Comscore Tracker

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal Ini

Biasa jadi netizen sih, bisanya cuma nge-judge

Kalau urusan nge-judge sesuatu sih, netizen memang jagonya. Kalau dipikir-pikir, mereka nggak tau lho bagaimana realitanya. Tapi hanya karena melihat dari salah satu sudut pandang saja, alhasil mereka dengan mudahnya ‘dikompori’. Mulai sekarang jadi millennial yang lebih kritis yuk, kamu harus bisa memilah mana yang benar mana yang salah. Apalagi kalau untuk masa depan kita! Salah persepsi, bisa fatal lho.

1. Saat awal kenalan dengan seseorang, siapa tau itu jodoh kita lho

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniShutterstock/tuaindeed

Ngakunya bosan jomblo, tapi kalau ada seseorang yang mendekati eh kamu malah jual mahal. Entah apa alasannya, tapi kalau IDN Times simpulkan kalau kamu sebenarnya ingin terkesan punya fans yang emang cinta mati denganmu, atau sebenarnya dia bukan tipe kamu. Ingat pepatah pernah mengatakan “cintailah orang yang mencintaimu”, siapa tau ternyata itu jodoh kamu lho. Nggak ada salahnya kok untuk jalani dulu.

2. Saat hadapi tes, siapa tau kamu bisa lulus dengan mulus

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniShutterstock/tuaindeed

Siapa yang dulu waktu sekolah sering banget takut nggak bisa mengerjakan ujian? Sebenarnya sampai sekarang pun kita tanpa sadar masih sering hadapi ‘ujian’ lho. Misalnya, tiba-tiba kamu disuruh bos untuk presentasi di depan klien. Jangan gugup deh pokoknya, bisa jadi kamu malah tersugesti dengan mindset itu. Kalau perlu, kamu judge yang positif aja ke diri sendiri. Itu jauh lebih baik!

3. Saat punya pasangan LDR, siapa tau si dia setia lho

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniShutterstock/Odua Images

Kamu tim yang bisa LDR atau justru sebaliknya? Kayaknya hanya sebagian kecil ya yang percaya hubungan jarak jauh ini. Di sini IDN Times cuma mau mengingatkan kamu hai para pejuang LDR, kalau sebenarnya belum tentu pasanganmu itu selingkuh seperti yang kamu bayangkan. Percayalah, itu hanya kekhawatiran seseorang yang nggak percaya diri.

Siapa sih yang mau pilih LDR? Tapi kalau sudah ada tugas, ya mau gimana lagi? Tuh buktinya para Culture Change Agent (CCA) dari Pertamina bahkan ada yang rela jauh dari keluarga buat kerja sekaligus buat membangun budaya positif perusahaan seperti budaya Clean. Nilai ini pastinya berlaku tidak hanya buat diri sendiri agar bisa dipercaya, tapi juga buat perusahaan. Jauh-jauh deh dari korupsi dan nepotisme. Utamakan bekerja dengan profesional, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Memang membangun kepercayaan itu gampang-gampang susah ya.

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniIDN Times/Pertamina

Clean itu 1 dari 6C yang jadi tata nilai di Pertamina selain Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable. Tentunya, nilai-nilai ini menjadi pedoman perilaku bagi seluruh pekerja dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan juga menjadi budaya di perusahaan. Jadi menjalankan bisnis secara Clean memang menjadi hal penting untuk membangun kepercayaan tadi. Termasuk para CCA yang LDR tadi ya, semuanya profesional, menjunjung tinggi kepercayaan, dan berintegritas. Kalau nggak percaya, cek info selengkapnya di sini ya!

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniIDN Times/Dok. Istimewa

Bonus nih buat kamu, inilah deretan agent yang tergabung dalam CCA Pertamina. Duh, kalau bisa dipercaya kayak gini sih kamu pasti nggak khawatir yaa LDR berlama-lama?

4. Saat beli barang online, siapa tau harga murah tapi kualitas nggak murahan

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniShutterstock/Tirachard Kumtanom

E-commerce rasanya nggak pernah bosan nih kasih promo menarik. Tapi sayang ya kalau kamu ternyata salah satu orang yang nggak percaya dengan kualitas barang yang dibeli secara online. Jangan judge dulu, kapan lagi kamu bisa beli barang dengan harga murah tapi kualitas nggak murahan? Kamu harus pintar dalam menyeleksi barang dan juga online shop-nya, selama keduanya punya reputasi yang baik, belanjaan kamu aman kok!

5. Saat ada orang berpakaian rapi, siapa tau dia orang jahat

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniShutterstock/pixs4u

“Don’t judge the book by its cover”. Tanpa IDN Times jelaskan pun, kamu pasti paham betul kalau kita nggak boleh menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja. Tapi, kamu juga nggak boleh terlalu percaya dengan seseorang yang nggak kamu kenal. Siapa tau orang berpakaian rapi bak eksekutif muda, eh ternyata punya modus copet atau hipnotis. Sekarang zaman udah nggak bisa diprediksi lagi guys, harus tetap waspada ya di mana pun kamu berada.

6. Saat makan di kaki lima, siapa tau rasa bintang lima

Jangan Bisanya Cuma Nge-judge dan Julid, Apalagi di 6 Hal IniShutterstock/Mohd Syis Zulkipli

Jalan sedikit, harus makan di restoran mewah. Jalan sedikit, harus makan menu western. Jalan sedikit, harus mash potato. Lalu, kapan kamu cinta cita rasa Indonesia? Jangan underestimate dengan masakan Indonesia, wisatawan asing aja mengakui kalau kuliner kita ini ‘berani’ akan bumbu. Sekali-kali kamu coba deh berhenti di pinggir jalan, dan makan di salah satu tenda kaki lima. Tempatnya sih boleh kaki lima, tapi cita rasanya nggak kalah kayak restoran bintang lima kok. Murah meriah lagi, mau nambah porsi juga aman kok dompetmu, tenang!

Dari 6 hal di atas, kamu lebih sering judge yang mana nih? Awas, nanti kamu nyesel lho!

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Just For You