Comscore Tracker

Kamu Belum Pantas Sukses jika Masih Pertahankan 5 Sikap Ini, Ayo Ubah!

Siap berubah gak, nih?

Semua orang pasti ingin cepat sukses, apalagi di usia muda agar bisa punya masa depan yang mampu menjamin hari tua. Meski definisi sukses bisa berbeda-beda, setidaknya aspek kemapanan finansial sering dijadikan patokan dan diaminkan oleh sebagian besar orang. Gak heran kalau usia muda kerap dijadikan momen untuk mengejar sukses dengan bekerja keras.

Namun, ternyata ada beberapa sikap yang tanpa disadari justru jadi penghambat suksesmu. Jangan harap bisa cepat sukses kalau lima sikap ini masih kamu pertahankan. Gampang ngeluh dan gak punya tanggung jawab!

1. Berpikiran sempit 

Kamu Belum Pantas Sukses jika Masih Pertahankan 5 Sikap Ini, Ayo Ubah!ilustrasi berpikiran sempit (pexels.com/Polina Zimmerman)

Menjadi pribadi open minded sering kali mampu membuka banyak kesempatan untuk menemukan jalan sukses. Namun, terkadang kamu sendirilah yang membatasi diri dengan segala keterbukaan terkait cara pandang tentang kehidupan. Cara berpikir yang cenderung sempit bakal jadi penghalang kecepatan sukses, lho.

Empati yang rendah, emosi yang cenderung labil, dan menutup diri pada ide yang berseberangan hanya akan membuatmu jalan di tempat. Kamu pun jadi terpaku pada konsep berpikirmu sendiri dan lupa bahwa mendengarkan saran serta pendapat orang lain juga bisa jadi pembuka suksesmu.

2. Gampang ngeluh 

Kamu Belum Pantas Sukses jika Masih Pertahankan 5 Sikap Ini, Ayo Ubah!ilustrasi mudah mengeluh (Pexels.com/Engin Akyurt)

Meski berkeluh kesah terbilang manusiawi dan sah-sah saja, sikap ini juga meningkatkan potensi tertutupnya jalan sukses. Fokusmu hanya tertuju pada masalah yang muncul, emosi negatif yang dirasakan, atau kesalahan yang sudah kamu lakukan seolah semua itu gak ada jalan keluarnya lagi.

Padahal, fokus orang sukses seharusnya mengarah pada solusi dan langkah perbaikan, bahkan upaya pengendalian emosi yang stabil. Kalau masih gampang ngeluh, kamu bakal tertahan pada keluhan-keluhan tanpa solusi hingga hidup seolah terjebak dalam keterpurukan yang panjang.

Baca Juga: 5 Akibat Kebiasaan Suka Mengeluh, Bisa Bikin Ilfeel!

3. Gak bisa bedakan keinginan dan kebutuhan 

Kamu Belum Pantas Sukses jika Masih Pertahankan 5 Sikap Ini, Ayo Ubah!ilustrasi perempuan berbelanja (pexels.com/@olly)

Banyak orang sering terjebak dalam nafsu sesaat hingga jadi terburu-buru dan melihat keinginan sebagai kebutuhan yang wajib segera dipenuhi. Padahal, keinginan belum tentu sejalan dengan kebutuhan. Misalnya, kamu merasa harus punya barang branded agar terlihat keren dan dipandang sukses meski sebenarnya kamu gak terlalu butuh.

Saat gak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, tandanya mental sukses memang belum ada dalam dirimu. Jika gak mampu menahan nafsu, kamu selamanya akan sulit sukses karena terlanjur terjebak dalam pemenuhan keinginan dan bukan kebutuhan utama.

4. Cenderung mudah berpikiran negatif 

Kamu Belum Pantas Sukses jika Masih Pertahankan 5 Sikap Ini, Ayo Ubah!ilustrasi berpikiran negatif (pexels.com/@shvets-production)

Pikiran orang memang gak bisa dikendalikan, tapi tidak dengan pikiran sendiri. Saat kamu mampu menjaga dan mengendalikan pikiran tetap positif, cara pandangmu terhadap dunia pun bakal jadi lebih positif hingga tecermin pada sikap yang tertangkap orang lain.

Sayangnya, banyak dari kita terjebak dalam pikiran negatif yang terkadang gak selalu sesuai fakta. Cara berpikir negatif ini pada akhirnya akan membuatmu terlihat gak pantas disebut sebagai pribadi bermental sukses.

Pikiran negatif akan membuatmu gak nyaman sendiri dan pastinya bakal menghalangimu untuk maju. Kamu pasti gak mau, dong, kalau langkah suksesmu terhalang oleh pikiran negatif yang kamu bangun sendiri? Yuk, segera atasi dengan berusaha berpikiran positif.

5. Belum bisa bertanggung jawab sama diri sendiri 

Kamu Belum Pantas Sukses jika Masih Pertahankan 5 Sikap Ini, Ayo Ubah!ilustrasi perempuan muda (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Gak ada orang sukses yang tidak bertanggung jawab, terlebih pada dirinya sendiri. Misalnya, mau menuntaskan apa yang sudah dimulai, membereskan kesalahan yang diperbuat, sampai menerapkan kemandirian untuk terus berusaha melangkah menuju sukses.

Kalau masih belum bisa bertanggung jawab ada dirimu sendiri, tandanya kelayakan mendapat sebutan orang sukses memang belum pantas kamu miliki. Orang sukses itu mampu berdiri di atas kakinya sendiri, bukan maunya bergantung pada orang lain demi meraih impian lewat jalur nyaman.

 

Sukses memang mudah untuk diimpikan, tapi terkadang cukup sulit diwujudkan, terlebih jika kelima sikap tadi masih kamu pertahankan. Segera ubah sikapmu kalau kamu mau segera memantaskan diri dan disebut sebagai orang sukses. Siap gak, nih?

Baca Juga: Tak Perlu Berbakat, Pelajari 5 Skill Hebat Ini Bisa Bikin Kamu Sukses 

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya