Comscore Tracker

5 Hal Sederhana untuk Membahagiakan Orangtua Saat Ramadan

#RamadanMasaKini Kalau gak sekarang, kapan?

Bulan Ramadan tentu sangat identik dengan saling menebar kebaikan antara sesama yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain yang sekiranya mendapatkan pahala sehingga bisa mendapat pahala berlipat ganda sebagaimana firman Allah SWT. dalam Quran.

Dalam lingkup keluarga, seorang anak yang baik akan berusaha memanfaatkan momen Ramadan ini dengan membahagiakan kedua orang tua dan mendapatkan banyak pahala serta berkah, sekalipun dengan hal-hal sederhana.

Nah, mungkin 5 hal ini bisa kamu biasakan untuk membahagiakan mereka.

1. Membantu menyiapkan menu buka dan sahur

5 Hal Sederhana untuk Membahagiakan Orangtua Saat Ramadandream.co.id

Saat Ramadan, sebuah keluarga bisa saling mempererat komunikasi dengan berkumpul untuk berbuka puasa maupun sahur.

Saat menyiapkan menu berbuka puasa dan sahur, sang ibu tentu akan butuh bantuan seorang anak supaya bisa lebih cepat mempersiapkannya. Kamu bisa membantunya menyiapkan makanan dan minuman. Meski terkesan sepele, jika melakukannya dengan ikhlas, kamu akan dapat pahala berlipat ganda.

2. Jangan terlalu sering tidur saat berpuasa

5 Hal Sederhana untuk Membahagiakan Orangtua Saat Ramadanpexels.com/John-Mark Smith

Orang yang berpuasa biasanya akan lebih banyak meluangkan waktu untuk tidur di siang hari. Walaupun begitu, kamu sebaiknya mengatur waktu supaya kamu tidak terlalu lama tidur yang penting sudah memenuhi kebutuhan kamu untuk istirahat.

Dengan begitu, kemungkinan orangtua akan menilai kamu sebagai anak yang tidak pemalas dan mampu memanfaatkan waktu dengan produktif meski sedang berpuasa.

Baca Juga: Orangtua Kalian Protektif? Kenali 5 Penyebab Utamanya Berikut Ini!

3. Membantu membersihkan lingkungan rumah

5 Hal Sederhana untuk Membahagiakan Orangtua Saat Ramadanvikufurniture.com

Daripada kelamaan tidur, mending kamu membersihkan lingkungan rumah di saat waktu senggang. Biar gak bikin lelah, kamu bisa lakukan sedikit demi sedikit dan mengatur jadwalnya seperti menyapu lantai tiap pagi, mengepel tiap akhir pekan, dan sebagainya.

Kegiatan sederhana ini bisa meringankan beban orangtua dan mereka bisa punya lebih banyak waktu untuk beristirahat setelah berbagai aktivitasnya yang sudah dilakukan.

4. Menghemat pengeluaran selama Ramadan dan membeli berbagai hal seperlunya saja

5 Hal Sederhana untuk Membahagiakan Orangtua Saat Ramadanunsplash.com/Michael Longmire

Nah, kalau menghemat pengeluaran selama bulan Ramadan adalah suatu hal sederhana yang bisa dilakukan anak rantau maupun anak rumahan supaya gak terlalu membebani biaya yang telah orangtua berikan dari hasil kerja kerasnya.

Sekalipun kamu sudah punya pekerjaan sendiri, sebaiknya kamu menabungnya untuk berbagi dengan orang lain dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di hari raya nanti.

5. Berusaha sabar dan patuh ketika orangtua memanggil dan meminta bantuan

5 Hal Sederhana untuk Membahagiakan Orangtua Saat Ramadanparenting.dream.co.id

Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang orangtua memanggil dan meminta bantuan anaknya untuk melakukan atau membeli berbagai kebutuhan keluarga.

Biar gak merepotkannya, kamu sebaiknya berusaha untuk selalu sabar dan segera menghampiri mereka tatkala dipanggil dan diminta bantuan seperti membeli sesuatu di pasar sekalipun kamu sedang merasa lelah karena banyaknya aktivitas saat berpuasa.

Jika kamu mematuhi perintah mereka pada mereka dengan tulus, hal ini dinilai sebagai ibadah dan kamu akan mendapat pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadan ini sebagaimana janji Allah terhadap orang yang berbakti pada kedua orangtua.

Nah, itulah beberapa hal sederhana yang perlu kamu biasakan khususnya di bulan penuh berkah ini agar kamu bisa panen pahala buat bekal di akhirat nanti.

Pastinya tiap anak punya cara masing-masing untuk membahagiakan kedua orangtua mereka terutama saat momen Ramadan ini. Dan bagi kamu yang orangtuanya telah tiada, janganlah sedih dan kamu bisa lakukan dengan terus mendoakan mereka.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Peace Lover Photo Community Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You