Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membuat Keputusan Hanya Karena Tuntutan Umur

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Dalam kehidupan bermasyarakat, terkadang kita membuat keputusan berdasarkan pandangan umum dari orang-orang di sekitar kita. Misalnya ketika sebuah tren berpakaian sedang booming, mungkin kita terdorong untuk mengikuti tren tersebut. Ya, pandangan umum memang bisa cukup berpengaruh pada apa yang kita lakukan.

Tapi hati-hati, gak semua pandangan umum harus menentukan keputusan yang kita buat. Misalnya pandangan umum soal umur yang tepat untuk membuat suatu keputusan. Sering kali kita mendengar anggapan bahwa seseorang seharusnya sudah lulus pada usia tertentu, bekerja pada usia tertentu, menikah pada usia tertentu, dan seterusnya.

Umur memang bisa jadi pertimbangan dalam membuat keputusan. Tapi jangan pernah membuat keputusan besar dalam hidup hanya karena tuntutan umur yang semakin bertambah. Inilah dia lima alasan kenapa kamu gak boleh melakukan itu.

1. Umur gak menentukan kedewasaan seseorang

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membuat Keputusan Hanya Karena Tuntutan Umurpexels/Omar López

Untuk membuat keputusan penting misalnya soal karier dan pernikahan, seseorang butuh kedewasaan dan kematangan berpikir. Nah, kamu pasti setuju bahwa kedewasaan seseorang gak ditentukan sepenuhnya oleh usia. Orang yang sudah berusia matang bisa jadi belum mampu berpikir dewasa, pun begitu sebaliknya.

Maka saat ingin membuat keputusan penting, yang wajib kamu pertimbangkan bukan usiamu, tapi kematangan berpikirmu. Apakah kamu sudah cukup matang dalam membuat keputusan? Kalau kamu gak yakin, coba minta pendapat dari orang-orang terdekat. Dari situlah kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu sudah mampu membuat keputusan besar atau belum.

2. Keadaan setiap orang berbeda

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membuat Keputusan Hanya Karena Tuntutan Umurpexels/Helena Lopes

Bahkan meskipun secara usia dan pemikiran seseorang sudah cukup matang, belum tentu keadaannya memungkinkan untuk mengambil keputusan yang diinginkan. Misalnya mungkin secara mental kamu sudah cukup matang untuk menikah, tapi kamu masih belum mapan secara finansial.

Keadaan setiap orang berbeda-beda. Maka jangan pernah bandingkan dirimu dengan orang-orang lain. Meskipun mereka sudah melakukan banyak hal di usia yang lebih muda darimu, bukan berarti kamu kalah dari mereka. Hidup ini bukan perlombaan kok. Fokus saja pada hidupmu sendiri dan gak perlu iri dengan orang lain.

Baca Juga: Gak Cuma Saat Marah, Ini 5 Alasan Jangan Membuat Keputusan Saat Sedih

3. Memikirkan soal tuntutan usia bisa membuatmu tertekan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membuat Keputusan Hanya Karena Tuntutan Umurpexels/Inzmam Khan

Terus-terusan memikirkan soal usia juga bisa memberimu tekanan yang berat. Kamu bisa stres bahkan depresi jika terlalu berfokus pada umur. Pun begitu dengan orang lain, maka jangan pula kamu melontarkan pertanyaan gak penting seperti "Kapan nikah?" kepada teman. Tanpa kamu sadari, efeknya bisa lebih buruk dari yang kamu kira lho.

4. Membuat keputusan hanya karena tuntutan umur bisa membuatmu menyesal

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membuat Keputusan Hanya Karena Tuntutan Umurpexels/@thiszun

Kalau kamu membuat keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang akan kondisi dan situasimu, kemungkinan besar keputusanmu akan membuahkan hasil baik. Tapi kalau sebaliknya, ya tentu hasil yang didapat pun bisa jadi buruk.

Misalkan kamu buru-buru menikah hanya karena menurut orang-orang sekitar kamu sudah cukup umur, padahal sebenarnya kamu belum siap secara mental maupun finansial. Kebayang gak betapa menderitanya kehidupan rumah tanggamu kelak? Makanya, jangan pernah lakukan itu ya.

5. Kebahagiaanmu gak ditentukan oleh umur

5 Alasan Kamu Gak Boleh Membuat Keputusan Hanya Karena Tuntutan Umurpexels/bruce mars

Maka kesimpulannya, kebahagiaan seseorang sama sekali gak ditentukan umurnya saat mencapai sesuatu. Misalnya kalau kamu sudah bisa membeli rumah pada usia yang sangat muda, apakah itu menjamin dirimu bahagia? Belum tentu.

Sebaliknya, kalau kamu baru bisa punya rumah saat usiamu sudah cukup tua, apakah itu artinya kamu pasti gak bahagia? Belum tentu juga. Nah, karena kebahagiaan gak ditentukan oleh umur, maka buat apa buru-buru membuat keputusan hanya karena tuntutan umur? Jalani saja hidupmu dengan baik, maka kamu pasti akan bisa bahagia berapa pun usiamu!

Baca Juga: 5 Dampak yang Kamu Rasakan Jika Mengambil Keputusan Terburu-buru

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya