Comscore Tracker

6 Cara Simple Menerapkan Self-kindness, Berbuat Baik pada Diri Sendiri

Berguna banget saat kamu sedang down

Self-kindness merupakan sikap memberikan kebaikan pada diri sendiri lewat pemahaman diri yang tanpa penghakiman saat merasa gagal atau gak mampu melakukan sesuatu. Sikap hangat yang ditunjukkan pada diri sendiri inilah yang nantinya jadi kunci penting untuk bangkit dari keterpurukan.

Berikut beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa dilakukan untuk menerapkan self-kindness. Bakal berguna banget saat kamu sedang down, lho!

1. Bicara hal-hal baik pada diri sendiri

6 Cara Simple Menerapkan Self-kindness, Berbuat Baik pada Diri Sendiriilustrasi menenangkan pikiran (Pexels.com/Natalie)

Saat kamu menghibur orang lain yang sedang terpuruk, biasanya akan ada hal-hal baik yang coba diutarakan untuk membangun suasana hatinya. Sikap semacam inilah yang juga harus diterapkan pada diri sendiri sebagai wujud self-kindness, terutama saat kamu sedang down.

Alih-alih menyalahkan, akan jauh lebih bermanfaat untuk mencoba menenangkan dirimu sendiri dengan ucapan-ucapan positif. Hal baik yang diucapkan pada diri sendiri tadi perlahan akan mengikis perasaan negatif yang sempat muncul hingga semangat dan suaaana hati bisa kembali bangkit.

2. Tanamkan mindset bahwa hidup tidak sempurna

6 Cara Simple Menerapkan Self-kindness, Berbuat Baik pada Diri Sendiriilustrasi melihat ke belakang (Pexels.com/Helena Lopes)

Mindset untuk menerima ketidaksempurnaan hidup bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dipahami. Kita gak bisa selalu memaksakan diri untuk jadi yang terbaik demi memenuhi standar yang dianggap sempurna. Bukan hanya harapan bakal kandas, mental pun akan tertekan jika menuntut diri tampil sempurna setiap waktu.

Jadi, gak ada salahnya untuk mulai membangun kesadaran diri bahwa hidup itu gak sempurna. Kamu boleh kalah, gagal, atau salah. Saat semua yang terjadi berbeda dari rencana dan harapan, cukup maafkan dirimu dan tumbuhkan rasa kasih untuk hatimu yang sedang kecewa.

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Talk Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

3. Fokus pada hal positif yang dimiliki

6 Cara Simple Menerapkan Self-kindness, Berbuat Baik pada Diri Sendiriilustrasi perempuan muda (Unsplash.com/sean Kong)

Ketika dihadapkan pada fakta kegagalan, pertahankan sikap dan pola pikir positif dalam dirimu dengan memelihara rasa syukur. Alih-alih meratapi kekurangan diri, akan jauh lebih baik jika fokusmu diarahkan pada aktivitas menggali kelebihan yang dimiliki.

Cobalah ubah sudut pandangmu agar mampu melihat secara lebih luas. Saat kamu gagal karena satu kekurangan, pasti masih ada potensi hebat lain yang bisa dicari dari dalam dirimu. Sebab, orang tidak akan diberi kekurangan tanpa kelebihan tertentu.

Semua tergantung ada usahamu untuk berbaik hati mencari hal-hal positif dalam diri. Ketika mindset ini mau diupayakan, proses penguatan mental akan semakin mudah dan kamu pun gak akan gampang terjatuh saat dihadapkan pada kegagalan.

4. Lakukan aktivitas yang selaras dengan minat

6 Cara Simple Menerapkan Self-kindness, Berbuat Baik pada Diri Sendiriilustrasi liburan (Unsplash.com/nine koepfer)

Cara memberi kebaikan pada diri sendiri gak melulu lewat sikap-sikap besar yang butuh banyak effort. Terkadang dengan membangun perasaan tetap positif pun sudah cukup ampuh, kok. Salah satu upaya positifnya adalah dengan melakukan aktivitas yang selaras dengan minat.

Kamu bisa mulai dengan membangun kreativitas lewat kesenian, olahraga outdoor, travelling, atau sekadar menonton acara yang mampu membangkitkan semangat dan suasana hati tetap positif. Aktivitas semacam ini pada akhirnya bisa jadi bentuk kebaikan pada diri sendiri sekaligus senjata ampuh melawan "serangan" yang berpotensi menjatuhkan mental.

5. Buat catatan validasi diri tentang pencapaian yang diraih

6 Cara Simple Menerapkan Self-kindness, Berbuat Baik pada Diri Sendiriilustrasi mencatat (Pexels.com/Pixabay)

Diakui atau tidak, bentuk kejahatan pada diri sendiri sering muncul akibat keinginan untuk mendapat validasi dari orang lain. Padahal, pengakuan terbaik sebenarnya malah datang dari diri sendiri, lho. Berbaik hatilah pada dirimu sendiri untuk tidak lagi mengejar validasi orang lain yang belum tentu sesuai harapan.

Validasi dari diri sendiri bisa dilakukan dengan cara mencatat setiap pencapaian yang berhasil kamu raih. Catatan ini akan menjadi pengingat bahwa kamu mampu meraih keberhasilan yang nantinya akan menumbuhkan pengakuan itu sendiri. Terlebih saat orang mulai merendahkanmu, catatan tadi bisa jadi penyemangat dan penyelamat kejatuhan mental.

6. Belajar menenangkan pikiran

6 Cara Simple Menerapkan Self-kindness, Berbuat Baik pada Diri Sendiriilustrasi bermeditasi (Pexels.com/Cliff Booth)

Menjaga agar pikiranmu tetap tenang juga jadi bentuk kebaikan pada diri sendiri. Pasalnya, pikiran yang tenang mampu jadi benteng tangguh untuk melawan setiap tantangan yang datang. Dengan menjaga ketenangan pikiran, kamu pun sekaligus menjaga mental agar tidak mudah terguncang.

Gak sesulit yang dibayangkan, ketenangan pikiran bisa diwujudkan dengan teknik relaksasi seperti melakukan meditasi atau latihan pernapasan. Rutinitas semacam ini akan membantu membangun kebiasaan baik agar bisa tetap tenang dalam kondisi apa pun.

Berbaik hati ternyata gak cuma dibutuhkan oleh orang lain tapi juga diri sendiri. Dengan menerapkan self-kindness lewat keenam cara tadi, kita pun akan semakin mampu menguatkan mental saat menghadapi semua masalah dan tantangan dalam hidup. Sudah siap menerapkan self-kindness? Yuk, mulai sekarang juga.

Baca Juga: 5 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis, Bisa Lebih Hemat!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya