Comscore Tracker

Stop Minder, Renungkan 5 Hal Ini Saat Reputasimu Terlanjur Buruk 

Cinta Tuhan padamu lebih utama daripada penilaian orang

Salah satu tujuan utama manusia selama hidup di dunia adalah berguna bagi orang lain. Sebagai balasannya, orang yang baik dan bermanfaat bagi sesama akan dikagumi dan disukai banyak orang. Namun siapa sangka, tak jarang rasa kagum banyak orang pada dia yang selalu memberi manfaat akan sangat rentan sirna tatkala kesalahan atau aibnya mulai tersebar hingga reputasinya berubah jadi buruk.

Tapi jangan khawatir, kalau kamu mengalami hal itu, sebaiknya kamu renungi 5 hal ini biar semangatmu bangkit kembali saat reputasimu terlanjur rusak.

1. Sebaik apapun, tiap orang tetap akan mempunyai masa lalu yang buruk

Stop Minder, Renungkan 5 Hal Ini Saat Reputasimu Terlanjur Buruk unsplash/Daan Moij

Banyak dari kita awalnya mengira bahwa seseorang yang sukses dalam aspek ekonomi, sosial bahkan spiritualnya belum pernah melakukan kekhilafan sejak dia kecil. Tapi faktanya, semua orang sukses juga pernah mengalami masa di mana dia sangat terpuruk sebab kegagalan dan kesalahannya yang telah diperbuat.

Dengan begitu, orang yang paling hina sekalipun di mata orang lain masih tetap punya banyak kesempatan untuk berubah jadi lebih baik.

2. Tujuan hidupmu bukan untuk membuat setiap orang suka padamu

Stop Minder, Renungkan 5 Hal Ini Saat Reputasimu Terlanjur Buruk pixabay/doodleroy

Sehina atau sebaik apapun, pujian dan hinaan dari orang lain adalah 2 hal yang selalu didapatkan oleh tiap manusia. Nah, untuk menyikapinya dengan baik, kita juga perlu melakukan 2 hal yang patut kita biasakan, yaitu sabar saat menerima musibah dan syukur di saat mendapat nikmat.

Baca Juga: Jangan Pesimis, 6 Renungan Buat yang Merasa Kerja Keras Gak Dihargai

3. Biar lebih tenang, abaikan penilaian buruk apapun yang orang lain pikirkan tentangmu

Stop Minder, Renungkan 5 Hal Ini Saat Reputasimu Terlanjur Buruk pixabay/StockSnap

Bersikap bodo amat pada penilaian negatif orang lain padamu memang terkadang sangat diperlukan. Terlebih jika apa yang mereka katakan tidaklah benar. Diam adalah cara terbaik tanpa perlu membalas mereka dengan hal negatif juga.

4. Sadari bahwa masih banyak orang yang sangat mencintai dan mendukungmu

Stop Minder, Renungkan 5 Hal Ini Saat Reputasimu Terlanjur Buruk pixabay/Dan_Park

Sejahat dan sehina-hinanya seseorang, masih banyak orang yang mencintai dan mendukung untuk berjuang demi memperindah masa depannya. Selama seseorang merasa sendiri dan gak ada seorangpun yang peduli padanya, hal ini terlebih dulu perlu dia sadari.

Sebab rasanya sangat mustahil kalau ada orang di dunia ini yang mana tidak ada seorangpun yang peduli dan sayang padanya. Sekalipun ada, mungkin ada seseorang yang secara diam-diam merasa iba dan sayang padanya, benar kan guys?

5. Percayalah bahwa Tuhan sedang rindu padamu dan menghendakinya supaya kamu lebih mendekatkan diri pada-Nya

Stop Minder, Renungkan 5 Hal Ini Saat Reputasimu Terlanjur Buruk pixabay.com/StockSnap

Bukan gak mungkin kalau Tuhan jadikan reputasimu rusak di mata banyak orang karena itu adalah cara terbaik dan paling bijaksana agar kamu secara perlahan mengurangi rasa berharap kamu yang berlebihan pada makhluk ciptaan-Nya dan lebih mendekatkan diri pada-Nya.

Teruslah membiasakan positive thinking pada kehendak Tuhan terhadap hal buruk yang kamu alami sebab apa yang Tuhan kehendaki padamu sesuai dengan prasangka atau dugaanmu pada-Nya.

Jadi gak ada alasan lagi buat kamu patah semangat meski reputasimu di mata orang lain sedang tidak baik kan? kalau kamu berani berubah dan memperbaiki kekhilafanmu selama ini, maka semua itu hanya bersifat sementara kok.

Baca Juga: Pikir Dulu, 6 Hal yang Harus Direnungkan Sebelum Menghakimi Orang Lain

Peace Lover Photo Verified Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya