Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mengambil Hewan Peliharaan

Jangan sampai hewan peliharaanmu menderita

Banyak orang yang senang memelihara hewan. Umumnya seseorang memutuskan untuk memelihara hewan karena memang suka binatang. Selain itu banyak pula yang memelihara demi mendapat manfaatnya. Faktanya memelihara hewan memang punya banyak manfaat, misalnya mengurangi stres dan menghilangkan kesepian.

Kalau kamu suka hewan, mungkin kamu sendiri juga mulai berpikir untuk memelihara hewan. Tapi jangan buru-buru. Sebelum memutuskan, ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan dulu. Sekadar suka hewan saja gak cukup, karena hewan adalah makhluk hidup yang harus kamu rawat. Maka inilah lima hal yang perlu kamu pastikan sebelum memelihara hewan.

1. Seberapa besar komitmenmu?

5 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mengambil Hewan Peliharaanpexels/Emrah AYVALI

Memelihara hewan, apapun jenisnya, butuh komitmen. Itu sangat penting karena minimal kamu harus memberi makan dan membersihkan kandang. Tanpa komitmen, bahkan hal-hal sederhana seperti itu bisa kamu abaikan begitu saja.

Maka hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah komitmenmu. Apakah kamu ingin memelihara hewan karena benar-benar ingin? Atau kamu cuma ingin ikut-ikutan saja? Jangan sampai hewan peliharaanmu menderita nantinya karena kamu memelihara dengan motif yang salah.

2. Seberapa sibuk kamu?

5 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mengambil Hewan Peliharaanunsplash/BRUNO CERVERA

Bahkan kalau kamu punya komitmen, kesibukan bisa membuatmu gagal melaksanakan kewajiban. Itu juga yang bisa terjadi kalau kamu memelihara hewan. Mungkin kamu sudah berkomitmen untuk memberi makan hewan peliharaanmu sepulang kerja, tapi ternyata belakangan kamu harus sering lembur sehingga hewan peliharaanmu pun terlantar.

Maka kamu perlu memastikan seberapa sibuk dirimu. Kalau jadwal kegiatanmu gak bisa dipastikan, maka memelihara hewan seperti anjing dan kucing bukan ide bagus, karena kedua jenis hewan itu butuh perawatan yang konstan. Mungkin lebih cocok kalau kamu memilih hewan yang lebih mudah diurus misalnya ikan.

Baca Juga: 12 Bayi Hewan Ini Berbeda dengan Orangtuanya, padahal Anak Kandung

3. Bagaimana kepribadianmu?

5 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mengambil Hewan Peliharaanpexels/Zun Zun

Selain kesibukan, kamu harus pastikan juga bahwa karakter hewan yang kamu pelihara cocok dengan kepribadianmu. Misalnya, kalau kamu tipe orang yang suka ketenangan, tentu gak cocok kalau kamu memelihara jenis anjing yang suka menggonggong tanpa henti. Mungkin lebih baik kamu memilih jenis anjing yang lebih kalem atau hewan lain yang gak berisik.

Atau kalau kamu tipe orang yang malas keluar rumah, anjing juga bukan tipe hewan yang cocok untukmu, karena anjing butuh diajak jalan-jalan keluar supaya gak stres. Intinya, sesuaikan karakter hewan dengan kepribadianmu supaya kamu maupun si hewan hak perlu menderita.

4. Bagaimana tanggapan orang-orang di sekitarmu?

5 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mengambil Hewan Peliharaanpexels/Burst

Jika kamu sudah tahu jenis hewan apa yang paling cocok buatmu, apakah berarti kamu sudah bisa memilih? Belum. Kamu perlu memastikan juga tanggapan orang-orang di sekitarmu. Tentu itu termasuk keluargamu.

Kalau keluargamu gak terlalu suka hewan, maka gak bijaksana kalau kamu memilih tipe hewan seperti anjing atau kucing, karena keluargamu pasti akan bersinggungan dengan mereka juga. Jangan sampai kamu bertengkar dengan keluarga karena hewan peliharaanmu merusak barang-barang atau mengganggu mereka.

Perhatikan juga kondisi lingkungan rumahmu. Kalau kamu tinggal di kawasan yang tenang dan sepi, memelihara anjing yang berisik bisa memberimu masalah. Jangan sampai kamu dimusuhi oleh warga sekitar karena hewan peliharaanmu.

5. Apa saja yang dibutuhkan hewan ini?

5 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mengambil Hewan Peliharaanunsplash/Marina Hanna

Setelah mempertimbangkan semua faktor di atas dan membuat pilihan, barulah kamu perlu mulai mencari tahu segala hal tentang hewan itu. Pastikan apa makanannya, jadwal makannya, seperti apa kandangnya, seberapa sering membersihkan kandang, dan sebagainya. Tujuannya tentu supaya nantinya kamu bisa merawat hewan itu dengan sebaik mungkin.

Itulah lima hal yang harus kamu pastikan sebelum memelihara hewan supaya hewan peliharaanmu gak menderita. Mungkin terkesan rumit, tapi memang semua hal itu wajib kamu pastikan. Bukan saja supaya hewan peliharaanmu bisa bertumbuh dengan baik, tapi juga supaya kamu sendiri bisa mendapat manfaat maksimal dari memelihara hewan.

Baca Juga: 5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Anak

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You