Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri, Gak Ribet tapi Tetap Bikin Happy

Sudah mulai dilakukan belum, nih?

Mengapresiasi diri memang sudah bukan hal yang tabu lagi untuk dilakukan sebagai wujud dari self-love. Pasalnya, apresiasi dianggap mampu menambah semangat dan makin memotivasi diri untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sayangnya, terkadang orang kerap mengartikan bentuk apresiasi diri dengan hal-hal yang serba wah.

Padahal, mengapresiasi diri juga bisa dengan cara mudah dan antiribet, lho. Kamu bisa melakukan lima cara sederhana berikut ini untuk mengapreisiasi diri. Dijamin tetap happy, Bestie!

1. Positive self-talk setiap pagi

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri, Gak Ribet tapi Tetap Bikin Happyilustrasi perempuan muda (Pexels.com/Sam Lion)

Self-talk merupakan dialog internal yang dapat memberi pengaruh cukup besar pada pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Selain mampu meningkatkan performa dalam aktivitas sehari-hari, membiasakan diri melakukan positive self-talk dapat menjadi cara ampuh untuk mengapresiasi diri.

Gak perlu dengan kalimat yang terkesan muluk, sekadar "aku hebat", "aku pasti bisa melakukan yang terbaik", atau "terima kasih hari ini sudah berusaha sangat keras", sudah mampu menguatkan mental, kok. Kamu akan merasa berharga setiap hari dan layak mendapat apa pun yang terbaik.

2. Manjakan diri dengan hadiah di momen spesial

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri, Gak Ribet tapi Tetap Bikin Happyilustrasi memanjakan diri (Pexels.com/mentatdgt)

Memanjakan diri juga bisa menjadi cara terbaik untuk mengapresiasi dirimu. Bukan boros, terkadang usaha dan kerja kerasmu layak diganjar hadiah yang membuat hati bahagia. Misalnya, mentraktir diri sendiri dengan makanan dan pakaian mahal setelah dapat bonus, merawat diri ke spa, atau membeli barang impian.

Gak masalah, kok sesekali melakukannya, terlebih di momen spesial sebagai bentuk penghargaan diri atas usaha dan kerja kerasmu selama ini. Gak cuma happy usai memanjakan diri, kamu jadi makin termotivasi dan bersemangat untuk meraih pencapaian lain di masa depan.

Baca Juga: 5 Manfaat jika Rutin Memberi Apresiasi di Lingkungan Kerja

3. Rencanakan liburan jarak dekat

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri, Gak Ribet tapi Tetap Bikin Happyilustrasi merasa bahagia (Pexels.com/Brett Sayles)

Gak cuma membeli sesuatu sebagai hadiah penghargaan diri, merencanakan liburan juga bisa jadi cara ampuh untuk mengapresiasi diri. Liburan ke tempat impian layak masuk pertimbangan untuk segera direalisasikan. Namun, kalau gak sempat, rasanya liburan jarak dekat juga tetap bisa membahagiakan.

Pergi ke lokasi wisata baru yang sedang hits, wisata kuliner berlabel "hidden gems", atau sekadar memanjakan mata dengan pemandangan indah akan terdengar menjanjikan untuk membangun suasana rileks yang positif. Acara liburanmu pun akan makin terasa berkesan karena terwujud sebagai bentuk dari apresiasi diri.

4. Paling gak ribet, luangkan waktu untuk me time

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri, Gak Ribet tapi Tetap Bikin Happyilustrasi membaca buku (Unsplash.com/Anthony Tran)

Buat kamu yang hobi mager tapi tetap ingin mengapresiasi diri, rasanya meluangkan waktu untuk me time bisa jadi solusi terbaik. Terkadang kita memang jadi terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai gak bisa menikmati hari karena terjebak dalam rutinitas yang kerap bikin jenuh.

Saat momennya pas, me time bakal jadi waktu terbaik untuk menikmati kebebasan melakukan sesuatu seorang diri tanpa gangguan dari luar. Mulai dari melakukan hobi yang tertunda, mengatur ulang kamar tidur, atau sekadar rebahan dan menikmati ketenangan hari sudah bisa jadi hadiah terbaik untuk diri sendiri.

5. Berinvestasi demi masa depan

5 Cara Sederhana Mengapresiasi Diri, Gak Ribet tapi Tetap Bikin Happyilustrasi menabung (Pexels.com/Kristina Paukshtite)

Meski cukup jarang dilakukan sebagai cara untuk menghargai diri sendiri, tapi berinvestasi demi masa depan juga bisa jadi pilihan terbaik sekaligus menjanjikan. Gak harus lewat investasi besar yang mahal, kamu bisa mulai dengan rutin menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan yang diperoleh.

Cara apresiasi diri yang satu ini tanpa sadar dapat memberi manfaat ganda, lho. Selain jadi punya "uang dingin", kamu juga akan memiliki persiapan untuk menghadapi masa depan. Simpananmu bisa digunakan untuk membeli aset berharga yang pastinya bakal jadi kebangaan atas hasil kerja keras selama ini.

Apresiasi bisa dianggap sebagai langkah membahagiakan diri lewat penghargaan atas kerja keras yang sudah diupayakan tanpa kenal lelah. Meski kelima cara tadi terbilang sederhana, tapi jika mampu memberi sensasi bahagia maka "misi" apresiasi diri sudah terpenuhi.

Baca Juga: 5 Bentuk Apresiasi Diri yang Salah Dilakukan, Termasuk Sombong!  

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya