Comscore Tracker

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadar

#RamadanMasaKini Semoga kita semua merasakannya

Banyak hal yang paling ditunggu-tunggu saat Ramadan tiba, salah satunya adalah Lailatul Qadar. Bukan tanpa alasan, malam kemuliaan ini adalah waktu yang sangat dinantikan umat muslim sebab hanya ada setahun sekali serta ketentuan tanggalnya tidaklah tetap setiap tahunnya karena dirahasiakan oleh Allah.

Di samping itu, Lailatul Qadar merupakan malam yang disebut dalam Quran sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan karena beragam keistimewaannya.

Berikut 7 penggalan ayat Quran dan hadits yang menjelaskan tentang keistimewaan Lailatul Qadar.

1. Permulaan diturunkannya Quran ialah pada malam Lailatul Qadar

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadarpixabay.com/falco

Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerangkan bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan dan keutamaannya, sebab pada malam itu adalah permulaan diturunkannya Quran, sebagaimana firman Allah berikut.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan". (QS. Al-Qadar [97]: 1)

2. Lailatul Qadar adalah malam penuh rahmat dan berkah

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadarpixabay.com/Walkerssk

Selain waktu dimana Quran diturunkan, Lailatul Qadar menjadi malam yang penuh rahmat dan berkah. 

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan". (QS. Ad-Dukhan: 3)

3. Turunnya para malaikat termasuk malaikat Jibril saat Lailatul Qadar

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadarpexels.com/Miriam Espacio

Saat Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi termasuk malaikat Jibril atas kehendak Allah untuk mengatur berbagai hal yang telah Allah perintahkan kepada masing-masing dari mereka.

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan". (QS.Al-Qadar [97]: 4)

Baca Juga: Mau Mendapat Keistimewaan Lailatul Qadar? Perhatikan Tandanya!

4. Malam yang lebih baik dari seribu bulan

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadarpexels.com/David McEachan

Sebagian ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Artinya pada saat Lailatul Qadar pahala ibadah tersebut dilipatgandakan seakan-akan orang tersebut beribadah selama seribu bulan atau kira-kira 83-84 tahun. 

Beberapa ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada Lailatul Qadar seperti salat tahajjud, salat tasbih, salat hajat, membaca Quran, berdzikir, maupun ibadah lainnya.

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan". (QS. Al-Qadar [97]: 3)

5. Malam penuh ketenangan dan kesejahteraan sampai terbit fajar

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadarpexels.com/Jonathan Petersson

Dengan keadaan yang penuh dengan ketenangan dan kesejahteraan, Lailatul Qadar secara otomatis akan membuat orang yang beribadah saat itu lebih mudah untuk khusyuk dan menikmati kesunyian malam yang penuh berkah ini.

"Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS. Al-Qadar [97]: 5)

6. Malam dicatatnya takdir selama setahun

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadarunsplash.com/Aaron Burden

Sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya, pada malam Lailatul Qadar tiba, penulisan takdir, ajal serta rejeki dalam setahun akan dirinci di Lauhul Mahfudz.

Sedangkan Imam Nawawi mengatakan bahwa catatan tersebut telah didahului oleh pengetahuan serta penulisan Allah. Kemudian catatan tersebut ditampakkan dan diperlihatkan pada para malaikat lalu mereka akan melaksanakan semua hal sesuai apa yang diperintahkan Allah dalam catatan tersebut.

"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah". (QS. Ad-Dukhan: 4)

7. Allah akan mengampuni dosa-dosa orang yang beribadah saat Lailatul Qadar

7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul QadarKiblat.net

Selain pahala berlipat ganda yang akan didapatkan oleh orang yang beribadah pada Lailatul Qadar, Allah juga akan mengampuni dosa-dosa yang telah lampau bagi orang yang beribadah dengan ikhlas dan yakin bahwa Allah Maha Menepati Janji .

"Barangsiapa salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni". (HR. Bukhari no. 1901)

Itulah beberapa kutipan Quran dan hadits yang menerangkan tentang betapa istimewanya Lailatul Qadar. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung dan bisa meraih kesempatan untuk menikmati indahnya beribadah saat Lailatul Qadar.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Peace Lover Photo Community Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You