Comscore Tracker

Bukan Sekadar Narsis, Ini 5 Manfaat Selfie yang Perlu Kamu Ketahui

Lihat-lihat dulu yaa tapi sebelum selfie

Semua orang pasti pernah ber-selfie, meski seringkali selfie dianggap sebagai bentuk dari perilaku narsistik. Terlebih dengan kemajuan digital yang semakin pesat, perilaku narsis seolah semakin mendapat dukungan nyata berupa ruang untuk memamerkan hasil foto. Memang benar sebagian orang yang melakukannya memiliki kecenderungan narcism, hanya saja tidak semua yang berfoto untuk tujuan memamerkan diri.

Namun, selfie sendiri juga memiliki manfaat yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Jika dilakukan dengan benar tanpa melanggar aturan atau norma, selfie juga akan memberi dampak positif bagi pelakunya. Berikut beberapa manfaat selfie yang perlu kita ketahui.

1. Membantu seseorang memiliki pikiran yang lebih positif

Bukan Sekadar Narsis, Ini 5 Manfaat Selfie yang Perlu Kamu Ketahuiunsplash.com/Andrii Podilnyk

Seorang peneliti dari University of California, Irvine menemukan bahwa ketika seseorang ber-selfie, terutama sambil tersenyum, akan muncul perasaan bersemangat dan pikiran yang lebih positif. Pengaruh dari citra positif inilah yang pada akhirnya akan membuat pelaku selfie menjadi lebih bahagia. Jadi, lupakan pose duck face dan beralihlah pada pose tersenyum saat difoto agar kebahagiaan semakin terpancar dalam diri.

2. Memotivasi diri untuk lebih bersemangat

Bukan Sekadar Narsis, Ini 5 Manfaat Selfie yang Perlu Kamu Ketahuiunsplash.com/Ionut Coman Photographer

Ketika hasil selfie diunggah ke media sosial, komentar positif yang datang akan memberi pengaruh yang positif pula. Mereka akan lebih termotivasi untuk meningkatkan semangat hidup dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja saat seseorang sedang dalam program diet, komentar atas unggahan foto yang menunjukkan perubahan akan semakin memotivasinya untuk bersemangat memurunkan berat badan.

Baca Juga: Antimainstream! Ini 10 Gaya Foto Selfie Lucu Bareng Hewan

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Bukan Sekadar Narsis, Ini 5 Manfaat Selfie yang Perlu Kamu Ketahuiunsplash.com/Annie Spratt

Seringkali selfie dilakukan berulang kali sampai dirasa sudah mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Ketika foto yang dianggap paling sempurna diunggah ke media sosial, secara tidak langsung ada rasa percaya diri yang mulai tumbuh. Perlahan tapi pasti, kepercayaan diri tersebut akan semakin meningkat dengan adanya komentar positif dari orang lain.

4. Menyimpan berbagai perubahaan dan momentum dalam hidup

Bukan Sekadar Narsis, Ini 5 Manfaat Selfie yang Perlu Kamu Ketahuiunsplash.com/Julián Gentilezza

Rajin ber-selfie, secara tidak langsung kita akan memiliki galeri hidup kita. Setiap perubahan dalam diri beserta momentum yang menyertainya akan terekam dalam foto yang diambil. Seperti saat muncul tantangan 'ten years challenge' yang sempat viral, foto selfie-mu dalam rentang 10 tahun akan terlihat jelas. Wajah dewasa yang terekam hari ini akan membuatmu menghargai setiap perubahan, lengkap dengan pengalaman hidup yang sudah dilalui.

5. Hidup akan terasa lebih nikmat

Bukan Sekadar Narsis, Ini 5 Manfaat Selfie yang Perlu Kamu Ketahuiunsplash.com/Alexandro Espinar

Menikmati hidup di dunia akan semakin terasa menyenangkan dengan ber-selfie. Disadari atau tidak, selfie akan membantu seseorang dalam upaya menikmati kehidupan. Tidak hanya itu, tekanan yang dialami seolah dapat terhapus dalam sekejab oleh penghiburan saat ber-selfie. Entah itu si narsis yang hobi selfie atau bukan, faktanya efek dari ber-selfie memang akan membuat seseorang lebih mampu menikmati hidup apapun kondisinya.

Terkadang menjadi narsis dengan ber-selfie tidak selalu buruk. Melihat beberapa alasan tadi, selfie pun memberi banyak manfaat bagi kesehatan mental kita. Jadi, jangan ragu lagi untuk sesekali ber-selfie. Pasang senyum termanismu dan mari ber-selfie. Cheese!

Baca Juga: Suka Selfie? Ikutin 5 Tips Ini Biar Hasilnya Makin Kece!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya