Comscore Tracker

Tak Hanya Dapat Uang, Ini 5 Manfaat Menulis untuk Media Daring

Bisa membuka peluang karier, lho! #IDNTimesLife

Menulis untuk media daring saat ini sudah menjadi kegiatan yang semakin banyak diminati. Tak sekadar bisa menyalurkan hobi menulis, menulis untuk media daring juga memungkinkan kita mendapatkan tambahan penghasilan. Jika rajin dan kreatif, penghasilan yang didapat bahkan bisa cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, selain mendapat uang, menulis untuk media daring sebenarnya juga memiliki sejumlah manfaat lain. Kalau kamu memang hobi menulis, tak ada salahnya mencoba menulis untuk media daring, misalnya IDN Times Community. Itu karena kamu akan mendapat setidaknya lima manfaat berikut ini.

1. Menambah pengetahuan

Tak Hanya Dapat Uang, Ini 5 Manfaat Menulis untuk Media Daringilustrasi perempuan membaca (pexels.com/cristian benavides)

Untuk bisa jadi penulis yang baik, kamu gak hanya harus rajin menulis, tapi juga rajin membaca. Membaca juga penting, apalagi jika ingin menulis tentang pengetahuan ilmiah yang membutuhkan riset. Dengan banyak membaca, otomatis pengetahuanmu pun akan bertambah.

Beberapa pengetahuan yang kamu dapatkan mungkin terkesan gak ada gunanya saat ini. Namun, siapa tahu, pengetahuan tersebut akan bermanfaat untukmu suatu saat nanti. Selama positif, menambah pengetahuan gak akan ada ruginya, kok!

2. Berlatih menyampaikan gagasan dengan baik

Tak Hanya Dapat Uang, Ini 5 Manfaat Menulis untuk Media Daringilustrasi pria menulis (pexels.com/evelina zhu)

Saat menulis, kita sebenarnya sedang menuangkan gagasan dalam otak ke dalam tulisan. Oleh karena itu, semakin sering menulis, kamu akan semakin terlatih melakukan hal tersebut. Kamu akan semakin mahir menyampaikan gagasan rumit dalam otakmu ke dalam kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami orang lain.

Sadar atau tidak, kemampuan tersebut juga bisa menular ke kehidupan nyata, lho. Dalam percakapan sehari-hari, kamu juga akan lebih mudah menyampaikan gagasan kepada orang lain karena sudah terlatih melakukannya saat menulis. Semakin menguasai kemampuan tersebut, semakin efektif kamu berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Coba Menulis di IDN Times Community

3. Menambah kosakata dan pengetahuan tentang bahasa

Tak Hanya Dapat Uang, Ini 5 Manfaat Menulis untuk Media Daringilustrasi perempuan mengobrol (pexels.com/christina morillo)

Dunia kepenulisan sangat erat kaitannya dengan ilmu bahasa dan sastra. Dengan menjadi penulis, kamu juga bisa memperdalam pengetahuanmu tentang bahasa. Itu termasuk pengetahuan soal kalimat efektif, majas, ejaan, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga butuh perbendaharaan kata yang luas supaya bisa menjadi penulis yang baik. Kalau kosakatamu hanya sedikit, tulisanmu bisa membosankan karena terus-terusan mengulang kata yang sama. Menjadi penulis memungkinkanmu mengerti banyak kosakata dan itu sangat bermanfaat saat kamu berkomunikasi dengan orang lain.

4. Kamu mendapat kepuasan karena tulisanmu bermanfaat buat orang lain

Tak Hanya Dapat Uang, Ini 5 Manfaat Menulis untuk Media Daringilustrasi perempuan membaca tulisan di media daring (pexels.com/sam lion)

Menulis untuk media daring memungkinkan tulisanmu dibaca oleh banyak orang. Jumlah pembaca tulisanmu bisa mencapai ratusan, bahkan ribuan. Pastinya, kamu akan sangat puas kalau itu terjadi karena ada banyak orang yang mendapat manfaat dari tulisanmu, entah mendapat pengetahuan, inspirasi, atau hiburan.

Bahkan, kalaupun jumlah pembaca tulisanmu hanya sedikit, kamu tetap bisa puas karena mereka pun tetap mendapat manfaat. Kalau bisa membantu orang lain walaupun hanya sedikit, kamu akan tetap merasa senang, bukan? So, entah tulisanmu dibaca banyak atau sedikit orang, kamu tetap bisa merasakan kepuasan dalam menulis.

5. Bisa membuka peluang karier

Tak Hanya Dapat Uang, Ini 5 Manfaat Menulis untuk Media Daringilustrasi jurnalis (pexels.com/frans van heerden)

Menjadi penulis di media daring juga bisa menjadi awal dari kariermu di dunia kepenulisan. Kalau kamu memang ingin menjadi penulis profesional, anggap saja kegiatan menulis untuk media daring sebagai latihan bagimu untuk memperbaiki kualitas tulisan.

Kalau kamu sudah mahir menulis di media daring, itu juga bisa jadi modal berharga untuk menapaki jenjang selanjutnya di dunia kepenulisan atau media, misalnya kamu bisa menjadi jurnalis, editor, copywriter, dan sebagainya. Kalau kamu memang suka menulis, jenis-jenis pekerjaan itu sangat cocok buatmu!

Menulis untuk media daring bisa membuatmu mendapat penghasilan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat lain seperti lima poin di atas. Jadi, gimana? Tertarik untuk mulai menulis di media daring?

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Hal Ini Bisa Jadi Sumber Inspirasimu dalam Menulis

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya