Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Akan Hancurkan Kreativitasmu, Jangan Lakukan Lagi!

Harus segera diubah dan jangan dibiarkan berlarut-larut

Setiap orang punya sisi kreatif yang selalu unik dengan caranya masing-masing. Bahkan terkadang ide kreativitas yang dihasilkan bisa sangat tak terduga, lho. Gak heran kalau ide kreatif selalu punya value lebih dan dihargai tinggi oleh banyak orang karena proses berpikirnya sendiri yang memang sudah berbeda.

Sayangnya, kreativitas terkadang bisa kandas oleh kebiasaan negatif yang sering dilakukan oleh kita sendiri. Kamu "berbakat" hancurkan kreativitasmu sendiri kalau masih melakukan beberapa kebiasaan berikut ini.

1. Manajemen waktu yang buruk

5 Kebiasaan yang Akan Hancurkan Kreativitasmu, Jangan Lakukan Lagi!ilustrasi kesulitan mengatur waktu (Pexels.com/Gustavo Fring)

Caramu mengelola waktu ternyata juga punya pengaruh besar pada kreativitas. Pasalnya, ide kretaif gak akan bisa mengalir lancar jika rencana hidupmu berantakan karena gak mau membiasakan diri untuk mengelola waktu, seperti enggan membuat to-do-list atau malah sering menunda pekerjaan.

Jadwalmu jadi berantakan kalau kamu gak menargetkan waktu penyelesaian dengan rinci akibat "hobi" menunda-nunda. Ujungnya, kamu jadi sering mepet deadline hingga keseimbangan kerjamu jadi berantakan. Jangankan mikir kreatif, tugas wajibmu saja sulit kamu kerjakan tepat waktu.

2. Abai pada kondisi kesehatan

5 Kebiasaan yang Akan Hancurkan Kreativitasmu, Jangan Lakukan Lagi!ilustrasi merasa lelah (Pexels.com/cottonbro)

Kreativitas ternyata juga bisa menurun jika kondisi kesehatanmu sedang tidak baik. Bukan hanya gak bisa berpikir, saat sakit kamu gak akan bisa melakukan rutinitas seperti biasa. Kondisi ini umumnya berawal dari ketidakpedulianmu atas penerapan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat dan mengatur pola tidur. 

Bukan cuma fisik, abai pada kesehatan mental juga gak kalah memberi dampak negatif pada kreativitas. Misalnya, membiarkan stres tanpa penanganan atau overworking yang berujung burnout. Kamu akan makin kesulitan memikirkan ide-ide menarik sebab energimu habis akibat kesehatan fisik dan mental yang makin drop.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan dari Hobi Menulis, Lebih Kreatif! 

3. Gampang ragu karena takut gagal

5 Kebiasaan yang Akan Hancurkan Kreativitasmu, Jangan Lakukan Lagi!ilustrasi takut gagal (Pexels.com/Nathan Cowley)

Terbiasa ragu saat bertindak dan mengambil keputusan memang mampu membuat langkahmu terhenti. Hal ini biasanya dipicu oleh ketakutan dalam diri atas kegagalan yang mungkin akan dialami. Kamu cenderung gak berani mengambil risiko dan kesempatan besar di depan mata.

Walhasil, kreativitas yang seharusnya mampu didorong untuk dimunculkan jadi gak punya kesempatan ujuk gigi. Jika kebiasaan semacam ini terus dibiarkan, ada kemungkinan kamu jadi meremehken diri sendiri karena belum mampu meraih pencapaian apa pun.

4. Terlalu menuntut kesempurnaan

5 Kebiasaan yang Akan Hancurkan Kreativitasmu, Jangan Lakukan Lagi!ilustrasi berpikir (Pexels.com/Anastasiya Vragova)

Ingin melahirkan karya yang sempurna tentu jadi hal yang wajar untuk diwujudkan. Sayangnya, kalau kamu jadi terlalu menuntut diri untuk terus sempurna, bisa saja prinsip ini malah akan membunuh kreativitasmu. Pasalnya, kamu hanya fokus pada satu hal atau cara yang dianggap terbaik.

Padahal, sikap ini justru akan membatasi cara berpikirmu, lho. Awalnya mungkin kamu takut kalau cara baru malah akan jadi ide buruk bagi karya atau hasil kerjamu. Akhirnya, kesempurnaan yang selalu kamu inginkan belum bisa diraih karena tidak berani mencoba hal baru meski masih merasa belum puas.

5. Membandingkan diri dengan orang lain

5 Kebiasaan yang Akan Hancurkan Kreativitasmu, Jangan Lakukan Lagi!ilustrasi membandingkan (Pexels.com/George Milton)

Terbiasa membandingkan diri dengan orang lain memang gak akan pernah jadi sikap positif bagi hidupmu. Pasalnya, kamu hanya akan fokus pada standar orang lain dan tanpa sadar malah mematikan kreativitas versimu sendiri.

Alih-alih mencari dan menggunakan ide sendiri, kamu malah terjebak jadi peniru ulung. Kamu terus berpikir kalau cara orang lain lebih baik dan caramu gak akan bisa melampaui mereka. Padahal, setiap cara punya keunikannya sendiri hingga hasilnya pun pasti akan berbeda.

Meski ada perbedaan, tapi bukan berarti kamu akan kalah dibanding mereka. Malah gak menutup kemungkinan kalau cara dan kreativitasmu bisa hasilkan karya yang sama kerennya hanya dalam versi berbeda.

Sebenarnya kreativitas bisa muncul tanpa batas dan mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Namun, batasan justru kerap muncul dari diri sendiri karena mempertahankan lima kebiasaan negatif tadi. Jangan biarkan kreativitasmu mati, yuk ubah kebiasaan burukmu, Bestie!

Baca Juga: 5 Cara Membuka Kreativitas, Semua Orang Pasti Bisa!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya