Comscore Tracker

Sering Dikaitkan dengan Puisi, 5 Hal Sederhana Ini Jadi Lebih Istimewa

Kesan sederhana namun istimewa

Ada banyak hal yang bisa dijadikan objek untuk menciptakan deretan puisi yang indah dan mengena di hati. Apapun bisa menjelma menjadi syair luar biasa bagi peramu kata. Sejak pagi hingga malam, yang di langit hingga di bumi, semua mampu membuahkan karya.

Lalu, apa saja hal-hal yang sering dikaitkan dengan puisi? Ini dia kelima hal dengan kesan biasa yang menjadi istimewa saat tenggelam dalam puisi. 

1. Hujan

Sering Dikaitkan dengan Puisi, 5 Hal Sederhana Ini Jadi Lebih Istimewaunsplash/Erik Witsoe

Orang bilang hujan terdiri dari 1% adalah air dan 99% adalah kenangan. Benarkah? Memang ada sisi romantisme yang terasa ketika hujan turun. Entah itu rintiknya, suaranya, genangan airnya, bahkan aroma tanah basah yang ditimbulkannya. Hujan menyimpan banyak hal, kenangan yang manis maupun pahit. Semua menjadikan hujan istimewa dalam deretan syair.

Baca Juga: Bahagia Itu Sederhana, Ini 7 Keuntungan Rajin Menulis Catatan Harian

2. Bulan

Sering Dikaitkan dengan Puisi, 5 Hal Sederhana Ini Jadi Lebih Istimewapixabay/rkarkowski

Kalau orang zaman dulu sering merayu kekasihnya dengan menggunakan bulan, maka sekarang tidak lagi. Perempuan mulai enggan disamakan dengan bulan yang wujud aslinya tak seindah pengibaratannya. Namun bukan tak berhenti menjadi objek dalam puisi. Mulai dari purnama sampai gerhana, bulan masih tetap menjadi bagian dari bait-bait indah.

3. Daun

Sering Dikaitkan dengan Puisi, 5 Hal Sederhana Ini Jadi Lebih Istimewapixabay/jplenio

Ketika bicara daun, yang terlintas mungkin adalah kalimat: "Daun yang jatuh tak pernah membenci angin" - Tere Liye. Sejak daun masih malu-malu untuk tumbuh, mulai menghijau, menua, gugur, lalu mengering, semua tetap menempati ruang makna. Ternyata daun pun mampu menembus deretan kata dalam bait-bait puisi.

4. Bunga

Sering Dikaitkan dengan Puisi, 5 Hal Sederhana Ini Jadi Lebih Istimewapixabay/congerdesign

Ah, bunga. Sejak mula puisi lama, puisi baru, hingga puisi modern, bunga tetaplah menjadi primadona. Mawar, anggrek, lily, sampai bunga bakungpun tak luput dimakan puisi. Bunga selalu istimewa, terlebih karna bunga itu sendiri memang sudah memiliki makna yang dalam.

5. Kopi

Sering Dikaitkan dengan Puisi, 5 Hal Sederhana Ini Jadi Lebih IstimewaUnsplash/Kari Shea

Dewasa ini kopi memang begitu populer dan penuh gaya. Kopi bukan lagi hanya teman minum di warung sederhana, tapi sudah menjadi tren dan gaya hidup. Namun selain menjadi milik penikmat kopi, ternyata penyair juga tak melewatkan sisi indah kopi. Ketika pahit dan manis menyatu, seolah menggoda kata berkumpul membentuk barisan bait yang sarat dengan makna mendalam.

Nah, itu tadi hal-hal yang sering melekat dengan puisi hingga menjadikannya semakin istimewa. Apa kelima hal tadi juga istimewa buat kamu?

Baca Juga: Tak Harus Nunggu Mapan, Bahagiakan Ibumu dengan 8 Hal Sederhana Ini

Tyas Photo Community Writer Tyas

perempuan biasa yang menikmati kata sebagai bagian dari rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You