Comscore Tracker

5 Alasan Kita Perlu Terus Belajar, Tidak Ada Kata Percuma 

Gak masalah berapa usiamu

Belajar biasanya identik dengan kegiatan yang dilakukan anak sekolah. Namun, apakah itu berarti orang yang sudah selesai menempuh pendidikan tidak perlu lagi belajar? Jika kamu berpikiran demikian, singkirkan pemikiran itu karena itu sama sekali tidak benar.

Berapa pun usianya, kita tetap perlu belajar. Bukan sekadar belajar, tapi terus belajar. Ada begitu banyak ilmu dan keterampilan di sekitar kita yang bisa kita pelajari. Mulai dari ilmu akademik hingga pelajaran tentang hidup, semuanya bisa bermanfaat bagi kita. Makanya, tanamkan lima alasan berikut ini tentang mengapa kita perlu terus belajar.

1. Terus menambah pengetahuan baru

5 Alasan Kita Perlu Terus Belajar, Tidak Ada Kata Percuma pexels/Retha Ferguson

Sepintar dan seluas apa pun wawasan seseorang, akan selalu ada hal-hal baru yang bisa ia pelajari. Terlalu banyak jumlah ilmu di dunia ini dan sebagian besar bisa membawa manfaat. Makanya, jangan ragu untuk terus mempelajarinya.

Tentu, kamu gak berkewajiban untuk menguasai semua bidang ilmu yang ada. Namun, semakin banyak hal yang kamu pelajari, akan semakin bagus. Bahkan, pengetahuan yang tampaknya remeh pun bisa jadi akan memberimu manfaat suatu saat nanti. Selama kamu mempelajari hal-hal yang positif, yakinlah bahwa gak akan ada yang percuma.

2. Mempertajam pengetahuan lama

5 Alasan Kita Perlu Terus Belajar, Tidak Ada Kata Percuma pexels/fauxels

Belajar gak hanya akan memberimu pengetahuan baru, tapi juga mempertajam pengetahuan lama yang sudah kamu punya. Ibarat puzzle, setiap potongan baru akan membuat potongan lama yang sudah terpasang menjadi semakin berarti.

Sebaliknya, jika kamu berhenti belajar, mungkin manfaat dari ilmu yang sudah kamu miliki akan kurang maksimal. Namun, dengan terus belajar, pengetahuanmu akan semakin lengkap sehingga bisa lebih bermanfaat buatmu sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: 8 Manfaat Luar Biasa Belajar Bahasa Asing Menurut Para Ahli

3. Mendorongmu untuk rendah hati

5 Alasan Kita Perlu Terus Belajar, Tidak Ada Kata Percuma pexels/Flo Maderebner

Jangan takut bahwa kamu akan terpancing menjadi sombong jika pengetahuanmu terus bertambah. Justru sebaliknya, kamu malah bisa terdorong untuk makin rendah hati, lho.

Sambil terus belajar, kamu akan sadar bahwa apa yang telah kamu ketahui ternyata gak ada apa-apanya dibanding yang belum kamu tahu. Sungguh, ilmu pengetahuan di alam semesta ini tak terbatas sehingga kamu akan terdorong untuk mawas diri. Plus, kamu akan jadi semakin kagum pada kehebatan Sang Pencipta.

4. Memberi rasa puas

5 Alasan Kita Perlu Terus Belajar, Tidak Ada Kata Percuma pexels/Polina Zimmerman

Pernahkah kamu menghabiskan satu hari tanpa berbuat satu hal pun yang produktif? Bagaimana perasaanmu setelah hari itu berlalu begitu saja? Kemungkinan besar, ada rasa penyesalan di dalam dirimu.

Namun, kalau kamu menghabiskan waktu untuk terus belajar, penyesalan seperti itu gak akan ada. Justru, perasaan puas yang akan muncul karena kamu merasa telah berhasil melakukan sesuatu yang berguna. Lagi pula, kalau kamu punya banyak ilmu dan pengetahuan, pasti rasanya enak, kan?

5. Terus melatih kinerja otak

5 Alasan Kita Perlu Terus Belajar, Tidak Ada Kata Percuma pexels/burst

Otot yang jarang digunakan lama-kelamaan bisa semakin melemah. Otak kita pun seperti itu. Kemampuan untuk berpikir cerdas dan tangkas tidak didapat secara instan. Kamu perlu berusaha untuk memilikinya. Setelah itu pun, kamu harus berusaha untuk terus menjaganya.

Caranya tentu dengan terus belajar. Gunakan otakmu untuk berpikir, jangan hanya hal-hal receh, tapi juga persoalan yang penting dan mendalam. Kinerja otakmu pun akan terlatih sehingga otakmu bisa melakukan pemikiran yang tepat dalam waktu yang singkat. Dalam jangka panjang, risiko terkena penyakit otak seperti alzheimer pun akan berkurang drastis.

Itulah lima alasan mengapa kita perlu terus belajar. Makanya, berapa pun usiamu, yuk terus pelajari pengetahuan dan keterampilan yang positif, supaya kamu bisa dapat banyak manfaat.

Baca Juga: Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya