Comscore Tracker

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya 

Banyak yang lebih penting dibanding harta materi 

Kamu pasti pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa uang bukanlah segalanya. Ya, memiliki kekayaan materi memang menyenangkan, tapi kamu tentu sadar bahwa itu saja gak cukup untuk membuat kita merasakan kebahagiaan sejati. Makanya, kemungkinan besar kamu sudah berusaha menyeimbangkan hidup antara mengejar materi dengan mengejar hal-hal lain yang lebih penting.

Namun, untuk bisa tetap seimbang, kadang gak mudah. Ada saja hal-hal yang bisa memancing kita menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mencari kekayaan materi. Apakah itu yang sekarang kamu rasakan? Kalau ya, renungkanlah tujuh quote tentang uang dan kekayaan berikut ini untuk membantumu kembali memandang kekayaan dengan seimbang.

1. Beberapa orang sangat miskin karena yang mereka punya hanyalah uang  

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya pexels/andrea piacquadio

Orang yang miskin biasanya diidentikkan dengan orang yang gak punya cukup uang. Hal itu memang ada benarnya, tapi sadarilah bahwa ada jenis orang miskin lain yang keadaannya lebih menyedihkan, yakni mereka yang gak punya apa-apa kecuali harta materi.

Artinya, mereka memang punya harta materi yang berlimpah, tapi mereka gak punya hal-hal lain yang lebih penting. Mereka gak punya kesehatan yang baik, keluarga yang harmonis, pasangan yang setia, teman yang sejati, dan sebagainya. Miris sekali, bukan?

Apakah kamu mau berada di posisi tersebut? Memiliki banyak harta materi, tapi kehilangan hal-hal lain yang lebih penting? Pasti tidak. Makanya, sambil berupaya mencari harta materi, jangan sampai kamu malah kehilangan semua itu, ya!

2. Kita bisa mendapat lebih banyak uang, tapi gak bisa mendapat lebih banyak waktu 

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya pexels/jeshoots

Setiap manusia di dunia ini hanya punya waktu 24 jam dalam sehari. Gak ada yang mendapat lebih banyak atau lebih sedikit dari itu. Waktu 24 jam tersebut juga gak akan pernah kembali. Sekali kita menggunakannya, waktu itu akan hilang untuk selamanya. Sementara, uang selalu bisa dicari lagi apabila sudah habis.

Makanya, daripada takut kehilangan uang, kita harusnya lebih takut kehilangan waktu. Pastikan kamu menggunakan semua waktumu dengan benar untuk hal-hal yang benar-benar penting supaya gak menyesal nantinya.

3. Jika kamu ingin merasa kaya, coba hitung hal-hal yang kamu punya yang gak bisa dibeli dengan uang 

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya pexels/pixabay

Apakah kamu merasa dirimu kaya? Kalau kamu menjawab tidak, coba pikir lagi. Jangan-jangan, itu hanya karena kamu lupa bahwa harta itu gak hanya berupa materi saja. Hal-hal nonmateri yang kita punya justru jauh lebih besar nilainya daripada sekadar materi, lho.

Makanya, coba pikirkan dan hitung hal-hal apa saja yang kamu punya yang gak bisa dibeli dengan uang, misalnya kesehatan fisik dan mental, keluarga, teman sejati, dan sebagainya. Itu semua gak bisa dibeli dengan uang ratusan triliun sekalipun. Kalau punya semua itu, jelas bahwa sebenarnya kamu adalah orang yang kaya!

Baca Juga: 6 Cara Kelola Uang untuk Kamu yang Single agar Siap Kaya

4. Ada orang yang merasa lebih bahagia dengan harta yang lebih sedikit dari hartamu 

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya pexels/leah kelley

Apakah banyaknya harta materi berbanding lurus dengan kebahagiaan yang akan kita rasakan? Tidak. Orang yang kaya raya gak selalu hidup bahagia, sedangkan orang yang hidupnya pas-pasan gak selalu hidup merana.

Kamu mungkin merasa gak terlalu bahagia dengan harta yang kamu miliki saat ini. Namun, di luar sana, ada orang-orang yang lebih bahagia darimu padahal harta mereka lebih sedikit dari punyamu, lho. Itu bukti bahwa terus mengejar harta materi gak menjamin kamu lebih bahagia. So, buat apa mati-matian melakukan itu?

5. Kekayaan bukanlah soal memiliki banyak harta, tapi bisa menikmati sepenuhnya harta yang dipunya 

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya unsplash/the creative exchange

Sebenarnya, orang yang punya banyak harta pun bisa dibilang gak kaya, lho. Kalau seseorang punya banyak harta tapi ia gak bisa menikmati hartanya itu, maka apa gunanya? Misalnya kalau seseorang bisa membeli makanan apapun yang ia inginkan, tapi hanya boleh makan makanan yang rasanya hambar karena sakit keras.

Maka orang yang benar-benar kaya sebenarnya adalah orang yang bisa menikmati semua materi yang ia miliki. Gak masalah hanya bisa membeli makanan murah seperti tahu tempe, yang penting kamu bisa menikmatinya sepenuhnya. Itu baru namanya kaya!

6. Kekayaan bukanlah soal memiliki banyak harta, tapi memiliki sedikit keinginan 

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya pexels/andrea piacquadio

Orang yang sudah punya banyak harta pun bisa merasa gak kaya kalau ia punya banyak keinginan yang belum terwujud. Misalnya sudah punya satu rumah, tapi merasa kurang karena belum punya dua rumah. Setelah punya dua rumah pun, ia masih merasa kurang karena ingin punya tiga rumah dan seterusnya.

Orang seperti itu akhirnya justru selalu merasa kekurangan dan gak bahagia karena terlalu banyak keinginan. Makanya, sebenarnya orang yang kaya adalah orang yang bisa membatasi keinginannya. Apabila keinginannya itu sudah tercapai, ia sudah bisa merasa kaya dan puas.

7. Kekayaan sebanyak apa pun gak akan bisa membuat orang jahat merasa damai

7 Quote Inspiratif tentang Kekayaan, Uang Bukan Segalanya pexels/andrea piacquadio

Karena begitu ingin memiliki banyak harta, beberapa orang nekat menempuh jalan yang tidak halal untuk mendapatkannya. Mereka mungkin berhasil, bahkan tidak ketahuan sehingga tidak dapat hukuman. Namun, bukan berarti hidup mereka lantas bisa baik-baik saja.

Orang yang berbuat jahat pasti senantiasa merasa tidak nyaman dalam hatinya. Mereka mungkin tampak bahagia dari luar, tapi lubuk hatinya yang paling dalam pasti selalu merasa terganggu. Gak ada harta sebanyak apa pun yang bisa menghapus perasaan itu sampai kapan pun. So, jangan sampai kamu terlalu ngotot mengejar harta materi sampai merasakan itu, ya.

Itulah tujuh quote yang bisa kamu camkan supaya kamu lebih seimbang dalam memandang harta materi. Kita memang butuh materi, tapi bersikaplah seimbang supaya jangan sampai kamu malah kehilangan hal-hal yang lebih berharga dari materi.

Baca Juga: Tak Melulu Uang, Ini 5 Jenis Kekayaan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya