Comscore Tracker

Penting! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Chat dengan Orang Lain

Tetap perhatikan etika, ya

Di era modern ini, komunikasi lewat aplikasi chat merupakan hal yang biasa dilakukan, bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Kadang, dalam 1 hari lebih, banyak komunikasi yang kita lakukan lewat chat daripada secara langsung atau melalui telepon.

Karena sudah terbiasa, mungkin kamu gak terlalu banyak berpikir saat sedang chat. Semuanya mengalir begitu saja. Namun, mengingat komunikasi bisa sangat berpengaruh pada hubungan kita dengan orang lain, sebenarnya, komunikasi lewat chat pun perlu diperhatikan. Jangan pernah lakukan lima hal ini saat sedang chat, ya.

1. Lebih memilih chat daripada komunikasi langsung, padahal keadaan memungkinkan

Penting! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Chat dengan Orang Lainpexels/nappy

Komunikasi lewat chat memang punya banyak keunggulan, misalnya lebih cepat, praktis, hemat, dan lain-lain. Namun, itu gak menjadikan chat selalu lebih unggul daripada komunikasi tatap muka. Tetap ada hal-hal dalam komunikasi langsung yang gak bisa digantikan oleh chat.

Komunikasi secara langsung memungkinkan kita melihat dan merasakan langsung ekspresi wajah serta suara lawan bicara di hadapan kita. Hal itu gak bisa digantikan oleh panggilan video atau telepon, apalagi lewat chat. Teknologi gak bisa sepenuhnya memancarkan perasaan dan emosi yang dimiliki oleh manusia.

Karena itu, sebisa mungkin, pembicaraan dilakukan secara langsung, terutama jika topik pembicaraannya penting dan mendalam. Jangan sampai timbul kesalahpahaman dalam komunikasi karena kamu terlalu malas untuk bertemu langsung, padahal bisa melakukannya.

2. Menggunakan singkatan dan istilah yang gak dimengerti lawan bicara

Penting! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Chat dengan Orang Lainunsplash/Oleg Magni

Saat chat, kita biasanya akan menyingkat beberapa kata supaya bisa mengetik lebih cepat dan gak terlalu panjang. Hal itu sah-sah saja dilakukan, tapi pastikan lawan bicaramu paham betul arti kata yang kamu singkat itu.

Maka, jangan menggunakan singkatan yang gak umum. Lebih baik mengetik lebih panjang daripada mengetik pendek, tapi menimbulkan salah paham. Perhatikan pula ketikanmu. Sebisa mungkin, hindari typo alias salah tik supaya kesalahpahaman pun bisa dihindari.

Baca Juga: Gak Cuma Jago Ngomong, 8 Kemampuan Ini Juga Dipelajari Anak Komunikasi

3. Mengabaikan etika

Penting! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Chat dengan Orang Lainunsplash/Chang Duong

Chat umumnya dilakukan dalam suasana yang santai dan gak terlalu formal. Namun, itu bukan berarti etika dalam berbicara jadi boleh diabaikan. Chat adalah salah satu bentuk komunikasi, jadi tetap jaga etika sebagaimana cara kamu berkomunikasi pada umumnya.

Tetaplah gunakan bahasa yang sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Mengucapkan salam juga penting. Jangan lupa perhatikan waktu. Biasanya, menelepon orang pada jam makan siang atau saat larut malam dianggap gak sopan. Hal itu pun berlaku juga untuk chat.

4. Menuntut orang untuk segera membalas

Penting! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Chat dengan Orang Laindissolve.com

Menunggu balasan chat memang kadang menyebalkan. Namun, jangan jadikan itu alasan untuk menuntut orang segera membalas chat kamu. Ingat bahwa setiap orang pasti punya kesibukan. Walaupun dia terlihat sedang online, bisa jadi dia sebenarnya sedang sibuk. Kalau memang kamu butuh dia untuk segera membalas, coba telepon saja.

5. Mengabaikan lawan bicara di depan mata hanya demi chat

Penting! Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Chat dengan Orang Lainpexels/mentatdgt

Komunikasi lewat chat memang bisa menyenangkan, tapi jangan sampai kamu jadi mengabaikan lawan bicara yang ada di depan mata gara-gara asyik chat dengan orang lain, apalagi kalau sedang kumpul dengan keluarga atau teman. Harusnya, kamu mengutamakan mereka, bukan teman chat kamu.

Bagaimana kalau isi chat tersebut harus segera dibalas? Tentu, kamu boleh membalasnya, tapi tetap jangan lupakan etika. Setidaknya, minta izin dulu pada orang di depanmu untuk membalas chat. Balas seperlunya saja. Setelah itu, kembali fokus pada lawan bicara di depan matamu. Itu baru namanya menghargai.

Itulah lima hal penting yang perlu kamu ingat soal komunikasi lewat chat. Perhatikanlah hal-hal tersebut supaya komunikasi lewat chat bisa bermanfaat bagimu dan bukannya malah merugikan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Berhak Menjauh & Memutuskan Komunikasi dengan Mantan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya