Comscore Tracker

Sukses Bukan Cuma Uang, Ini 5 Jenis Tujuan Hidup yang Harus Dimiliki

Mulai dari pendidikan, karier, sampai spiritual

Setiap orang pasti punya tujuan hidupnya masing-masing yang secara spesifik punya perbedaan tingkat pencapaian. Namun, hampir sebagian besar orang justru kerap menargetkan sukses yang dinilai dari kepemilikan harta benda. Padahal, sukses dalam hidup gak melulu tentang uang atau aset serba wah yang dimiliki.

Seringkali justru sukses itu dinilai dari seberapa diri kita bisa bermanfaat bagi orang lain dan mampu memaknai hidup secara menyeluruh. Jadi, gak heran kalau ada tujuan-tujuan dalam hidup yang harus dimiliki demi menggenggam arti sukses yang sesungguhnya.

Bukan cuma uang, berikut lima tujuan hidup yang harus kamu miliki demi meraih sukses. Dijamin bakal bahagia dan paham makna hidup yang bermanfaat.

1. Tingkat pendidikan yang ingin dicapai

Sukses Bukan Cuma Uang, Ini 5 Jenis Tujuan Hidup yang Harus Dimilikiilustrasi belajar (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bicara tingkat pendidikan, rasanya sudah bukan hal yang tabu lagi untuk memiliki kemauan meningkatkan kualitas diri. Di era kesetaraan gender, mulai ada "persaingan" positif dalam mengejar tingkat pendidikan tertinggi tanpa batas.

Gak heran kalau kini memilih level pendidikan yang ingin diraih pun sudah semakin mudah. Kemudahan ini wajib dimanfaatkan untuk mengenyam pendidikan hingga ke bangku kuliah di belahan dunia mana pun.

Bahkan sukses pun berawal dari penggalian potensi yang dimiliki sejak proses belajar, lho. Jadi, rasanya wajar jika kita mulai memantapkan diri memilih tujuan pendidikan terbaik, bahkan sampai pada pelatihan dan sertifikasi ilmu terapan demi menambah wawasan.

2. Karier dan finansial yang ditergetkan

Sukses Bukan Cuma Uang, Ini 5 Jenis Tujuan Hidup yang Harus Dimilikiilustrasi sikap menghargai (Pexels.com/fauxels)

Sudah jadi rahasia umum jika karier dan finansial kerap dijadikan tujuan dalam mendefinisikan sukses. Jadi, gak heran kalau banyak orang berlomba-lomba mengejar karier dan kemapanan secara finansial. Meski bukan satu-satunya, tapi karier dan finansial memang terbilang penting untuk masa depan.

Kita bisa memulai dengan menetapkan target karier yang ingin dicapai, seperti pekerjaan impian, promosi yang ingin dicapai, atau bisnis yang hendak dirintis. Setelah menetukan tujuan, fokuslah pada proses pencapaian dan lihat hasilnya dalam beberapa tahun ke depan.

Saat kondisi karier sudah on track, tujuan finansial akan menjadi kelanjutan yang memantapkan arti sukses. Misalnya dengan merancang dana pensiun, memulai investasi, dan gak kalah penting merencanakan tabungan demi mewujudkan masa depan yang terjamin.

Baca Juga: 5 Definisi Sukses yang Akan Memberimu Cara Pandang Baru

3. Hubungan sosial yang diharapkan hadir dalam hidup

Sukses Bukan Cuma Uang, Ini 5 Jenis Tujuan Hidup yang Harus Dimilikiilustrasi persahabatan (unsplash.com/Omar Lopez)

Hubungan sosial juga wajib masuk daftar penting tujuan hidup yang ingin dicapai. Sebab, semua orang pasti punya harapan untuk memiliki hubungan yang menenteramkan dan membahagiakan. Mulai dari keluarga, teman, hingga pasangan, semua hubungan tersebut layak jadi prioritas hidup.

Memikirkan apa yang bisa diberikan pada mereka akan menjadi langkah pertama untuk mewujudkan harapan baik dalam hubungan sosial. Jika tidak punya tujuan apa pun, bisa-bisa kita malah terjebak dalam hubungan sosial yang seringkali justru gak sehat dan berimbas toksik bagi mental.

4. Aktualisasi diri

Sukses Bukan Cuma Uang, Ini 5 Jenis Tujuan Hidup yang Harus Dimilikiilustrasi melihat ke belakang (Pexels.com/Helena Lopes)

Aktualisasi diri sudah bukan hal yang asing lagi untuk masuk daftar tujuan hidup. Pasalnya, sebuah pencapaian hidup tanpa peran pengembangan potensi diri akan membuat sukses yang sudah diraih terasa seperti masih ada yang kurang.

Jika pencapaian karier dan finansial jadi pemuas impian, maka aktualisasi diri adalah "makanan" untuk memuaskan batin. Gak perlu muluk, sekadar meluangkan waktu mengerjakan hobi atau menambah wawasan yang menarik minat saja sudah jadi bentuk pengembangan diri yang positif, kok.

5. Kesehatan fisik, mental, dan spiritual

Sukses Bukan Cuma Uang, Ini 5 Jenis Tujuan Hidup yang Harus Dimilikiilustrasi berolahraga (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Jangan lupa untuk memasukkan tujuan kesehatan dalam daftar pencapaian hidup, ya. Meski terkesan sepele, tapi kesehatan yang menyeluruh bisa memberi dampak cukup besar bagi pencapaian tujuan-tujuan hidup sebelumnya. Gak cuma urusan fisik, kesehatan mental dan spiritual juga harus diberi perhatian lebih.

Terapkan pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan aktivitas fisik demi tetap bugar. Selain itu, kuatkan mental lewat self-love dan self-worth agar tidak mudah tumbang oleh masalah. Tanamkan pula rasa syukur dan rutinitas ibadah agar kerja keras serta rencana kita bersambut dengan kehendak Sang Pencipta.

Kelima tujuan hidup tadi akan membuat pencapaian sukses yang ingin diraih jadi makin utuh dan menyeluruh saat bisa terpenuhi dengan tuntas. Namun, kesiapan memulai dan mewujudkan tujuan tetap bergantung padamu. Mau hari ini, besok, atau lusa, semua keputusan ada di tanganmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana untuk Membangun Pola Hidup Sehat Setiap Harinya

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya