Comscore Tracker

Penting, 5 Cara Menghargai Orang yang Profesinya Dianggap Rendahan

Hargai mereka karena mereka juga manusia seperti kita

Setiap hari, kita bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai macam profesi. Beberapa orang yang kita temui mungkin punya profesi yang relatif terpandang. Namun, gak jarang kamu harus berurusan dengan orang-orang yang profesinya kerap dianggap rendahan, misalnya asisten rumah tangga, sopir ojek online, dan cleaning service.

Kamu mungkin setuju bahwa meskipun profesi-profesi tersebut sering dipandang sebelah mata, kamu tetap harus menghargai mereka. Mereka sama-sama manusia seperti kita. Itu sebabnya, kita gak berhak memperlakukan mereka dengan buruk. Terus, gimana kita bisa menunjukkan respek kepada mereka? Ini dia lima caranya.

1. Jangan perlakukan mereka dengan sembarangan

Penting, 5 Cara Menghargai Orang yang Profesinya Dianggap Rendahanunsplash/Fraser Cottrell

Di rumahmu, misalnya, ada asisten rumah tangga. Memang, tugas mereka ialah melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun, ingat, mereka bukan budak. Jangan berlagak seperti raja dan menyuruh-nyuruh mereka sesukamu.

Kalau ada pekerjaan mudah yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah, kenapa harus menyuruh orang lain melakukannya?

2. Permudah kerja mereka

Penting, 5 Cara Menghargai Orang yang Profesinya Dianggap Rendahanfreepik/tutatama

Bahkan, gak ada salahnya lho kalau kamu justru mengeluarkan sedikit usaha ekstra supaya pekerjaan mereka lebih mudah. Ketika menonton di bioskop, misalnya, bawalah sampahmu keluar studio dan buang di tempat sampah supaya pekerjaan petugas cleaning service menjadi lebih ringan.

Contoh lainnya, kamu memesan ojek online ke rumah. Daripada menuntut supaya sang sopir mencari alamatmu sementara kamu menunggu sambil duduk di sofa, kenapa gak keluar dan menunggu di halaman rumah? Dengan begitu, si sopir pun bisa lebih mudah menemukanmu.

"Tapi mereka dibayar, kan? Kalau dipermudah, nanti mereka keenakan!" Kalau pikiranmu seperti itu, ketahuilah bahwa sering kali mereka justru dipersulit dalam pekerjaannya. Jadi, kalau kamu bisa mempermudah mereka, kenapa tidak? Mereka pasti akan sangat senang. Yakinlah bahwa kebaikanmu itu pasti suatu saat akan ada balasannya.

Baca Juga: 7 Pelajaran yang Pasti Kamu Dapat Saat Menghargai Arti Sebuah Proses

3. Jangan ragu ucapkan permisi, tolong, terima kasih, dan maaf

Penting, 5 Cara Menghargai Orang yang Profesinya Dianggap Rendahanfreepik/wavebreakmedia

Dalam keseharian, mungkin kamu sudah terbiasa mengucapkan permisi, tolong, terima kasih, dan maaf kepada orang-orang. Kenapa gak lakukan itu juga pada mereka yang dianggap memiliki profesi rendahan? Ingat, mereka juga manusia, lho. Jadi, mereka juga berhak mendapatkan ucapan-ucapan tersebut.

4. Ajak mereka bicara

Penting, 5 Cara Menghargai Orang yang Profesinya Dianggap Rendahanfreepik/freepic.diller

Selama itu gak mengganggu konsentrasi mereka dalam bekerja, kamu juga bisa lho mengajak mereka bicara. Itu akan menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka sebagai sesama manusia yang setara denganmu, bukan sebagai pekerja yang kedudukannya lebih rendah.

Bukan hanya bagi mereka saja, mengajak mereka ngobrol juga bisa bermanfaat untukmu, lho. Jika kamu suka naik ojek online, misalnya, ajaklah dia mengobrol. Bisa jadi, dia akan lebih ramah dan melayanimu lebih baik. Ya, akhirnya, kamu juga yang akan untung, kan?

5. Bersabar

Penting, 5 Cara Menghargai Orang yang Profesinya Dianggap Rendahanfreepik/freepik

Namanya manusia, wajar jika seorang pekerja membuat kesalahan atau lambat dalam mengerjakan sesuatu. Sebagai orang yang membayar jasa mereka, wajar jika kamu kesal. Namun, jangan biarkan kekesalanmu itu membuatmu gak menghargai mereka.

Kamu perlu bersabar. Ingat bagaimana perasaanmu ketika berbuat salah saat bekerja dan dimarahi oleh bos. Gak enak, kan? Makanya, jangan lakukan hal yang sama pada orang lain. Boleh mengkritik, tapi jangan bersikap kasar. Yakinlah bahwa dengan cara yang baik, masalah yang terjadi pun bisa diselesaikan dengan baik pula.

Itulah lima cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan penghargaan pada orang-orang yang profesinya sering dianggap rendahan. Jangan ragu-ragu untuk mempraktikkannya, ya. Teruslah hargai orang lain supaya kamu juga dihargai.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Bijak agar Kamu Dapat Lebih Menghargai Kehidupan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya