Comscore Tracker

5 Definisi Sukses yang Membawa Kebahagiaan Sejati, Gak Selalu Kaya

Punya banyak uang pun percuma kalau belum punya 5 hal ini  

Jika kamu ditanya apa definisi sukses, apa jawabanmu? Banyak orang akan menjawab sukses berarti berkecukupan secara materi atau memiliki pekerjaan yang bergengsi. Memang, orang yang bisa meraih dua hal itu umumnya disebut sebagai orang sukses, dan mereka layak dikagumi. Tapi tahukah kamu bahwa orang seperti itu belum tentu bahagia?

Kalau seseorang punya pekerjaan keren dan berkelimpahan secara materi tapi hidupnya gak bahagia, apakah kamu masih akan menyebutnya sukses? Kemungkinan besar tidak. Maka jelas, definisi sukses yang sesungguhnya pasti lebih dalam daripada itu. Inilah 5 definisi sukses yang benar-benar membuat kita bahagia, bukan sekadar menjadi kaya secara materi.

1. Bermanfaat buat orang lain  

5 Definisi Sukses yang Membawa Kebahagiaan Sejati, Gak Selalu KayaUnsplash/anna earl

Kebahagiaan sejati hanya bisa didapat kalau kita tidak hanya memikirkan diri sendiri. Coba pikir, apakah kamu bisa benar-benar bahagia kalau kamu berkelimpahan tapi melihat orang-orang di sekitarmu hidup sengsara? Pasti tidak, kan?

Maka, orang yang bisa disebut benar-benar sukses adalah orang yang bermanfaat buat orang lain. Cara memberi manfaat ada banyak, gak harus secara materi. Dan gak harus kepada banyak orang pula. Cukup lakukan sesuai kemampuan. Dan tentunya pastikan bahwa orang yang kamu beri manfaat pertama-tama adalah keluarga, baru orang-orang lain.

2. Merasa puas dalam pekerjaan  

5 Definisi Sukses yang Membawa Kebahagiaan Sejati, Gak Selalu KayaUnsplash/brooke cagle

Pekerjaan yang bergengsi belum tentu membuat bahagia kalau kita gak merasakan kepuasan di dalamnya. Bekerja jadi terasa seperti beban, bahkan meski penghasilannya besar sekalipun. Tentu bukan berarti kamu harus langsung keluar dari pekerjaan kalau kamu gak suka, tapi cobalah untuk merasa puas dengan pekerjaanmu.

Kepuasan tetap bisa dicapai walau bidang pekerjaan kita gak sesuai minat lho. Misalnya dengan berfokus pada keunggulan dari pekerjaan tersebut, bukan kekurangannya. Jika kamu bisa merasa puas dalam pekerjaanmu, maka kamu pantas disebut orang yang sukses.

3. Berdamai dengan diri sendiri 

5 Definisi Sukses yang Membawa Kebahagiaan Sejati, Gak Selalu KayaUnsplash/eli defaria

Terkadang, berdamai dengan diri sendiri adalah hal yang sulit. Kekurangan maupun kesalahan masa lalu bisa terus menghantui dan membuat kita sulit memaafkan diri sendiri. Pada akhirnya hal itu akan membuat kebahagiaan jadi sulit dicapai.

Jika kamu bisa berdamai dan menerima diri sendiri apa adanya, barulah kamu pantas disebut benar-benar sukses. Karena tanpa itu, bahkan kekayaan melimpah pun tidak akan terasa berarti. Maka berusahalah untuk berdamai dengan diri sendiri supaya kamu merasa bahagia.

Baca Juga: Tak Perlu Tunggu Kaya, 5 Kebaikan Simple Ini Cukup Membantu Orang Lain

4. Menjadi orang yang lebih baik  

5 Definisi Sukses yang Membawa Kebahagiaan Sejati, Gak Selalu KayaUnsplash/priscilla du preez

Definisi kesuksesan yang sesungguhnya juga mencakup berubah menjadi orang yang lebih baik. Terutama dalam hal sifat dan kepribadian. Buanglah sifat-sifat buruk, bukan hanya supaya disukai orang lain, tapi terutama demi kebahagiaan diri sendiri. Kalau kamu sukses menjadi orang yang lebih baik dari hari ke hari, kamu pasti merasa bahagia.

5. Mampu melakukan hal yang disukai bersama orang tersayang 

5 Definisi Sukses yang Membawa Kebahagiaan Sejati, Gak Selalu KayaUnsplash/everton vila

Last but not least, kamu layak disebut sukses kalau kamu bisa melakukan hal yang disuka bersama orang tersayang. Dan seringkali itu gak berarti kamu harus punya banyak uang. Melakukan hobi sederhana bersama keluarga atau sahabat seringkali sudah cukup memberi kepuasan batin luar biasa.

Untuk itu, tentu kamu butuh kesehatan prima. Selain itu kamu juga butuh waktu luang yang bisa kamu gunakan bersama mereka. Maka kalau kamu sehat dan punya kesempatan untuk menyisihkan waktu, kamu pantas disebut orang sukses.

Itulah 5 definisi sukses yang benar-benar membuat bahagia. Ternyata tidak hanya mencakup kekayaan materi ya. Tentu memiliki kekayaan materi tidak salah, tapi pastikan kamu gak lupa mengejar definisi sukses yang sebenarnya supaya kamu bahagia.

Baca Juga: Bikin Sulit Kaya, 5 Pengeluaran Tak Penting Ini Perlu Segera Dibatasi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya