Comscore Tracker

Bukan Sekadar Hiburan, Ini 5 Manfaat Menonton Stand Up Comedy! 

Kamu beruntung kalau suka nonton stand up comedy 

Komedi tunggal atau stand up comedy adalah jenis komedi baru yang masuk ke Indonesia. Namun, perkembangan jenis kesenian ini cukup pesat. Jika dulu orang-orang Indonesia masih asing dengan stand up comedy, saat ini sudah banyak yang familier, bahkan menggemari komedi yang dilakukan sambil berdiri ini.

Apakah kamu suka menonton stand up comedy? Kalau ya, kamu pasti setuju bahwa stand up comedy bisa sangat menghibur. Selain itu, menonton stand up comedy punya beberapa manfaat lain, lho. Kamu yang gak begitu suka jenis komedi ini pun perlu menontonnya karena kamu akan mendapatkan lima manfaat ini.

1. Memberi sudut pandang baru 

Bukan Sekadar Hiburan, Ini 5 Manfaat Menonton Stand Up Comedy! internationalcomedy.club

Stand up comedy bisa membahas berbagai macam topik. Ada beberapa komika alias pelaku stand up comedy yang sering membawakan materi tentang keresahannya terhadap beberapa masalah yang ia alami. Namun, masalah tersebut tentu tidak dibahas dari sudut pandang yang menyedihkan, tapi justru secara jenaka dan lucu.

Hal itu bisa mengajarkan kita untuk mencoba memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang baru, yaitu sudut pandang komedi. Ya, daripada terus mengeluh saat menghadapi masalah, kenapa gak coba mencari sisi kelucuan dari masalah tersebut? Melakukan itu bisa membuatmu terhindar dari stres berlebih sehingga kesehatan mentalmu pun akan terjaga.

2. Menambah pengetahuan baru 

Bukan Sekadar Hiburan, Ini 5 Manfaat Menonton Stand Up Comedy! Freepik/tirachardz

Tidak jarang, seorang komika juga membawakan materi yang informatif dan berisi banyak ilmu. Menonton materi stand up comedy seperti itu tentu bisa menambah pengetahuanmu.

Karena dibawakan secara ringan dan lucu, otakmu akan lebih mudah menyerap pengetahuan baru tersebut sehingga lebih mudah memahami dan mengingatnya.

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Para Komika dengan Keluarga, Harmonisnya Juara!

3. Melatih diri supaya gak mudah tersinggung 

Bukan Sekadar Hiburan, Ini 5 Manfaat Menonton Stand Up Comedy! Freepik/pressahotkey

Seorang komika umumnya akan membawakan materi tentang keresahannya terhadap suatu masalah. Namun kadang, masalah tersebut berhubungan dengan topik yang sensitif atau ofensif bagi beberapa orang. Hal itu pun bisa membuat orang-orang tertentu tersinggung saat mendengar materi yang dibawakan.

Apakah itu berarti stand up comedy buruk karena bisa membuat orang tersinggung? Tidak. Justru, sebenarnya dengan menonton stand up comedy, kita bisa melatih diri untuk tidak mudah tersinggung.

Meski sebuah materi terkesan menyinggung perasaan, sebenarnya nyaris mustahil seorang komika membawakannya dengan tujuan membuat orang tersinggung.

Kita perlu ingat bahwa niat utama seorang komika melakukan stand up comedy ialah ingin membuat orang lain terhibur, bukan tersinggung. Makanya, tentu setiap kata yang ia ucapkan di panggung ditujukan untuk bercanda, bukan serius.

Sebagai penonton, kita bisa melatih diri untuk tidak melulu menanggapi candaan dengan serius sehingga tidak tersinggung.

4. Bisa menertawakan diri sendiri 

Bukan Sekadar Hiburan, Ini 5 Manfaat Menonton Stand Up Comedy! Freepik/freepik

Pernahkah kamu menonton stand up comedy dengan materi yang sangat relatable dengan hidupmu? Salah satu contohnya, sang komika berbicara tentang kebiasaan buruk yang ternyata kamu miliki. Lalu, ia mengungkapkan sisi kelucuan dari kebiasaan tersebut dan kamu pun tertawa terpingkal-pingkal.

Hal itu menandakan bahwa stand up comedy pun bisa melatih kita menertawakan diri sendiri. Bisa jadi, kamu merasa sedih karena kekurangan yang kamu miliki. Namun, saat menonton stand up comedy, kamu baru sadar bahwa kekurangan tersebut ternyata punya sisi kelucuan dan bisa membuatmu tertawa.

Menertawakan diri sendiri itu sangat bermanfaat. Selain menghibur dan menyehatkan, kamu juga bisa belajar untuk tidak terlalu jaim alias jaga image. Kamu juga jadi sadar bahwa kekurangan dirimu tidak harus membuatmu frustrasi, tapi justru tertawa. Itu pun bisa membuatmu terhindar dari stres dan pastinya kamu lebih bahagia.

5. Kamu bisa belajar menjadi komika juga 

Bukan Sekadar Hiburan, Ini 5 Manfaat Menonton Stand Up Comedy! Unsplash/priscilla du preez

Jika kamu tertarik pada stand up comedy, mungkin pernah terpikir olehmu untuk juga menjadi seorang komika profesional. Supaya bisa menjadi komika yang baik, tentu kamu harus banyak belajar. Salah satu caranya tentu dengan menonton sebanyak mungkin stand up comedy dari para komika.

Ya, stand up comedy bisa menjadi pilihan karier bagimu. Sebagai bentuk komedi yang terbilang baru, masih ada banyak ruang bagi jenis komedi ini untuk berkembang. Makanya, gak perlu ragu jika kamu punya impian menjadi komika profesional. Selama kamu terus berusaha, cita-cita itu pasti bisa tercapai.

Itulah lima manfaat yang bisa kita dapat dari menonton stand up comedy. Ternyata, selain bisa terhibur, manfaat lainnya cukup banyak, bukan? Makanya, jangan ragu untuk sering nonton stand up comedy supaya kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, ya.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Materi Stand Up Comedy ala Komika Ridwan Remin

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya