Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Posting di Media Sosial

Jangan sampai menyesal!

Di era modern seperti sekarang ini, hampir semua orang pasti memiliki akun media sosial. Maka selain di dunia nyata, banyak orang juga senang melakukan aktivitas di media sosial. Ada yang sekadar melihat-lihat, ada juga yang tergolong aktif. Misalnya membuat postingan atau berkomentar di postingan orang lain.

Membuat postingan atau berkomentar memang sangat mudah dilakukan. Saking mudahnya, banyak orang yang tidak berpikir panjang saat melakukannya, sehingga kemudian postingan ataupun komentar yang mereka buat jadi berbuntut masalah. Maka supaya kamu terhindar dari hal itu, ingatlah lima fakta penting ini sebelum membuat postingan.

1. Apa yang kamu unggah ke media sosial akan jadi milik publik

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Posting di Media Sosialpexels/Jeremy Levin

Jika akun media sosialmu terbuka untuk umum, sadarilah bahwa semua orang di dunia bisa mengakses apapun yang kamu unggah ke media sosial. Selain mengakses, siapapun juga bisa menyebarkan, menyimpan, memberi komentar, dan lain-lain. Kamu gak bisa melarang orang lain untuk itu, karena kamu sendiri yang memutuskan untuk mengunggahnya.

Maka jangan heran kalau kamu menemukan orang yang berkomentar negatif di postinganmu atau menggunakan postinganmu untuk kepentingan pribadi. Selama tidak termasuk pelanggaran hukum, orang lain bebas berbuat apa saja terhadap semua yang kamu unggah. Siapkah kamu dengan risiko tersebut?

Memang, kamu bisa mengatur agar akunmu bersifat private alias hanya bisa diakses oleh orang-orang yang kamu setujui. Tapi sebenarnya risikonya sama, hanya saja jumlah orang yang bisa melakukannya lebih sedikit. Maka pastikan kamu menyadari risiko tersebut sebelum mengunggah apapun.

2. Apa yang kamu unggah bisa terus ada di internet hingga selamanya

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Posting di Media Sosialpexels/Kaboompics.com

Kalau begitu apakah solusinya hapus saja postingan yang kamu buat? Tentu, menghapus postingan atau komentar perlu kamu lakukan kalau kamu khilaf membuat postingan yang tidak bermanfaat atau bahkan berdampak negatif bagi orang lain. Tapi sadarilah bahwa bisa jadi unggahanmu itu sudah keburu tersimpan selamanya di dunia maya.

Sebelum kamu sempat menghapusnya, bisa jadi sudah ada orang yang mengunduh dan menyimpan postinganmu itu. Komentarmu pun bisa dengan mudah di-screenshot dan disimpan. Setelah itu, bisa jadi orang tersebut akan mengunggahnya ulang. Jejak digitalmu itu pun terus tersimpan di internet, bisa jadi untuk selamanya.

Maka solusi terbaik adalah mencegah, bukan mengobati. Pikirkan matang-matang sebelum kamu mengunggah atau menulis komentar di media sosial. Jangan sampai kamu menyesalinya belakangan, karena bisa jadi penyesalanmu itu tidak akan berguna.

Baca Juga: 5 Hal yang Seharusnya Tidak Perlu Kamu Unggah di Media Sosial

3. Reputasimu bisa terpengaruh apa yang kamu unggah

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Posting di Media Sosialpexels/Giftpundits.com

Sadari juga bahwa apa yang kamu unggah di media sosial bisa sangat mempengaruhi reputasimu. Bukan hanya reputasi di dunia maya, tapi juga di kehidupan nyata. Kadang apa yang terdapat di media sosial bisa sangat mudah menyebabkan salah paham, maka bisa jadi reputasimu akan tampak buruk bahkan tanpa kamu sadari sama sekali.

Misalnya kamu mungkin orang yang ramah dan periang. Tapi jika kamu lebih sering mengunggah postingan bernada kritikan terhadap hal-hal di sekitarmu, kamu malah bisa terkesan sebagai orang yang pemarah. Atau kamu mengunggah foto liburan dengan tujuan sharing, tapi malah reputasi sebagai tukang pamer yang kamu dapat.

Memang, kamu gak harus selalu memikirkan pendapat orang tentang dirimu. Kamu juga gak perlu pencitraan supaya reputasimu selalu bagus di mata orang-orang. Namun tetaplah ingat bahwa baik buruk reputasimu juga ditentukan oleh media sosialmu. Jadi jangan posting sembarangan ya.

4. Hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu juga bisa terpengaruh

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Posting di Media Sosialpexels/Martin Lopez

Karena reputasimu bisa terpengaruh, maka tentu hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu juga bisa terpengaruh apa yang kamu unggah. Misalnya kalau kamu memposting foto atau video tentang temanmu yang ternyata memalukan baginya. Itu bisa menimbulkan perselisihan antara kamu dan dirinya.

Memang kesalahpahaman seperti itu biasanya bisa diatasi dengan cukup mudah. Tapi ingat bahwa setiap orang punya tingkat kesabaran dan toleransi yang berbeda-beda. Jadi jangan sampai hubunganmu dengan orang di sekitarmu rusak gara-gara kamu gak berpikir panjang sebelum mengunggah.

5. Selalu ada orang yang gak suka

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Posting di Media Sosialpexels/Porapak Apichodilok

Satu hal lagi yang perlu kamu sadari adalah bahwa bahkan ketika kamu sudah sangat berhati-hati dalam mengunggah sesuatu di media sosial, pasti akan selalu ada orang yang gak suka. Entah ketidaksukaan itu diungkapkan atau tidak, faktanya memang mustahil untuk menyenangkan semua orang.

Maka jangan heran kalau kamu sudah membuat postingan sebagus mungkin tapi tetap ada yang berkomentar negatif. Bagaimana kamu harus menanggapinya? Gak harus kamu tanggapi. Cukup kamu terima kenyataan tersebut dan gak perlu diambil hati. Selama unggahanmu postif, jangan biarkan komentar negatif membuatmu gak bisa menikmati bermain media sosial.

Bermain media sosial memang sangat menyenangkan. Tapi jika gak hati-hati, kamu malah bisa dapat masalah akibat unggahanmu. Maka pastikan kamu bersikap bijaksana dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: 5 Sebab Menyindir Orang Lewat Media Sosial Itu Kesalahan Fatal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You