Comscore Tracker

5 Tanda Kecil Persahabatanmu Toxic, Segera Ambil Tindakan!

Dia gak suka kamu sukses adalah salah satu tandanya

Setiap hubungan, baik percintaan maupun persahabatan, seharusnya mendatangkan kebaikan dan aura positif dalam hidup. Namun, sayangnya semua gak selalu berjalan sesuai dengan harapan. Gak cuma percintaan, terkadang hubungan persahabatan juga bisa jadi toxic dan malah mendatangkan tekanan saat dijalani. 

Biar gak terjebak terus, yuk, cari tahu tanda-tanda persahabatan toksik. Jangan ragu buat ambil tindakan yang tegas, ya.

1. Gak suka melihat kesuksesan yang kamu raih

5 Tanda Kecil Persahabatanmu Toxic, Segera Ambil Tindakan!ilustrasi hubungan (unsplash.com/Ayo Ogunseinde)

Sahabat biasanya menjadi sosok pendukung nomor wahid setelah keluarga dalam hidup kita. Kalau kita sukses, sahabat seringkali akan ikut bangga dan bahagia atas pencapaian tersebut. Namun, apa jadinya kalau sahabat justru gak suka atau malah iri dengan kesuksesan yang kita raih?

Boleh jadi dia punya tanda-tanda toksik dalam hubungan ini. Biasanya akan terlihat jelas dari reaksinya yang cenderung negatif saat melihat keberhasilan kita. Bukannya memberi selamat dan ikut bangga, dia justru meremehkan atau malah membandingkan dengan pencapaian dirinya. 

2. Padahal bukan pacar tapi sering cemburu

5 Tanda Kecil Persahabatanmu Toxic, Segera Ambil Tindakan!ilustrasi persahabatan (unsplash.com/Jametlene Reskp)

Cemburu pada dasarnya adalah perasaan yang wajar dan manusiawi. Gak cuma ke pacar, terkadang sahabat juga bisa merasa cemburu saat kualitas kebersamaan mulai berkurang. Namun, kalau levelnya sudah berlebihan, wajib hati-hati juga, nih. 

Sahabat yang toksik biasanya akan merasa tidak senang saat kita menghabiskan waktu bersama teman lain. Parahnya lagi, mereka selalu ingin dilibatkan dalam semua aktivitas kita bahkan di setiap keputusan hidup kita.

3. Gak heran kalau kita jadi ingin menyembunyikan sesuatu

5 Tanda Kecil Persahabatanmu Toxic, Segera Ambil Tindakan!ilustrasi persahabatan (unsplash.com/Jon Meza)

Tanpa disadari, sebenarnya hati kita sudah memberikan sinyal negatif saat mendapati sahabat mulai jadi toksik. Jika biasanya sahabat jadi tempat berbagi banyak hal termasuk hal rahasia yang terbilang enggan diungkap, kita justru mulai ingin menyembunyikan sesuatu padanya.

Bercerita dan saling berkeluh kesah bukan lagi jadi hal penting saat menghabiskan waktu bersama. Bahkan mulai muncul pemikiran dalam diri kita kalau ada yang salah dengan hubungan persahabatan ini hingga merasa lebih baik mengurangi intensitas kebersamaan.

Baca Juga: 7 Tanda Sebenarnya Kamu Toxic bagi Orang Sekitarmu, Segera Sadari!

4. Hidupnya penuh drama dan kelewat self oriented

5 Tanda Kecil Persahabatanmu Toxic, Segera Ambil Tindakan!ilustrasi persahabatan toksik (unsplash.com/Afif Kusuma)

Karakter orang memang bisa berbeda-beda, termasuk sahabat yang kita anggap lebih dekat dibanding teman pada umumnya. Namun, sayangnya ada juga, nih, sahabat yang hidupnya kelewat drama dan malah memberi beban untuk pikiran dan hidup kita.

Dia selalu membesar-besarkan masalah dalam hidupnya hingga kita merasa lelah bak menonton adegan sinetron tak berujung. Sayangnya, sahabat toksik juga identik dengan sikap egois yang hanya melihat dunia dari sisinya saja. Persahabatan jadi makin gak nyaman, deh.

5. Hati-hati kalau sudah di level sering memanfaatkan dirimu

5 Tanda Kecil Persahabatanmu Toxic, Segera Ambil Tindakan!ilustrasi persahabatan (unsplash.com/Obie Fernandez)

Makin gak beresnya lagi, sahabat yang seharusnya berpikir untuk saling membantu dalam kebaikan justru memanfaatkan kita demi tujuan pribadi. Misalnya, sering banget minta tumpangan, nyontek tugas atau malah minta kita yang mengerjakan semuanya, sampai sering pinjam uang tanpa rasa sungkan.

Bukannya gak boleh, hanya saja kalau kelewat sering berarti ada indikasi hanya ingin mengambil keuntungan pribadi dari status persahabatan ini. Bukankah hubungan dengan sahabat seharusnya didasari ketulusan tanpa ada tujuan terselubung? Hati-hati, ya, kalau sahabatmu sudah sampai di level ini.

Sebenarnya setiap hubungan pasti akan punya dampaknya masing-masing dalam hidup kita. Tapi, kalau mulai terasa toksik, ya, jangan terus berusaha bertahan. Apalagi tanda-tanda di atas sudah jelas terlihat dalam persahabatan kalian, baiknya mulai ambil tindakan tegas.

Baca Juga: 5 Ciri Sahabat Berubah Jadi Toxic yang Wajib Kamu Waspadai

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya