Comscore Tracker

Kamu Termasuk Pribadi Introver kalau 5 Tanda Ini Muncul saat Ngobrol

Jarang tanya, tapi teliti mencerna jawaban

Saat mengobrol dengan banyak orang, tentu kita akan menemui berbagai macam tipe kepribadian dari lawan bicara, mulai dari ekstrover, introver, sampai mungkin ada juga yang ambiver. Semua tipe tersebut punya kepribadian yang berbeda-beda.

Menariknya, ada ciri khas yang akan tampak dari setiap tipe pribadi saat sedang terlibat obrolan satu sama lain. Terutama dari seseorang berkepribadian introver.

Kalau kamu tipe introver juga, kamu pasti relate dengan beberapa tanda yang muncul saat sedang mengobrol berikut ini. Jarang tanya, tapi teliti banget.

1. Kurang ekspresif saat berbiara dengan orang lain

Kamu Termasuk Pribadi Introver kalau 5 Tanda Ini Muncul saat Ngobrolilustrasi mengobrol (Pexels.com/mentatdgt)

Orang dengan kepribadian introver memang cenderung tertutup hingga lebih sering dikenal sebagai sosok pendiam dan pemalu. Jadi, gak heran kalau sedang mengobrol, mereka cenderung kurang ekspresif dalam memperlihatkan respons tentang topik yang sedang dibahas.

Bahkan, seorang introver banyak dijuluki si "ekspresi flat" karena saking jarangnya memperlihatkan reaksi atau emosi. Biasanya, volume suara mereka juga gak terlalu tinggi bahkan cenderung pelan. Ditambah lagi gestur yang minim ikut jadi gaya khas seorang introver saat ngobrol langsung.

2. Jawabannya singkat-singkat

Kamu Termasuk Pribadi Introver kalau 5 Tanda Ini Muncul saat Ngobrolilustrasi mengobrol (Pexels.com/fauxels)

Pola khas dari seorang introver saat ngobrol juga terlihat dari cara mereka menjawab pertanyaan. Khasnya, mereka lebih sering menjawab singkat dan langsung ke fokus permasalahannya karena memang gak suka berbasa-basi.

Beberapa mungkin memang malas buat memberi jawaban panjang. Namun, positifnya, mereka justru jadi bisa lebih banyak mendengar lawan bicaranya dengan baik hingga sering dijadikan teman curhat yang dianggap selalu berhasil bikin nyaman.

3. Jarang bertanya balik saat terlibat obrolan

Kamu Termasuk Pribadi Introver kalau 5 Tanda Ini Muncul saat NgobrolUnsplash.com/Mimi Thian

Buat orang-orang dalam lingkup pertemanan sosial pribadi introver, jarang mendapat pertanyaan balik itu dianggap sudah biasa dialami. Pasalnya, mereka memang tipe yang enggan bertanya balik karena potensi obrolan makin panjang dan melebar jadi makin tinggi.

Lain cerita kalau seorang introver sudah ketemu teman ngobrol yang "klik", mereka bakal nyaman mulai bertanya balik atau malah tanya duluan sebelum diberi pertanyaan. Biasanya, kalau sudah "panas", obrolan jadi makin panjang dan tipe introver mulai gak ragu buat bertanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku yang Membuat Introver Lebih Mengenal Diri Sendiri

4. Cenderung teliti pada jawaban dan lawan bicara

Kamu Termasuk Pribadi Introver kalau 5 Tanda Ini Muncul saat Ngobrolilustrasi mengobrol (Pexels.com/Lisa)

Kalau punya lawan bicara seorang introver, tampaknya mesti sedikit lebih waspada, nih. Pasalnya, meski cenderung memilih banyak diam, tetapi sebenarnya mereka menyimak dengan serius obrolan kalian dan bisa jadi sangat teliti dengan apa yang didengarnya.

Setiap jawaban seolah terekam dengan akurat dan dicerna sangat baik hingga mereka paham topiknya. Tipe introver juga teliti dengan kondisi lawan bicaranya, lho.

Gestur yang ditunjukkan dan hal-hal detail dari fisik lawan bicaranya gak akan luput dari perhatian. Ada kotoran menyelip di gigi juga mereka bakal tahu. 

5. Memilih menghindari obrolan dalam suasana ramai

Kamu Termasuk Pribadi Introver kalau 5 Tanda Ini Muncul saat Ngobrolilustrasi ngobrol (Pexels.com/Anastasiya Gepp)

Dasarnya memang penyuka ketenangan, gak heran kalau tipe introver gak terlalu suka jika harus melakukan obrolan di tempat yang ramai. Ngobrol di kafe mungkin masih bisa ditoleransi, tetapi kalau ada live music pasti mereka langsung gak nyaman.

Suara bising membuat mereka kehilangan fokus dan gak mampu mencerna topik pembicaraan dengan baik. Meski begitu, kalau teman ngobrolnya sudah bestie banget, terkadang bisa jadi pengecualian dengan catatan gak terlalu sering.

Gimana, nih, para intorver? Nyambung gak dengan kelima tanda tadi? Pada dasarnya, apa pun tipe kepribadian kalian, mengobrol akan tetap asyik dan tetap bikin nyaman kalau sama-sama mampu saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Setuju?

Baca Juga: 7 Hal Gila yang Diam-diam Dilakukan Introver, Jangan Salah Sangka! 

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya