Comscore Tracker

5 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Sadari Seraya Jadi Dewasa

Kamu harus rela menerima kenyataan ini supaya bisa bahagia

Saat kamu mengenang kembali kehidupanmu pada masa kecil dulu, hal apa yang kamu ingat? Banyak orang memiliki masa kecil yang relatif bahagia, maka biasanya mereka akan mengenang masa kecilnya sebagai masa-masa paling menyenangkan dalam hidup. Rasanya gak ada beban dalam hidup, selalu disayang semua orang, dan hal-hal yang indah gak pernah berakhir.

Tapi seraya beranjak dewasa, kamu pasti menyadari bahwa kehidupan nyata tidaklah seindah itu. Misalnya 5 hal berikut ini, yang memang harus kamu sadari tentang hidup. Semakin cepat kamu menyadarinya, semakin bagus. Karena dengan demikian kamu bisa segera menerima kenyataan dengan ikhlas dan rela.

1. Kamu gak bisa menyenangkan semua orang

5 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Sadari Seraya Jadi Dewasapexels/Vera Arsic

Menjadi orang yang disukai orang banyak pasti menyenangkan. Kamu punya banyak teman, gak ada musuh, dan tidak ada orang yang ingin menyakitimu. Tapi kamu mungkin sudah sadar bahwa hal itu mustahil terjadi.

Kenyataannya adalah bahwa sebaik apapun seseorang, pasti akan ada saja orang yang gak suka padanya. Kamu gak bisa menyenangkan semua orang, gak peduli sekeras apapun usahamu. Memahami kenyataan ini bisa bermanfaat karena kamu jadi gak capek sendiri mencoba menyenangkan semua orang, karena hal itu memang tidak akan mungkin terjadi.

2. Orang terdekat justru punya kemungkinan terbesar untuk menyakitimu

5 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Sadari Seraya Jadi Dewasapexels/pixabay

Sadarkah kamu bahwa semakin dekat dirimu dengan seseorang, semakin besar kemungkinan orang tersebut menyakitimu? Itu adalah kenyataan yang gak bisa dibantah. Gak ada orang yang sempurna, maka orang-orang terdekatmu pasti cukup sering menyakitimu entah sengaja atau tidak.

Bukan karena mereka gak sayang padamu. Tapi karena kamu sering bergaul dengan mereka, hingga semakin besar pula kemungkinan mereka menyakitimu. Maka kalau kamu disakiti oleh orang-orang terdekat, gak perlu heran. Itu hanyalah bukti dari kenyataan yang harus kamu terima.

3. Gak ada yang instan

5 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Sadari Seraya Jadi Dewasapexels/energepic.com

Semasa kanak-kanak atau remaja, kamu pasti pernah berkhayal mendapatkan semua hal yang kamu mau tanpa usaha. Bahkan mungkin sekarang pun kamu masih suka berkhayal seperti itu. Khayalan semacam itu memang menyenangkan, tapi kenyataan hidup mengajarkan bahwa semua hal di dunia ini butuh proses.

Gak ada hal positif yang bisa terjadi secara instan. Bahkan keinginan makan mie instan saja gak akan tiba-tiba terwujud kalau kamu hanya goleran di kasur. Apalagi hal-hal lain yang lebih besar dari itu. Maka kenyataan itu harusnya membuatmu sadar untuk selalu mau bekerja keras tanpa pernah malas supaya semua keinginanmu bisa jadi kenyaatan.

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Kamu Belum Dewasa Walaupun Sudah Bertambah Usia

4. Ada hal-hal yang gak bisa kamu ubah

5 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Sadari Seraya Jadi Dewasapexels/Tess Emily Seymour

Kenyataan hidup juga pasti menyadarkanmu bahwa ada banyak hal di dunia ini yang gak akan bisa kita ubah, sekeras apapun usaha kita. Contoh sederhananya adalah soal jodoh. Kamu bisa berusaha mati-matian untuk mendapatkan orang yang kamu cintai. Tapi kalau kenyataannya dia bukan jodohmu, kamu mau bilang apa?

Dengan menyadari hal itu, maka sebaiknya kamu membiasakan diri menerima kenyataan pahit seperti itu. Menangis darah pun gak ada gunanya, karena kenyataan itu tetap gak akan berubah. Jauh lebih baik untuk menerimanya dengan lapang dada, supaya kamu bisa lebih tenang dan lebih bahagia dalam menjalani hidup.

5. Tak ada yang abadi

5 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Sadari Seraya Jadi Dewasamodernlovelongdistance.com

Terakhir, kamu harus menyadari bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Nothing lasts forever. Semua hal baik yang kamu nikmati sekarang, suatu saat akan berakhir. Semua orang yang kamu sayangi, suatu saat akan berpisah darimu. Dan semua barang yang kamu miliki, suatu saat gak akan menjadi milikmu lagi.

Maka dengan memahami kenyaatan itu, kamu akan terbantu untuk lebih mudah mengucapkan selamat tinggal kepada apapun yang harus pergi dari hidupmu. Dengan melakukannya, kamu akan bisa lebih mudah move on dan melanjutkan hidup dengan bahagia.

Itulah 5 kenyataan hidup yang harus kamu sadari mulai saat ini. Semua hal tadi memang tampak menyedihkan, tapi itulah kenyataan yang harus kamu terima. Dengan menerima kenyataan itu, semoga hidupmu bisa terhindar dari stres dan lebih bahagia.

Baca Juga: 5 Sikap Buruk dan Tidak Dewasa yang Mesti Hilang dari Dirimu 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya