Comscore Tracker

Awali Pagimu dengan 6 Hal Ini, Bikin Semangat Seharian

Semangat pagi adalah moodbooster terkuat di sepanjang harimu

Dalam menjalani aktivitas seharian penuh, seringkali kita mempunyai energi dan semangat yang membara di pagi hari untuk beraktivitas tapi tak jarang pula dalam beberapa jam kemudian sudah merasa lelah dan loyo.

Selain asupan gizi yang cukup, pola pikir dan kebiasaanmu saat baru bangun pagi ternyata juga sangat berpengaruh serta menjadi penentu semangat tidaknya kamu menjalani rutinitas sejak pagi hingga larut malam. Dengan begitu, 5 tips di bawah ini bisa kamu coba untuk memulai pagimu dengan kebiasaan positif hingga kamu terus dipenuhi semangat dan bahagia dalam beraktivitas.

1. Bangun tidur lebih awal

Awali Pagimu dengan 6 Hal Ini, Bikin Semangat Seharianunsplash.com/Ethan Sykes

Banyak orang sukses yang menjadikan bangun pagi lebih awal sebagai kebiasaan yang gak pernah mereka sepelekan. Contohnya di Amerika yang dikenal negara Metropolitan, bangun pagi sebelum matahari terbit bukanlah kebiasaan yang asing lagi karena mereka percaya bahwa hal ini cenderung memberikan efek yang positif untuk memulai hari dan menggapai mimpinya.

Begitu juga kamu, jadikanlah kebiasaan bangun pagi lebih awal supaya kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai kewajiban, seperti kewajiban agama yaitu sholat subuh maupun kewajiban lainnya.

2. Berdoa dan mengucap syukur di saat baru bangun tidur

Awali Pagimu dengan 6 Hal Ini, Bikin Semangat Seharianinspiradata.com

Tuhan selalu memberi nikmat dan berkah yang tiada batasnya pada masing-masing manusia yang patut disyukuri. Setiap bangun tidur, berdoa dan mengucapkan rasa syukur adalah hal pertama yang wajib kamu lakukan. Kebiasaan ini memang perlu kamu lakukan sebab tak sedikit di antara jutaan manusia yang tidur di malam hari tapi sudah gak bernafas lagi di pagi harinya.

3. Tataplah cermin kemudian katakan kalimat apa pun yang bisa jadi moodbooster terhadap dirimu

Awali Pagimu dengan 6 Hal Ini, Bikin Semangat Seharianpexels.com/bruce mars

Sesudah berdoa dan berucap syukur, cobalah menatap cermin lalu katakan beberapa kalimat sederhana yang sekiranya bisa jadi moodbooster untuk dirimu sertamampu memotivasimu untuk selalu bersyukur dan bersabar dalam menjalani hari. Misalnya, "Saya cinta diri saya!", "Saya sangat bahagia!", dan "Saya pasti bisa!".

Baca Juga: 7 Film Tentang Suka Duka di Dunia Kerja Ini Bikin Semangat Lagi

4. Jangan cari handphone dulu saat baru terbangun

Awali Pagimu dengan 6 Hal Ini, Bikin Semangat Sehariandramabeans.com

Smathphone memang menjadi kebutuhan bagimu dalam mengetahui berbagai informasi yang kamu butuhkan. Tapi sebaiknya kamu jangan langsung mencari dan menggunakan smartphone dulu tatkala baru terbangun dari tidur kecuali ada yang menelepon kamu atau sekadar mematikan alarm.

Kebiasaan ini memang patut dihindari sebab terkadang ada saja info atau hal negatif yang kamu dapatkan setelah membaca atau melihat sesuatu di smathphone sehingga membuat mood  kamu menurun secara drastis untuk semangat dan terus bangkit memulai hari.

5. Berolahraga pagi meski hanya dalam waktu singkat

Awali Pagimu dengan 6 Hal Ini, Bikin Semangat Seharianunsplash.com/Tomasz Wozniak

Gak harus ke tempat Gym, kamu juga bisa berolahraga dengan gerakan sederhana di depan halaman rumah meski hanya selama 10 atau 15 menit. Hal ini sangat penting, selain mampu memberi fungsi berupa "detox" bagi tubuhmu, yaitu membuang racun yang ada dalam tubuhmu yang muncul di waktu tidur, rajin olahraga juga bisa memberi energi positif dan meningkatkan mood melalui suasana yang tenang serta udara yang fresh.

6. Membuat planning simple terkait apa yang akan kamu lakukan selama seharian penuh

Awali Pagimu dengan 6 Hal Ini, Bikin Semangat Seharianpexels.com/rawpixel.com

Hal terakhir yang sangat penting kamu lakukan di pagi hari adalah membuat planning berupa to do list mengenai rutinitas yang akan kamu lakukan selama 24 jam supaya kamu memiliki tujuan serta bisa menjadikan waktu yang kamu habiskan dengan diisi kegiatan produktif.

Sekalipun kamu sebelumnya sudah membuat planning baik rencana tahunan maupun mingguan, kamu seyogyanya mempertimbangkan kembali terkait planning yang udah kamu buat itu sebagai tindak lanjut apakah tetap baik untuk dilakukan atau tidak. Berhubung kenyataan dan keadaan yang kamu alami saat ini terkadang gak sesuai dengan target maupun rencana yang udah kamu buat.

Nah, itulah 6 hal yang perlu kamu biasakan sehabis bangun tidur supaya mampu memulai harimu dengan penuh rasa syukur dan sabar serta meminimalisir rasa jenuh dan merasa tertekan saat beraktivitas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak Bersemangat

Peace Lover Photo Community Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You