Comscore Tracker

Jangan Menunda! 5 Alasan Kamu Perlu Mengejar Resolusi pada Awal Tahun 

Mumpung baru Februari, nih

Gak terasa, bulan pertama pada 2020 telah terlewati. Kini, kita sedang menjalani Februari. Gimana, sudah ada hal positif yang kamu capai selama Januari lalu? Semoga demikian, ya.

Lalu, gimana dengan resolusi dan target-target pencapaianmu 2020 ini? Apakah kamu sudah mulai mengejarnya sejak bulan lalu? Atau masih ada hambatan sehingga belum sempat memulai apa-apa? Apa pun situasinya, mumpung masih bulan kedua, ada baiknya kamu segera berusaha untuk mengejar resolusimu sekarang juga. Ini alasannya.

1. Supaya kamu dapat momentum dan bersemangat

Jangan Menunda! 5 Alasan Kamu Perlu Mengejar Resolusi pada Awal Tahun unsplash/Form

Pada umumnya, sebuah target akan lebih mudah diraih jika kita memiliki awal yang bagus. Kalau punya target bulanan dalam pekerjaanmu, misalnya, pasti kamu akan lebih semangat jika pada awal bulan saja sudah dapat hasil bagus. Itu bisa jadi penambah semangat yang luar biasa untuk terus berjuang.

Demikian pula dengan resolusi. Semakin awal kamu mengejarnya, semakin semangat pula kamu meneruskan perjuanganmu hingga akhir tahun nanti. Seperti dalam hukum fisika, benda yang bergerak akan cenderung untuk terus bergerak. Jadi, jika kamu bergerak sejak awal, akan semakin mudah buatmu untuk terus bergerak ke depannya.

2. Menunda bisa membuatmu keburu kehilangan gairah

Jangan Menunda! 5 Alasan Kamu Perlu Mengejar Resolusi pada Awal Tahun unsplash/Siavash Ghanbari

Hal yang sebaliknya akan terjadi kalau kamu tidak memulai sesegera mungkin. Semakin lama kamu menunda, semakin malas kamu jadinya untuk mengejar resolusimu. Ketika tahun sudah memasuki pertengahan atau akhir, mungkin kita akan cenderung berpikir, "Yaudah deh, resolusinya buat tahun depan aja. Udah tanggung."

Supaya itu gak terjadi, lebih baik segera kejar resolusimu mulai sekarang. Tentu, kamu gak mau resolusimu tertunda lagi dan lagi lalu akhirnya gagal, bukan?

Baca Juga: Begini Cara Lakukan Kontrol Diri Bagi Si Ekstrover pada Resolusi 2020

3. Menunda juga bisa membuat situasimu keburu berubah

Jangan Menunda! 5 Alasan Kamu Perlu Mengejar Resolusi pada Awal Tahun unsplash/JESHOOTS.COM

Selain bisa membunuh semangat, menunda juga bisa membuatmu dapat masalah yang gak terduga. Bisa jadi, situasimu keburu berubah hingga akhirnya kamu jadi sulit atau bahkan gak bisa mengejar resolusimu sama sekali.

Kamu membuat resolusi untuk berolahraga secara rutin, misalnya, tapi kamu terus menunda-nunda. Lalu, tiba-tiba, situasimu keburu berubah. Pekerjaanmu jadi lebih sibuk sehingga kamu keburu sulit untuk rutin olahraga. Akhirnya, resolusimu gagal tercapai, deh. Jangan sampai hal seperti itu keburu terjadi.

4. Supaya apa yang kamu targetkan benar-benar tercapai tahun ini juga

Jangan Menunda! 5 Alasan Kamu Perlu Mengejar Resolusi pada Awal Tahun unsplash/bruce mars

Mungkin kamu punya resolusi untuk mencapai beberapa hal tahun ini. Namun, beberapa target memang gak bisa dicapai dalam waktu singkat karena butuh waktu lama sampai kamu berhasil. Nah, kalau kamu gak segera mengejar resolusimu dari sekarang, bisa jadi kamu keburu gak sempat mencapainya tahun ini.

Kamu punya target untuk membeli mobil tahun ini, misalnya, tentu target itu butuh waktu gak sebentar untuk dicapai. Jadi, jika kamu baru mulai mengejar target itu di pertengahan tahun, bisa-bisa impianmu memiliki mobil tahun ini pun harus pupus. Kalau bisa tahun ini, kenapa harus ditunda lebih lama lagi, kan?

5. Semakin cepat resolusimu terwujud, semakin baik

Jangan Menunda! 5 Alasan Kamu Perlu Mengejar Resolusi pada Awal Tahun unsplash/Djamal Akhmad Fahmi

Satu alasan lagi kenapa kamu perlu mengusahakan resolusimu pada awal tahun supaya keinginanmu bisa segera tercapai. Kalau bisa lebih cepat, kenapa tidak? Bahkan, kalau perlu, mungkin kamu sudah bisa mencapai impianmu bulan ini juga. Jadi, buat apa menunda lagi? Ayo kejar resolusimu sekarang juga!

Itulah lima alasan mengapa kamu perlu mengejar resolusi sejak awal tahun. Ya, mumpung ini masih bulan Februari, jangan ragu untuk segera berusaha menjalankan resolusimu. Gimana, kamu sudah siap?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Saat Resolusi Gak Tercapai

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya