Comscore Tracker

5 Love Language untuk Diri Sendiri yang Wajib Dikenali!

Jangan cuma dilakukan ke orang lain, ya

Love language atau bahasa cinta memang tengah jadi topik hangat yang dibicarakan banyak orang. Sebenarnya, love language sendiri merupakan bentuk atau cara seseorang dalam mengekspresikan kasih sayang, baik memberi maupun menerima.

Meski banyak yang mengartikannya sebagai bahasa cinta pada pasangan, tapi sebenarnya love language juga bisa diterapkan untuk diri sendiri. Bahkan, tanpa sadar kita sudah melakukannya sebagai bagian dari self love.

Yuk, kenali beberapa bentuk love language untuk diri sendiri berikut ini agar bisa makin total dalam menerapkannya.

1. Melakukan apa pun yang bikin tubuh kamu nyaman

5 Love Language untuk Diri Sendiri yang Wajib Dikenali!ilustrasi relaksasi (Unsplash.com/Anna Demianenko)

Masuk kategori physical touch, love language yang satu ini berfokus pada kebutuhan fisik agar tubuh merasakan kenyamanan. Lakukan apa pun yang mendukung rasa nyaman bagi tubuhmu, seperti melakukan perawatan wajah, relaksasi dan pijat, atau berolahraga.

Meski banyak orang sudah melakukannya, tapi terkadang ada alasan lain di luar kebutuhan untuk diri sendiri yang melandasi sikap tersebut. Misalnya, merawat diri hanya demi bisa mendapat pacar atau modus olahraga padahal cuma ikut-ikutan tren.

Secara fisik aktivitasnya memang sama, hanya saja berbeda tujuan hingga terkadang fokus kenyamanan fisik jadi terabaikan. Saat sudah mampu melakukannya demi dirimu sendiri, tandanya kamu sudah mulai menerapkan love language dengan tepat.

2. Memberikan self reward

5 Love Language untuk Diri Sendiri yang Wajib Dikenali!ilustrasi liburan (Unsplash.com/Cosmic Timetraveler)

Belakangan ini banyak yang mulai menerapkan konsep self rewad sebagai bentuk apresiasi diri. Bukan boros atau foya-foya, sebenarnya konsep ini justru sejalan dengan bahasa cinta receiving gifts, lho. Sebab sikap mengapresiasi juga jadi salah satu bentuk mencintai diri yang wajib dilakukan.

Kamu bisa mewujudkannya lewat membeli barang yang sudah sangat diinginkan atau pergi liburan ke tempat impian usai berhasil meraih sebuah pencapaian. Langkah ini juga sekaligus jadi upaya memotivasi diri agar makin bersemangat dan penuh percaya diri menghadapi tantangan.

3. Melayani diri sendiri sebagai bentuk acts of service

5 Love Language untuk Diri Sendiri yang Wajib Dikenali!ilustrasi membaca buku (Unsplash.com/Anthony Tran)

Love language berikutnya adalah acts of service, yaitu sikap melayani. Jika bahasa cinta untuk pasangan terlihat dari keinginan untuk memberikan yang terbaik pada orang tersayang, maka gak berbeda jauh dengan bahasa cinta untuk diri sendiri dalam wujud self service.

Misalnya, membersihkan kamar dan mengatur ulang ruang kerja agar makin nyaman saat beristirahat dan bekerja. Bisa juga dengan menikmati makanan enak buatan sendiri lengkap dengan suasana yang mendamaikan jiwa. Intinya, semua hal yang sifatnya memanjakan diri tanpa harus menunggu hari khusus.

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Talk Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

4. Menghabiskan waktu sendiri untuk aktivitas favorit

5 Love Language untuk Diri Sendiri yang Wajib Dikenali!ilustrasi perempuan muda (Unsplash.com/Jeremy Bishop)

Saat mulai berpikir untuk menerapkan love language pada diri sendiri, rasanya belum lengkap tanpa melakukan me time. Gak ada salahnya menghabiskan waktu sendiri untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai sebagi upaya mendapatkan quality time.

Lakukan saja me time versimu, apa pun asal itu adalah aktivitas favoritmu. Membaca, menulis, memasak, atau malah meditasi, semua sah dan layak dilakukan selama kamu suka dan menikmati momen tersebut. Merencanakan aktivitas sendirian juga menyehatkan mental, kok.

5. Memberi self motivation agar tetap semangat dan bertumbuh

5 Love Language untuk Diri Sendiri yang Wajib Dikenali!ilustrasi bahagia (Unsplash.com/Allef Vinicius)

Gak dimungkiri bahwa kalimat motivasi, termasuk yang datang dari diri sendiri, mampu jadi penyemangat dalam hidup. Bahkan self motivation semacam ini juga jadi bentuk dari bahasa cinta words of affirmation yang pantang untuj dilewatkan bagi diri sendiri.

Lakukan dengan memberi pujian pada diri sendiri saat mampu meraih sesuatu atau bertahan di tengah masalah yang menghampiri. Memaafkan juga diri atas kesalahan masa lalu juga bisa jadi wujud self love. Bahkan sekadar afirmasi positif setiap hari juga bisa jadi penyemangat, kok.

Bahasa cinta setiap orang memang bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan apa yang diinginkan jiwamu. Namun, rasanya gak berlebihan kalau kelima love language tadi wajib diterapkan untuk diri sendiri sebagai wujud nyata dari self love

Baca Juga: 5 Tips Self Love untuk Anak Muda, Tetap Ceria walau Sibuk

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya