Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengobrol, Supaya Selalu Positif!

Ngobrol juga ada seninya

Saat mengobrol dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi kita untuk selalu memperhatikan etika dan sopan santun. Misalnya menatap mata lawan bicara, mendengarkan baik-baik, tidak memotong pembicaraan, dan lain sebagainya. Apakah selama ini kamu sudah menerapkannya? Jika ya, kamu patut dipuji!

Tapi selain itu, masih ada beberapa hal lain yang perlu kita ingat saat berbicara atau mengobrol dengan orang lain. Hal-hal ini perlu kamu terapkan supaya terjadi percakapan yang sehat dan positif antara kamu dan orang lain. Hal apa saja itu? Ini dia 5 di antaranya.

1. Jangan berfokus pada diri sendiri saja

5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengobrol, Supaya Selalu Positif!unsplash/Bewakoof.com Official

Fokus pada diri sendiri gak hanya berarti terus menerus berbicara dan mendominasi percakapan. Mungkin selama ini kamu selalu mendengarkan dengan baik saat orang lain berbicara dan tidak memotong pembicaraan. Tapi apa yang menjadi topik obrolannya? Apakah selalu berhubungan dengan kamu dan hal-hal di sekitarmu?

Misalnya kamu sering bercerita tentang masalahmu pada temanmu, lalu meminta pendapatnya. Memang mendengarkan pendapat orang lain itu bagus, tapi kenapa gak sesekali bicarakan hal lain? Coba tanyakan tentang dirinya dan kesehariannya lalu berikan pendapatmu. Itu baru namanya kamu gak hanya fokus pada diri sendiri tapi juga orang lain.

2. Gunakan bahasa dan kosakata yang dimengerti lawan bicara

5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengobrol, Supaya Selalu Positif!unsplash/Trung Thanh

Kalau kamu bisa berbahasa asing atau bahasa daerah tertentu tapi lawan bicaramu gak bisa, tentu gak masuk akal kalau kamu berbicara menggunakan bahasa itu dengannya. Tapi bukan cuma bahasa, kata-kata yang kamu gunakan pun hendaknya dipilih.

Jangan gunakan kata-kata yang rumit kalau kamu gak yakin lawan bicaramu mengerti artinya. Melakukan hal itu gak akan membuatmu terlihat cerdas, tapi justru terlihat sombong dan menyebalkan. Kalau kamu memang cerdas, orang lain pasti bisa melihatnya tanpa harus kamu tunjukkan kok.

Baca Juga: Suka Mengobrol? Ini 5 Jurus Jitu Agar Menjadi Lawan Bicara yang Asyik

3. Dalam obrolan kelompok, pilih topik yang dimengerti oleh semua

5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengobrol, Supaya Selalu Positif!unsplash/Priscilla Du Preez

Pernahkah kamu ngumpul bareng dengan teman-temanmu dan mereka semua membicarakan suatu hal yang gak dimengerti oleh kamu sendiri? Lalu ketika kamu bertanya apa yang mereka bicarakan, mereka gak menjelaskan tapi malah menertawakan ketidaktahuanmu. Kalau kamu pernah mengalami, bagaimana rasanya? Gak enak, bukan?

Kalau begitu, jangan lakukan hal serupa pada orang lain. Misalkan kamu dan teman-temanmu pernah liburan bersama, tapi satu temanmu tidak ikut. Maka saat berkumpul bersama dengannya, lebih baik gak usah bicarakan liburan itu. Temanmu yang gak ikut itu bisa merasa tersisih dan gak dianggap. Masih banyak kan topik menarik lain yang bisa kalian obrolin bersama?

4. Gak semua perbedaan harus didebat

5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengobrol, Supaya Selalu Positif!unsplash/Edvin Johansson

Dalam mengobrol, perbedaan pendapat adalah hal yang biasa terjadi. Namun bukan berarti itu harus jadi bahan perdebatan. Kamu bisa kok memilih untuk membiarkan perbedaan pendapat berlalu begitu saja. Terutama kalau topiknya memang gak terlalu penting. Daripada bersaing untuk menjadi paling benar, bukankah lebih enak ngobrol biasa saja tanpa berdebat?

5. Jangan remehkan perasaan orang lain

5 Hal yang Wajib Kamu Ingat Saat Mengobrol, Supaya Selalu Positif!helpguide.org

Kalau lawan bicara mengungkapkan perasaannya saat mengobrol, jangan remehkan. Bahkan meskipun menurutmu dia terlalu cengeng atau lebay. Ingat bahwa setiap orang berbeda. Ada yang bisa cenderung perasa, ada yang tidak. Ada yang mudah mengungkapkan perasaannya, ada juga yang tidak.

Misalnya temanmu mengungkapkan kekesalannya karena dosennya yang suka marah-marah. Kamu mungkin menganggapnya berlebihan karena dosenmu bahkan lebih sadis lagi. Tapi gak perlu meremehkan kekesalannya itu. Kalau kamu gak punya kata-kata positif untuk diucapkan, lebih baik dengarkan saja. Itulah cara terbaik menghargai perasaan lawan bicara.

Itulah 5 hal yang penting kamu ingat saat mengobrol dengan orang lain. Kalau kamu terapkan, niscaya obrolanmu dengan lawan bicara akan selalu positif, dan orang lain pun akan senang mengobrol denganmu.

Baca Juga: Terkesan Menggurui, Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berkomunikasi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya