Comscore Tracker

Sebar Kebaikan, Ini 5 Cara Simpel Jadi Moodbooster Bagi Orang Lain

Simpel, tapi sangat berarti bagi orang lain

Tidak bisa dipungkiri, dunia ini tidak hanya berisi hal-hal positif, tapi juga beragam hal negatif. Banyak orang yang ditimpa masalah keluarga, problem ekonomi, penyakit, dan sebagainya. Semua hal itu membuat mereka sedih dan stres. Kamu tentu iba melihat kenyataan itu, dan bisa jadi kamu berharap bisa sedikit memberikan keceriaan pada orang-orang di sekitarmu.

Tapi apa daya, mungkin kamu bingung harus berbuat apa. "Aku gak bisa bantu apa-apa atau kasih apa-apa," begitu mungkin pikirmu. Nah, sebenarnya ada lho yang bisa kamu lakukan buat mereka. Tanpa perlu banyak modal, kamu bisa menyebarkan aura positif bagi orang-orang di sekitarmu, menjadi moodbooster yang mengangkat semangat mereka dalam menjalani hidup.

Caranya? Dengan melakukan 5 hal simpel berikut ini. Check it out.

1. Tersenyum

Sebar Kebaikan, Ini 5 Cara Simpel Jadi Moodbooster Bagi Orang Lainunsplash.com/@seteales

Tersenyum adalah cara paling mudah dan murah untuk menyebarkan energi positif kepada orang lain. Tapi jangan hanya tersenyum kepada orang yang kamu kenal, cobalah untuk tersenyum kepada orang-orang yang tidak kamu kenal yang kamu temui dalam aktivitasmu sehari-hari. Satpam, petugas kebersihan, penjaga toko, tukang sayur, petugas pom bensin, siapa pun.

Awalnya mungkin terasa canggung, terutama jika kamu belum pernah melakukannya. Tapi tidak apa-apa, terus saja lakukan dan kamu akan terbiasa. Mungkin tidak semua orang akan membalas senyumanmu, tapi apakah itu berarti kamu rugi? Apakah kamu jadi "buang-buang tenaga" karena tersenyum tanpa mendapat balasan? Tentu tidak bukan? Jadi kenapa harus ragu? Berikan senyum terbaikmu!

2. Ajak orang lain mengobrol

Sebar Kebaikan, Ini 5 Cara Simpel Jadi Moodbooster Bagi Orang Lainpsychologytoday.com

Setelah tersenyum, kamu bisa melanjutkannya dengan mengajak orang lain mengobrol tentang hal-hal positif, tentunya jika orang itu tidak sedang sibuk. Memang, saat berada di tempat umum, banyak orang lebih senang terpaku pada gadgetnya daripada mengobrol. Tapi itu adalah salah satu cara simpel untuk menjadi moodbooster bagi orang lain, jadi kenapa tidak?

Kapan kamu bisa mencobanya? Misalnya saat naik taksi atau ojek online, cobalah memulai percakapan yang positif dengan si pengemudi. Atau saat berada di bus atau kereta, coba mulai obrolan dengan bertanya, "Mau kemana, bu?" pada orang di sebelahmu. Kesempatan lain yang cocok adalah saat sedang duduk di ruang tunggu bandara atau rumah sakit.

Tapi bagaimana jika orang yang kamu ajak bicara tidak menanggapi? Tidak masalah, yang penting kamu sudah mencoba. Dan ini sedikit trik: coba ajak bicara orang-orang yang sudah berumur, karena mereka biasanya lebih ramah.

Percayalah, membicarakan hal-hal positif tidak hanya akan mengangkat mood orang lain, tapi juga mood-mu sendiri.

Baca Juga: Bosan Nonton Drakor? 7 Variety Show Ini Cocok Jadi Moodbooster

3. Ucapkan permisi, maaf, tolong, dan terima kasih

Sebar Kebaikan, Ini 5 Cara Simpel Jadi Moodbooster Bagi Orang Laintheonion.com

Mungkin kedengarannya klise, tapi mengucapkan kata permisi, maaf, tolong, dan terimakasih memang sangat efektif untuk menyebar energi positif bagi orang lain. Biasakan untuk selalu mengucapkan kata-kata tersebut bukan hanya kepada orang yang kamu kenal saja, tapi kepada semua orang.

Ucapkan permisi saat kamu berjalan di depan sekelompok orang yang sedang duduk santai. Ucapkan maaf ketika kamu tidak sengaja menginjak kaki seseorang saat berdesak-desakkan di dalam commuter line. Ucapkan tolong saat kamu minta dibuatkan kopi oleh office boy di kantor. Dan ucapkan terimakasih kepada kasir minimarket setelah kamu selesai berbelanja.

Mengucapkan hal-hal itu bisa punya dampak yang lebih hebat dari yang kamu kira. Orang-orang yang kamu temui mungkin sangat jarang mendengar orang lain mengatakan hal-hal itu pada mereka. Dengan kamu melakukannya, mereka jadi sadar bahwa masih ada orang-orang baik di dunia ini, hingga mereka pun jadi lebih semangat dalam menjalani hidup.

Selain itu, mungkin mereka sendiri tidak terbiasa mengucapkan kata-kata itu dalam kesehariannya. Nah, contoh baikmu bisa membuat mereka tergerak untuk mengucapkan hal yang sama pada orang-orang lain, sehingga mood positif pun semakin tersebar. Luar biasa bukan?

4. Berikan bantuan sederhana kepada orang yang membutuhkan

Sebar Kebaikan, Ini 5 Cara Simpel Jadi Moodbooster Bagi Orang Laindailymail.co.uk

Bantuan yang bermanfaat tidak harus berupa hal besar. Kadang bantuan yang sederhana justru bisa sangat berarti bagi orang yang membutuhkannya. Misalnya, memberikan tempat duduk di kereta kepada seorang nenek mungkin tampak biasa saja. Tapi siapa tahu, mungkin bagi si nenek hal itu sangat berarti karena ia memiliki penyakit di kakinya hingga tidak sanggup lama berdiri.

Begitu pula dengan bantuan sederhana lain. Ketika kamu menahan pintu elevator tetap terbuka untuk orang lain yang ingin masuk, mungkin hal itu sangat berarti bagi orang tersebut karena ia sedang terburu-buru. Ketika kamu menghibur balita yang menangis hingga akhirnya diam, bisa jadi itu sangat melegakan bagi ibunya yang sudah lelah dan stres karena anaknya rewel.

Jadi, setiap kali kamu melihat kesempatan untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, jangan ragu untuk melakukannya. Bantuan sederhana darimu bisa sangat berarti bagi orang lain dan membuat mereka gembira. Dan ingat pepatah "kita menuai apa yang kita tabur"? Artinya, suatu saat nanti kamu pasti akan mendapat balasannya berupa pertolongan saat kamu membutuhkannya.

5. Buat pekerjaan orang lain menjadi lebih mudah

Sebar Kebaikan, Ini 5 Cara Simpel Jadi Moodbooster Bagi Orang Lainyelp.com

Ada orang-orang yang pekerjaannya adalah memberikan pelayanan bagi orang lain. Mereka dibayar untuk itu, jadi mungkin kamu bertanya-tanya buat apa kamu mempermudah pekerjaan mereka. Alasannya simpel: karena itu adalah salah satu cara gampang untuk menyebarkan mood positif kepada orang lain.

Misalnya, ketika memesan ojek online, kamu memang punya hak untuk menunggu di rumah sambil duduk di sofa yang empuk. Tapi kenapa tidak berjalan ke luar rumah dan menunggu di tempat yang lebih mudah ditemukan? Sedikit pengorbanan energi di pihakmu, tapi tidak akan membuatmu kelelahan bukan? Sang driver ojek online pasti akan sangat senang jika kamu mau melakukan itu.

Masih ada banyak contoh lain. Ketika selesai makan di restoran, coba tumpuk alat-alat makanmu supaya pelayan lebih mudah membereskannya. Setelah nonton bioskop, bawa pergi sampahmu dan buang di luar supaya tidak menambah berat kerja petugas kebersihan. Selain membawa energi positif, melakukan hal-hal itu juga adalah bukti bahwa kamu menghormati profesi orang lain.

Itu tadi 5 contoh simpel cara menyebarkan mood positif bagi orang lain. Gimana, ternyata gak sulit kan melakukannya? Jadi tunggu apa lagi? Ayo sebarkan kebaikan bagi orang-orang di sekitar kita!

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Semangat Hadapi Masalah Saat Bad Mood Melanda!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You