Comscore Tracker

Gak Cuma Bullying, 5 Ucapan Baik Ini Juga Bikin Orang Lain Kesal

Kata yang menurutmu baik belum tentu bikin orang lain nyaman

Setiap kata yang diucapkan terkadang menggambarkan karakter kamu dan menentukan respon orang lain padamu setelah melontarkannya.

Kalau perkataannya buruk, maka gak mustahil orang yang kamu ajak ngobrol merasa tersinggung dan tersakiti padamu. Sebaliknya, jika perkataanmu baik, kemungkinan orang lain akan simpati dan merasa nyaman saat ngobrol denganmu.

Namun siapa sangka, meskipun kamu sudah menganggap bahwa ucapan yang kamu sampaikan sudah baik pada orang lain, ternyata justru malah bikin orang lain kesal dan kecewa lho. Nih 5 jenis ucapannya.

1. Mudah meminta maaf saat berbuat salah namun selalu mengulanginya

Gak Cuma Bullying, 5 Ucapan Baik Ini Juga Bikin Orang Lain Kesalunsplash.com/Sebastian Hermann

Manusia emang tak pernah luput dari salah dan saat melakukan kesalahan baik sengaja atau tidak, meminta maaf pada orang yang tersakiti adalah cara terbaik agar hubungan kita dengan orang lain khususnya orang terdekat kembali baik.

Tapi perlu diingat, sekalipun kamu mudah meminta maaf tapi di sisi lain kamu juga harus berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Kalau kamu terbiasa meminta maaf tanpa usaha sedikit pun supaya gak mengulangi kesalahan itu lagi, wajar aja kalau orang lain malah kesal dan ilfil atas tingkahmu itu.

2. Selalu meminta tolong bahkan dalam hal sepele yang masih kamu mampu jika diusahakan

Gak Cuma Bullying, 5 Ucapan Baik Ini Juga Bikin Orang Lain Kesalunsplash/Alexis Brown

Masing-masing orang pastinya tidak ada yang gak pernah butuh bantuan orang lain. Sebab itu, meminta bantuan pada orang sekitar terutama orang yang kamu kenal dalam berbagai hal emang sesuatu yang wajar kamu lakukan. Asalkan kamu emang benar-benar kepepet atau kamu gak sanggup untuk melakukan hal tersebut dan sudah berusaha semampu kamu.

Tapi jika kamu terbiasa meminta bantuan dalam hal yang sangat remeh dan kamu masih sanggup melakukannya, maka orang lain justru malah akan kesal dan kecewa padamu serta mengira bahwa kamu sosok yang manja dan gak mandiri apalagi orang yang kamu minta tolong juga sedang banyak urusan.

Baca Juga: Bukan dengan Ucapan, Ini 5 Cara Orang Introvert Mengungkapkan Cintanya

3. Senang memuji dan menyanjung orang lain atas keistimewaannya secara berlebihan

Gak Cuma Bullying, 5 Ucapan Baik Ini Juga Bikin Orang Lain Kesalunsplash.com/rawpixel

Ketika orang terdekatmu sedang mendapat prestasi atau impiannya tercapai, pujian atau sanjungan adalah ucapan baik yang biasa kita ucapkan padanya sebagai bentuk rasa simpati kita atas prestasinya.

Namun siapa sangka, sebenarnya banyak orang yang justru malah merasa ilfil pada kamu dan menganggap kamu alay jika kamu sering menyanjungnya secara berlebihan. Jadi, sebaiknya biasakan untuk memuji orang lain dalam batas wajar ya.

4. Suka menjawab "siap" untuk menerima permintaan tolong orang lain sampai mengabaikan urusanmu sendiri

Gak Cuma Bullying, 5 Ucapan Baik Ini Juga Bikin Orang Lain Kesalunsplash.com/Kenan Buhic

Dalam menyelesaikan tugas sehari-hari entah di kantor atau sekolah, kamu tentunya seringkali menemukan teman yang meminta bantuan padamu untuk menyelesaikan tugasnya. Dan kamu pun terkadang menjawab "iya, saya sanggup" agar kamu bisa jadi teman yang baik dan saling peduli satu sama lain.

Tapi kalau melampaui batas gak baik juga kan? Kalau kamu termasuk tipe orang yang pandai mengatur waktu buat menyelesaikan kewajibanmu sendiri, hal ini gak terlalu berisiko bagimu.

Namun jika kamu belum bisa me-manage waktumu sendiri dengan baik malah akan membuat tugas temanmu yang kamu bantu hasilnya gak maksimal dan dia bisa menganggapmu sebagai orang yang "sok sanggup" bahkan kepercayaan dirinya padamu bisa sirna begitu saja.

5. Ucapan berisi nasihat pada orang lain yang disampaikan dengan cara menyindir

Gak Cuma Bullying, 5 Ucapan Baik Ini Juga Bikin Orang Lain Kesalpixabay/Free-Photos

Saling mengingatkan tatkala melakukan kesalahan juga merupakan hal baik yang mesti kita lakukan pada orang lain meskipun kita penuh dengan kekurangan. Selama nasihat tersebut diucapkan dengan cara dan waktu yang tepat, orang yang dinasihati akan merasa bersalah dan berusaha gak mengulanginya lagi.

Namun kalau kamu menasihati orang lain dengan cara menyindir seperti menyampaikannya pada lawan bicara di sampingmu yang sebenarnya bukanlah dia orang yang ingin kamu nasihati. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar dia akan kesal serta kecewa padamu dan secara gak langsung kamu bukan malah dikira menasihatinya, tapi mengejeknya.

Itulah beberapa jenis ucapan yang baik namun justru malah membuat orang lain kesel karena kamu mengucapkannya dengan cara, waktu, maupun tempat yang kurang tepat. Sebisa mungkin jangan dibiasakan ya.

Baca Juga: 8 Ucapan Negatif yang Mengindikasikan Mentalmu Sedang Tidak Sehat

Peace Lover Photo Community Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You