Comscore Tracker

Jangan Iri dengan Nominal Gaji yang Didapat Orang, Ini 5 Alasannya

Setiap orang punya rezekinya masing-masing

Tujuan bekerja biasanya gak jauh dari harapan untuk memiliki penghasilan tetap yang bisa diandalkan bagi kehidupan. Jadi, gak heran kalau orang kerap termotivasi terus meng-upgrade jumlah pendapatannya demi memperoleh kenyamanan hidup.

Namun, dalam dunia kerja, antara satu dengan yang lain memiliki jumlah pendapatan yang berbeda-beda. Sayangnya, kondisi ini gak jarang menimbulkan rasa iri dalam hati.

Sebelum berkembang jadi penyakit hati, yuk, renungkan dulu beberapa alasan berikut ini kenapa kita gak boleh merasa iri dengan nominal gaji orang lain.

1. Perbedaan beban kerja masing-masing orang

Jangan Iri dengan Nominal Gaji yang Didapat Orang, Ini 5 Alasannyailustrasi bekerja (Unsplash.com/Mimi Thian)

Namanya bekerja, pasti punya tanggung jawab tugas dan beban kerja yang berbeda-beda sesuai dengan jabatannya. Hal ini pun kemudian berdampak langsung pada penawaran gaji yang akan didapat sebagai bentuk hak sekaligus kompensasi beban kerja.

Semakin banyak gaji seseorang, biasanya akan semakin berat pula beban kerja dan tanggung jawabnya. Kalau kamu merasa iri dengan gaji yang mereka dapat, coba tanyakan kesiapan mentalmu dulu apakah sanggup menerima beban kerja yang sebanding dengan nominal gaji tersebut.

2. Punya kebutuhan yang berbeda-beda

Jangan Iri dengan Nominal Gaji yang Didapat Orang, Ini 5 Alasannyailustrasi bekerja (Unsplash.com/Emma Dau)

Percaya, gak, kalau dibalik nominal gaji yang tinggi, ada kebutuhan hidup yang besar pula? Meski jarang terungkap secara gamblang, tapi biasanya orang dengan penghasilan tinggi punya kewajiban memenuhi kebutuhan hidup yang semakin bervariasi.

Gak melulu karena gaya hidup yang hedon, terkadang gaji yang besar dipakai untuk menghidupi keluarga yang bisa dbilang cukup banyak atau malah punya banyak cicilan. Pasti kebayang, dong, seberapa besar pengeluaran sehari-hari kalau tanggungan hidup juga banyak?

Baca Juga: 5 Cara Hidup Lebih Simpel dengan Gaji Pas-pasan, Harus Berhemat!

3. Bisa jadi dia adalah tulang punggung keluarga

Jangan Iri dengan Nominal Gaji yang Didapat Orang, Ini 5 Alasannyailustrasi bekerja (Unsplash.com/Christina)

Alasan kuat selanjutnya untuk gak merasa iri dengan gaji orang lain adalah fakta tentang status dalam keluarga. Kalau kamu hanya menghidupi diri sendiri, jangan bandingkan dengan mereka yang bekerja karena menjadi tulang punggung keluarga.

Sudah dihadapkan dengan beban kerja berat, masih ada beban hidup yang gak kalah berat. Kalau gaji mereka membuatmu iri, cobalah sedikit saja berpikir tentang posisi mereka sebagai sosok yang diandalkan untuk menghidupi keluarga.

4. Setiap orang punya rezekinya sendiri

Jangan Iri dengan Nominal Gaji yang Didapat Orang, Ini 5 Alasannyailustrasi uang (Unsplash.com/Allef Vinicius)

Meski terdengar klise, tapi pepatah yang menyebutkan bahwa setiap orang memiliki rezeki masing-masing masih sangat relate dengan kehidupan saat ini. Setiap orang membawa rezekinya sendiri, yang membedakan hanya usahanya untuk membuka rezeki tersebut.

Kalau gak ada usaha untuk meraih karier tinggi dengan gaji yang besar, jangan harap rezeki semacam itu akan turun dari langit begitu saja. Rezeki sudah ditentukan, tapi jalannya tetap kita sendiri yang memilih untuk melangkah dengan tempo cepat atau lambat.

5. Bisa jadi ada hak orang lain yang dititipkan padanya

Jangan Iri dengan Nominal Gaji yang Didapat Orang, Ini 5 Alasannyailustrasi rezeki (Unsplash.com/Katt Yukawa)

Gak menutup kemungkinan kalau orang dengan penghasilan besar memiliki rezeki 'titipan' yang harus diteruskan pada yang berhak. Misalnya, dia menanggung hidup anak yang kurang mampu, boleh jadi gajinya yang besar tadi adalah bentuk dari dimampukannya demi orang lain.

Saat kita memikirkan kelayakan hidup orang lain, maka akan ada tangan lain yang membantu untuk mencukupi. Jadi, gak perlu iri dengan gaji orang lagi, karena bisa jadi gajinya bukan hanya untuk dirinya sendiri dan keluarga, tapi juga orang lain.

Kita gak pernah tahu dengan pasti untuk apa saja penghasilan orang akan digunakan. Alih-aluh iri dan terus membandingkan diri, akan jauh lebih bijak kalau kita mulai bersyukur dengan apa yang diperoleh hari ini sembari terus berusaha meningkatkan karier.

Baca Juga: 5 Motivasi Ini Membuatmu Bersyukur meski Gaji Masih Pas-pasan

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya