Comscore Tracker

5 Manfaat Mengurangi Penggunaan Ponsel, Lebih Peka pada Sekitar!

#IDNTimesLife Gunakan ponsel seperlunya saja

Seiring perkembangan zaman, ponsel atau telepon selular tak bisa dipungkiri lagi sudah jadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua kegiatan bisa dan bahkan memang perlu dilakukan melalui ponsel. Mulai dari berkomunikasi, bersosialiasasi, bekerja, berbelanja, mencari berita serta hiburan, dan banyak lagi.

Akibatnya, seringkali tanpa disadari kita jadi menghabiskan sangat banyak waktu menggunakan ponsel. Tentu gak masalah memakai ponsel untuk hal-hal yang perlu, tapi gak bijaksana kalau terlalu banyak waktu kita dihabiskan dengan berpaku pada layar ponsel.

Karena itu, cobalah mengurangi waktu menggunakan ponsel untuk hal-hal yang tidak benar-benar perlu. Melakukan itu gak akan membuatmu rugi, lho, tapi justru bisa dapat sejumlah manfaat. Apa saja manfaatnya? Ini dia lima di antaranya.

1. Kamu bisa lebih sehat

5 Manfaat Mengurangi Penggunaan Ponsel, Lebih Peka pada Sekitar!Ilustrasi pria melakukan peregangan (pexels.com/andrea piacquadio)

Kamu tentu sadar bahwa seharian berpaku pada ponsel bisa memberi efek buruk bagi kesehatanmu. Khususnya bagi mata, karena matamu harus terus-menerus melihat pancaran sinar dari layar ponsel. Apalagi jika kamu melakukannya di tempat dengan penerangan minim, cepat atau lambat penglihatanmu bisa memburuk karenanya.

Menggunakan ponsel juga biasanya dilakukan sambil santai, entah duduk atau berbaring. Tanpa sadar, kita seringkali terjebak dalam kondisi tersebut hingga berjam-jam. Hal itu pun tidak baik bagi kesehatan karena membuat tubuhmu kurang gerak. Itu bisa meningkatkan risiko obesitas yang jadi pintu masuk bagi berbagai penyakit berbahaya, lho.

Maka dengan mengurangi penggunaan ponsel, kamu juga bisa mengurangi semua resiko tersebut. Tubuhmu jadi lebih banyak gerak, dan matamu pun bisa beristirahat dari melihat layar ponsel. Pasti kesehatanmu jadi jauh lebih prima!

2. Mengurangi stres

5 Manfaat Mengurangi Penggunaan Ponsel, Lebih Peka pada Sekitar!Ilustrasi wanita bercengkrama (pexels.com/gary barnes)

Tak hanya secara fisik, terlalu lama menggunakan ponsel juga bisa memengaruhi kesehatan mentalmu. Memang, ponsel bisa dipakai untuk mencari hiburan yang bisa membuat mood-mu naik. Tapi jangan lupakan juga resikonya. Misalnya melihat kabar buruk dari internet bisa membuatmu cemas dan stres.

Apalagi kalau kamu banyak berselancar di media sosial, tempat dimana ada banyak orang yang sikap dan kata-katanya bisa membuatmu kesal. Alih-alih terhibur, mood-mu malah bisa makin memburuk karenanya. So, kenapa gak coba letakkan ponselmu dan cari hiburan dengan cara lain yang jauh lebih bermanfaat?

Baca Juga: 5 Dampak Positif Bagi Kesehatan dari Mengubah Ponsel Menjadi Dark Mode

3. Bisa lebih produktif

5 Manfaat Mengurangi Penggunaan Ponsel, Lebih Peka pada Sekitar!Ilustrasi orang bekerja (pexels.com/ivan samkov)

Penggunaan ponsel yang terus-menerus juga bisa membuatmu kecanduan tanpa kamu sadari. Rasanya seolah ada yang kurang kalau kamu gak memegang ponsel selama setengah jam saja, meskipun sebenarnya tak ada keperluan. Kalau sudah begitu, jelas produktivitasmu bisa terganggu. Tugas dan pekerjaan yang harus kamu lakukan jadi diinterupsi terus-terusan.

Maka kurangilah frekuensi penggunaan ponsel supaya kamu terbiasa tanpanya. Khususnya saat kamu sedang melakukan kewajiban, lebih baik jauhkan ponselmu agar kamu gak tergoda mengecek isinya. Biasakan untuk menggunakan ponsel hanya setelah kewajibanmu selesai, sehingga kamu bisa tetap produktif dalam semua kegiatanmu.

4. Bisa lebih peka terhadap kondisi sekitar

5 Manfaat Mengurangi Penggunaan Ponsel, Lebih Peka pada Sekitar!Ilustrasi orang mengobrol di kereta (pexels.com/keira burton)

Pada saat sedang menggunakan ponsel, sebenarnya kita seperti sedang berada di dunia sendiri yang terpisah dari dunia sekitar. Tentu, hal itu tak ada salahnya jika dilakukan dalam porsi yang wajar. Tapi kalau sudah berlebihan, kepekaanmu terhadap kondisi sekitar bisa hilang. Kamu bahkan bisa gak sadar pada hal-hal penting yang terjadi di sekelilingmu.

Misalnya, gara-gara terlalu asik pada ponselmu, kamu bisa jadi gak mengetahui keadaan keluargamu sendiri. Atau ketika di perjalanan, kamu jadi gak waspada pada bahaya yang sedang mengancammu. Sebelum hal-hal fatal dan menyedihkan terjadi padamu, cobalah lebih peka pada keadaan sekitarmu di manapun kamu berada.

5. Lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal baru

5 Manfaat Mengurangi Penggunaan Ponsel, Lebih Peka pada Sekitar!Ilustrasi wanita belajar bermain gitar (pexels.com/Anna Shvets)

Mengurangi penggunaan ponsel juga otomatis akan memberimu lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal baru dalam hidupmu. Misalnya jalan-jalan ke tempat baru, bertemu dengan teman-teman baru, berlatih keahlian baru, dan sebagainya. Mumpung masih muda, lakukan sebanyak mungkin hal baru untuk menambah pengalamanmu.

Sebagai contoh, kalau kamu mengurangi penggunaan ponselmu 30 menit setiap hari dan menggunakannya untuk belajar main alat musik, kemungkinan besar kamu akan jago main alat musik tersebut dalam beberapa bulan saja. Maka mulailah atur penggunaan waktumu menggunakan ponsel, dan cari berbagai cara untuk mengalihkannya ke kegiatan yang lebih bermanfaat!

Itulah lima manfaat yang bisa kamu rasakan kalau kamu mulai mengurangi penggunaan ponsel. Menggunakan ponsel sama sekali gak salah, namun jangan sampai berlebihan karena efeknya justru tidak baik. Maka cobalah kurangi penggunaan ponselmu supaya kamu bisa dapat manfaat-manfaat di atas!

Baca Juga: 6 Manfaat dari Sifatmu yang Selalu Mau Belajar, Pasti Ulet!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya