Comscore Tracker

Sedang Merasa Iri pada Kesuksesan Orang Lain? Atasi dengan 5 Cara Ini

Lihat juga perjuangan mereka, yuk

Kesuksesan kerap dianggap sebagai sebuah pencapaian yang kerap jadi incaran banyak orang. Gak heran kalau semua orang gak pernah lelah berusaha untuk bisa jadi sukses sesuai standar masing-masing. Namun, saat tengah disibukkan dengan perjuangan meraih sukses, gak jarang kita merasa iri melihat orang lain sudah lebih dulu menggenggam kesuksesan.

Alih-alih memelihara emosi negatif saat melihat kesuksesan orang lain, yuk, lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi rasa iri yang bersarang dalam hati.

1. Tenangkan hati dan pikiran

Sedang Merasa Iri pada Kesuksesan Orang Lain? Atasi dengan 5 Cara Iniilustrasi berpikir (Unsplash.com/Dollar Gill)

Saat mendengar dan melihat kesuksesan orang lain, manusiawi jika terbesit perasaan iri. Gak melulu karena benci lantas ingin merebut posisi orang, iri terkadang memunculkan perasaan tidak mampu dalam diri. Yuk, tenangkan diri dan pikiranmu lebih dahulu. 

Perlahan mulailah memahami dan mencerna situasi kali ini. Mereka ada di titik sukses juga bukan karena hal instan. Bisa jadi perjuangan mereka sudah lebih lama dan lebih banyak. Jadi, gak heran kalau sekarang waktunya mereka memetik hasil jerih payahnya tersebut.

2. Lihat juga seberapa keras usaha mereka hingga ada di posisi sekarang

Sedang Merasa Iri pada Kesuksesan Orang Lain? Atasi dengan 5 Cara IniIlustrasi bekerja (Unsplash.com/Tim Gouw)

Jika sudah paham kalau di balik kesuksesan ada perjuangan panjang, kenalilah juga perjuangan 'lawan' dengan saksama. Pelajari cara mereka bangkit saat gagal hingga akhirnya bisa kembali berjuang dan berhasil.

Pastinya tidak mudah, tetapi kalau mereka saja bisa, kamu juga pasti bisa. Permasalahannya hanya tentang mau atau tidak, sanggup jatuh lalu bangun kembali atau tidak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

3. Yakinkan diri bahwa jatah sukses pasti akan datang

Sedang Merasa Iri pada Kesuksesan Orang Lain? Atasi dengan 5 Cara Iniilustrasi keyakinan (Unsplash.com/Ian Stauffer)

Terlepas dari seberapa lama kamu berjuang, yakinkan diri dulu kalau setiap orang punya jatah suksesnya masing-masing. Kalau tidak hari ini, esok pasti akan datang giliranmu selama tetap berupaya sekuat tenaga.

Jangan hanya karena iri dan merasa tersaingi, lantas kamu memutuskan untuk berhenti berjuang. Lebih dari itu, iri yang muncul jangan sampai menghambat perkembangan potensi diri menuju kesuksesan yang tengah kamu perjuangkan.

4. Habisi malasmu dan berjuang lebih keras lagi

Sedang Merasa Iri pada Kesuksesan Orang Lain? Atasi dengan 5 Cara Iniilustrasi berusaha (Unsplash.com/Umit Y Buz)

Alih-alih jadi cambuk, kesuksesan orang lain terkadang juga berimbas pada keputusasaan. Melihat orang tampak mudah menempati posisi nyaman, ada kalanya kita jadi enggan melanjutkan perjuangan seolah perlombaan telah usai hanya karena menganggap sudah ada yang 'menang'.

Padahal, tidak pernah ada perlombaan meraih sukses kecuali dengan diri sendiri. Apalagi dengan rasa malas, memang perlu perjuangan yang gak mudah untuk menaklukkannya. Camkan, jika mau menang, ya jangan malas!

5. Setelah berjuang, serahkan usaha terakhirmu lewat doa

Sedang Merasa Iri pada Kesuksesan Orang Lain? Atasi dengan 5 Cara Iniilustrasi berdoa (Unsplash.com/Ben White)

Setelah berjuang sekuat tenaga, melewati proses jatuh bangun yang berat, satu perjuangan terakhir layak untuk dicoba tanpa henti. Berdoa, serahkan semua hasil usahamu pada kuasa Tuhan. Biarkan doamu melangit sambil terus melanjutkan perjuanganmu meraih sukses yang telah kamu impikan.

Saat belum juga sampai di garis 'finish', bukan berarti Tuhan tidak mengabulkan permintaanmu. Mungkin saja kalau saat ini bukan waktu yang tepat. Gak perlu merasa tidak adil sebab Tuhan yang paling tahu yang terbaik untukmu. Lanjut berusaha dan berdoa akan menjadi langkah baik dari yang terbaik.

 

Pada dasarnya, memiliki perasaan iri saat melihat kesuksesan orang lain terbilang manusiawi. Hanya saja jangan biarkan iri yang ada jadi menghambatmu. Kamu juga bisa sukses seperti mereka, kok. Yuk, berjuang terus!

Baca Juga: Waktu Terbaik untuk Berdoa dan 3 Doa yang Perlu Dipanjatkan

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya