Comscore Tracker

5 Manfaat Belajar Tentang Alam Sekitar, Buat Kebaikanmu Sendiri Lho

Yuk, lebih peduli pada alam sekitar

Sebagai manusia, kita hidup berdampingan dengan alam sekitar yang terdiri dari hewan, tumbuhan, dan berbagai komponen alami lainnya. Entah kamu hidup di desa atau kota, kamu pasti senantiasa berurusan dengan alam dan berbagai fenomenanya. Ya, gak bisa dipungkiri bahwa kita pasti selalu berhubungan dan bergantung dengan alam.

Karena itu, penting bagi kita untuk belajar tentang alam sekitar dan semua hal yang berhubungan dengannya. Bukan hanya dari pendidikan formal, kamu juga bisa belajar tentang alam dari berbagai sumber yang terpercaya. Apa manfaatnya kalau kamu melakukan itu? Ini dia 5 di antaranya.

1. Mengerti berbagai manfaat alam bagi kehidupanmu

5 Manfaat Belajar Tentang Alam Sekitar, Buat Kebaikanmu Sendiri Lhopexels/pixabay

Umumnya orang akan semangat mempelajari sesuatu kalau ia tahu bahwa hal itu bermanfaat bagi hidupnya. Nah, apakah alam bermanfaat bagi hidupmu? Tentu saja! Bukan hanya hewan dan tumbuhan yang secara langsung bisa dimanfaatkan manusia lho. Bahkan hewan dan tumbuhan yang mungkin gak pernah kamu lihat pun bisa punya manfaat buat hidupmu.

Sebagai contoh, kalau kamu suka makan ikan laut, maka kamu perlu berterima kasih kepada ikan hiu. Lho, apa hubungannya? Begini penjelasannya menurut laman Oceana. Hiu memakan ikan-ikan pemakan ikan herbivora. Berkat hiu, populasi ikan herbivora jadi terjaga dan mereka bisa menjalankan fungsi ekologinya yaitu memakan ganggang dan rumput laut.

Populasi ganggang dan rumput laut harus dijaga supaya tidak mengganggu pertumbuhan terumbu karang. Dengan demikian, berbagai jenis ikan bisa bertelur dan berkembang biak di terumbu karang, termasuk ikan-ikan laut yang suka kamu makan.

Itu baru satu contoh. Tentu ada banyak contoh hewan dan tumbuhan lain yang keberadaannya vital bagi manusia meskipun tidak secara langsung. Kalau kamu belajar tentang alam, kamu akan tahu manfaat berbagai komponen alam untuk hidupmu. Dengan demikian, kamu akan makin tergerak untuk menjaga kelestarian alam sekitarmu.

2. Mengerti cara melestarikan alam

5 Manfaat Belajar Tentang Alam Sekitar, Buat Kebaikanmu Sendiri Lhopexels/Akil Mazumder

Selain tahu betapa pentingnya menjaga dan melestarikan alam sekitar, tentu kamu harus tahu juga gimana cara melakukannya. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan supaya alam tetap terjaga bisa kamu ketahui jika kamu mempelajarinya.

Sebagai contoh, tahukah kamu cara menghemat bahan bakar saat menyetir kendaraan? Tidak menekan gas terlalu dalam, mempertahankan kecepatan konstan, serta menghindari beban yang terlalu berat adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Dengan menghemat bahan bakar, kamu akan turut mengurangi polusi udara.

Selain itu, kamu juga bisa belajar caranya menghemat listrik, mengurangi penggunaan plastik, memilih produk yang ramah lingkungan, dan sebagainya. Jika kamu mempraktikkan cara-cara tersebut, kamu turut berkontribusi melestarikan alam, dan pada akhirnya kamu sendiri yang akan dapat manfaatnya.

3. Bisa belajar tentang Tuhan

5 Manfaat Belajar Tentang Alam Sekitar, Buat Kebaikanmu Sendiri Lhopexels/Simon Migaj

Belajar tentang alam berarti kamu belajar juga tentang Penciptanya. Plus, kamu juga bisa tahu bagaimana seharusnya kamu bertindak sebagai manusia untuk menyenangkan Dia. Ketika kamu melihat semut yang rajin, anjing yang setia, serta orangutan yang penyayang, pasti kamu mengerti kan sifat-sifat seperti apa yang Tuhan ingin untuk kamu miliki?

Melihat keindahan bunga atau dahsyatnya petir juga bisa menambah kekaguman kita terhadap Sang Pencipta. Ya, cara paling efektif untuk memperdalam iman adalah gak sekadar duduk membaca Kitab Suci atau mendengarkan ceramah. Cobalah untuk keluar dan belajar dari alam sekitarmu!

Baca Juga: Unik, 7 Wisata Alam Ini Menawarkan Nuansa Merah yang Menggoda

4. Bisa berguna untuk karier

5 Manfaat Belajar Tentang Alam Sekitar, Buat Kebaikanmu Sendiri Lhopexels/Liam Anderson

Buat kamu yang masih sekolah atau kuliah, kamu juga punya peluang bekerja di bidang-bidang yang berhubungan dengan saing kalau kamu banyak belajar tentang alam. Misalnya bidang kimia, biologi, ekologi, geologi, dan sebagainya. Jangan khawatir soal penghasilan, karena pekerjaan di bidang sains umumnya punya potensi penghasilan yang fantastis!

5. Mengerti cara menjaga kesehatan

5 Manfaat Belajar Tentang Alam Sekitar, Buat Kebaikanmu Sendiri Lhopexels/Tirachard Kumtanom

Jangan lupa juga bahwa pengetahuan alam pun mencakup pengetahuan tentang tubuh manusia. Kamu bisa belajar tentang gaya hidup sehat, penyebab dan cara mencegah penyakit, serta berbagai hal lain yang berhubungan dengan kesehatanmu. Pastinya kamu ingin dirimu dan orang-orang tersayang bisa selalu sehat kan?

Sudah jelas kan, bahwa belajar tentang alam itu banyak manfaatnya? Maka jangan ragu untuk menambah pengetahuanmu soal alam sekitar supaya kamu dapat semua manfaat itu!

sumber:

https://eu.oceana.org/en/importance-sharks-0

https://www.nrcan.gc.ca/energy-efficiency/energy-efficiency-transportation/personal-vehicles/fuel-efficient-driving-techniques/21038

Baca Juga: 5 Wisata Alam Laut di Gorontalo yang Lagi Hits dan Wajib Kamu Kunjungi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya