Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Teman yang Super Egois

Kamu sama temenmu, siapa yang lebih egois?

Setiap orang memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda, terkadang mereka punya sifat yang cocok denganmu atau justru sebaliknya. Tapi rasanya kesel banget ketika tau kalau temanmu punya sifat yang super egois atau mau menang sendiri. Untuk urusan ini, kamu gak boleh langsung ‘tancap gas’ alias ngotot ke mereka, percuma. Mendingan hadapi dengan lima tips ini, siapa tau berhasil.

1. Jangan mengaturnya, cari waktu yang tepat

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Teman yang Super EgoisShutterstock/interstid

Kalau kamu ngerasa bisa handle dia, kamu salah. Orang yang egois kayak gini justru gak pernah mau diatur oleh orang lain. Kalau kamu masih bersikeras untuk pendekatan dengan dia, kamu harus pintar-pintar cari waktu. Jangan pernah masuk ketika dia lagi emosi, soalnya percuma. Cobalah cari momen di mana dia lagi rileks atau dalam mood yang senang, dia lebih mudah menerimanya.

2. Cari kesamaan antara kamu dan dia

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Teman yang Super EgoisShutterstock/interstid

Ngerasa dia egois dan kamu paling gak suka sama tipe orang yang kayak gitu? Jangan langsung dijauhin ya! IDN Times yakin, kalian berdua pasti punya satu kesamaan yang terpendam. Coba kulik lagi, mungkin kalian punya selera musik atau film yang sama. Kesamaan di antara kalian ini justru jadi sinyal persahabatan baginya. Tuh, jadi punya temen ‘kan sekarang? Jangan tambah musuh deh.

3. Tenangkan diri sebelum ajak bicara

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Teman yang Super EgoisShutterstock/KaptureHouse

Sifat egosentris biasanya ditandai dengan ketidakpedulian seseorang, terutama ketika mereka berbicara. Ibaratnya, kamu harus siap dengan apapun yang keluar dari mulutnya, meski pahit sekalipun. Jangan langsung dimasukan dalam hati, yang ada kamu malah jadi sakit hati dan memilih untuk menjauhinya. Ajaklah dia bicara ketika kamu lagi tenang.

4. Gak perlu banyak bicara, tapi langsung action

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Teman yang Super EgoisShutterstock/jesterpop

Ada yang bilang kalau karakter seseorang gak akan bisa kamu ubah dalam waktu singkat, tapi sebenarnya bisa kok bahkan tanpa perlu banyak bicara. Teman yang egois biasanya merasa dialah yang paling benar. Coba deh sekali-kali kamu diam seribu bahasa, tapi lakukan sesuatu. Percaya deh, dia justru jadi mikir. Ini salah satu trik supaya dia bisa berpikir sekaligus introspeksi, apakah ada yang salah dengan dirinya.

Ini persis kayak yang dilakukan Vira ke Dani di web series garapan Pertamina, berjudul “Tepian Kelana”. Sekarang udah masuk episode 3 lho. Spoiler sedikit ya, di episode 3 ini, Dani dengan kesoktahuannya, justru menjerumuskan mereka di tengah hutan di Kalimantan. Kira-kira, tujuan mereka mau ke mana sih, dan apakah mereka bisa keluar dari hutan tersebut?

https://www.youtube.com/embed/0VAAuJmaQbs

Yuk tonton web series-nya di sini ya!

5.Selipkan sedikit humor receh

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hadapi Teman yang Super EgoisShutterstock/William Peruginiq

Terakhir nih dan biasanya ini paling manjur, cobalah untuk kasih dia jokes sereceh apa pun itu. Hari gini siapa sih yang gak suka hiburan? Termasuk temen kamu itu. Ini berguna banget buat kamu yang pengen coba untuk bonding dengan mereka. Lihatlah apakah dia suka dengan becandaan seperti itu? Kalau sampai dia ikut tertawa, berarti gak susah ‘kan buat naklukin teman yang super egois?

Lebih baik mencari teman ‘kan dibandingkan cari musuh?

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Vika Widya Alfianti

Berita Terkini Lainnya