Comscore Tracker

5 Manfaat Mendengarkan Curhat Orang Lain, Kamu juga Untung!

Asal jangan disebarkan ya

Curhat alias mencurahkan isi hati adalah kebutuhan setiap orang. Khususnya saat sedang menghadapi masalah berat, kita butuh curhat pada orang yang bisa dipercaya, misalnya sahabat. Meskipun masalah kita mungkin tidak otomatis selesai, setidaknya beban pikiran bisa berkurang karena sudah tercurah.

Tapi dari sisi pendengar curhat, apakah mendengarkan curhat itu bermanfaat? Tentu! Kamu mungkin tak menyadarinya, tapi mendengarkan curhat sebenarnya bisa memberimu beberapa manfaat, misalnya lima manfaat berikut ini.

1. Bahagia karena bisa membantu  

5 Manfaat Mendengarkan Curhat Orang Lain, Kamu juga Untung!freepik/wavebreakmedia

Lebih bahagia memberi daripada menerima. Pepatah itu sangat benar adanya, dan pasti kamu merasakannya saat memberi bantuan pada orang lain. Hal yang bisa kamu berikan bukan hanya materi, tapi juga pemikiran untuk mencari solusi bagi orang yang curhat padamu.

Bahkan kalau kamu gak bisa memberi solusi sekalipun, setidaknya kamu sudah memberikan waktumu untuk mendengarkan curhatan orang tersebut. Seperti disebut tadi, hal itu sudah cukup untuk meringankan beban pikiran, lho. Melihat orang lain lebih lega setelah curhat padamu pasti akan membuatmu turut bahagia karena bisa membantu.

2. Mempererat hubunganmu dengannya 

5 Manfaat Mendengarkan Curhat Orang Lain, Kamu juga Untung!pexels/artem beliaikin

Khususnya jika orang yang curhat padamu adalah teman, keluarga, atau pasanganmu sendiri, kamu juga akan dapat manfaat karena itu akan mengakrabkan hubungan kalian. Pasti kamu senang kan kalau bisa lebih akrab lagi dengan mereka?

Tapi tentu dengan syarat kamu harus bisa menjaga rahasia dan tidak menyebarkan isi curhatnya kemana-mana. Apalagi kalau ia curhat soal masalah yang sensitif. Orang yang curhat padamu pasti percaya padamu, maka jangan rusak kepercayaan itu.

Baca Juga: 5 Respons yang Bikin Orang Malas Curhat padamu, Jangan Ulangi ya!

3. Bisa belajar banyak hal tentang kehidupan 

5 Manfaat Mendengarkan Curhat Orang Lain, Kamu juga Untung!pexels.com/mentatdgt

Mendangarkan curhat jika bisa membuatmu belajar banyak hal tentang masalah kehidupan, langsung dari orang yang sudah mengalaminya. Misalnya temanmu curhat soal pasangannya yang kurang perhatian. Kamu jadi tahu sikap seperti apa yang bisa membuat seseorang merasa kurang diperhatikan oleh pasangannya, lalu kamu bisa menghindari sikap seperti itu.

Begitu pula dengan berbagai masalah lain seperti masalah ekonomi, keluarga, dan lain-lain. Kamu bisa belajar apa yang harus dilakukan dan dihindari supaya tidak mengalami masalah yang sama dengan orang tersebut.

4. Membuatmu lebih bersyukur 

5 Manfaat Mendengarkan Curhat Orang Lain, Kamu juga Untung!pexels/andrea piacquadio

Saat sedang mengalami banyak masalah, kadang kita lupa atau merasa sulit untuk bersyukur. Tapi rasa syukur bisa muncul lagi dalam hati kita setelah melihat orang lain yang kedaannya ternyata lebih buruk dari kita. Sadar bahwa kondisi kita ternyata masih lebih baik, kita pun jadi tergerak untuk bersyukur pada Tuhan.

Hal itu bisa terjadi saat kita mendengarkan curhat orang lain. Bisa jadi orang yang curhat padamu ternyata punya masalah yang jauh lebih berat darimu. Kamu tentu merasa iba, tapi juga merasa bersyukur karena ternyata kondisimu masih lebih baik.

5. Kamu juga bisa gantian curhat 

5 Manfaat Mendengarkan Curhat Orang Lain, Kamu juga Untung!pexels.com/mentatdgt

Satu lagi manfaat dari mendengarkan curhat orang lain tentu adalah kamu bisa gantian curhat padanya suatu saat nanti. Sekali lagi, curhat adalah kebutuhan semua orang. Maka cepat atau lambat kamu pasti akan butuh curhat pada orang lain, dan saat itulah kamu bisa gantian curhat pada orang tersebut.

Sedangkan jika kamu tidak mau mendengarkan curhatan orang lain, bisa jadi orang lain pun ogah mendengarkan curhatanmu. Kalau mau menerima, harus mau memberi pula. Fair, kan?

Itulah lima manfaat yang bisa kamu terima jika mau mendengarkan curhatan orang lain. Ternyata bukan hanya orang yang curhat padamu, tapi kamu sendiri pun akan untung. So, jangan pelit menyediakan waktu untuk mendengarkan curhat orang sekitarmu ya!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk jika Kamu Curhat ke Orang yang Salah, Bukan Solusi!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya