi, bukan berarti kamu harus hidup layaknya seorang atlet. Terapkan saja konsep hidup sehat yang mereka lakoni, lalu sesuaikan dengan kemampuanmu sendiri. Hal ini akan menjadi langkah baik untuk keluar dari zona nyaman dimana banyak orang mulai abai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kamu bisa mulai dengan "memaksa" tubuh berolahraga secara rutin setidaknya 20 menit setiap hari. Gak hanya latihan fisik, biasakan juga untuk menjaga asupan makanan dengan tidak mengkonsumsi junk food atau bisa juga dengan mencoba konsep diet sehat yang baru.

5. Lawan satu ketakutanmu setiap hari

5 Cara Mudah Keluar dari Zona Nyaman, Gak Susah asal Ada Kemauanilustrasi merasa takut (Pexels.com/Alycia Fung)

Zona nyaman biasanya juga kerap dijadikan ruang untuk bersembunyi dan berlindung dari rasa takut. Alhasil, jika ingin segera keluar dari zona nyaman, mulailah untuk mengatasi ketakutan yang selama ini kamu rasakan. Jika terlalu banyak, cobalah lawan satu per satu saja ketakutanmu setiap hari.

Gak perlu harus langsung jadi pemberani, memulai dari hal kecil pun sudah jadi langkah positif. Misalnya, jika kamu takut berbicara di depan banyak orang, maka bicaralah dalam kelompok kecil lebih dulu. Atau, buat kamu yang takut berbisnis, tantang diri masuk ke komunitas bisnis sebagai pembelajaran sekaligus memupuk rasa percaya diri.

Keluar dari zona nyaman bukanlah hal yang sulit dilakukan asal ada kemauan kuat dari dalam diri sendiri untuk mencari caranya. Lewat kelima inspirasi tersebut, setidaknya kamu sudah menemukan berbagai jalan pintas yang bisa kamu tempuh untuk keluar dari zona nyaman secepatnya. Pertanyaannya sekarang, apakah kemauan itu ada di dalam diri kamu?

Baca Juga: 5 Situasi yang Tunjukkan Kamu Hanya Ada di Zona Nyaman, Benar Begitu?

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya