Comscore Tracker

5 Skill yang Wajib Kamu Kuasai Sebelum Hidup Mandiri

Supaya gak harus bergantung sama orang lain

Menjadi mandiri adalah salah satu syarat utama kedewasaan. Selain itu, kemandirian juga sangat bermanfaat. Gak harus ngekos atau berumah tangga dulu untuk bisa merasakan faedahnya. Sambil tinggal dengan orangtua pun, kamu pasti menyadari bahwa hidup mandiri itu enak, karena kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau tanpa bergantung pada orang lain.

Jadi kamu pasti mau kan hidup mandiri? Kalau begitu, cobalah pelajari lima skill berikut ini yang sangat dibutuhkan untuk hidup mandiri. Check it out.

1. Memasak

5 Skill yang Wajib Kamu Kuasai Sebelum Hidup Mandiriunsplash/Jason Briscoe

Salah satu kebutuhan manusia yang paling utama adalah makan. Maka kalau kamu bisa masak, hidupmu akan jauh lebih menyenangkan. Skill ini terutama akan terasa manfaatnya saat kamu gak bisa membeli makanan dan gak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk membuatkan makanan. Kalau bisa masak, bahkan pada situasi seperi itu pun kamu bakal anti kelaparan.

Selain itu, kemampuan memasak juga bisa membuat hidupmu lebih sehat dan hemat. Soal rasa gimana? Gak perlu khawatir, semakin sering kamu memasak pasti rasa masakan buatanmu bakal makin enak. Dan yang paling asyik dari masak sendiri adalah kamu bisa bebas menentukan rasa masakan sesuai dengan selera lidahmu sendiri!

2. Mengerjakan pekerjaan rumah

5 Skill yang Wajib Kamu Kuasai Sebelum Hidup Mandiriunsplash/Sarah Brown

Melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju, menyetrika, menyapu, dan mengepel mungkin terasa menyebalkan buatmu. Tapi kamu akan rugi kalau gak bisa melakukannya. Misalnya saat pembantumu sedang pulang kampung, masa kamu mau membiarkan rumahmu kotor dan berantakan begitu saja?

Maka keterampilan melakukan pekerjaan rumah itu perlu dipelajari. Jangan pikir bahwa mencuci baju itu mudah lho, karena salah-salah pakaianmu justru bisa rusak kalau caramu mencuci gak tepat.

Menyetrika pun begitu, karena kamu harus tahu suhu yang cocok dan teknik menyetrika yang benar untuk mendapat hasil maksimal. Maka dengan mempelajari cara mencuci, menyetrika, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya, rumahmu akan selalu rapi dan bersih dalam situasi apapun.

Baca Juga: 5 Soft Skill Utama yang Harus Dimiliki Semua Level Pekerja

3. Menyetir

5 Skill yang Wajib Kamu Kuasai Sebelum Hidup Mandiriunsplash/takahiro taguchi

Selain urusan di dalam rumah, kamu tentu juga harus mengerjakan berbagai kewajiban dan urusan di luar rumah. Dan bepergian kemana-mana akan terasa paling mudah kalau kamu bisa menyetir kendaraan, entah itu sepeda motor atau mobil.

Jika bisa menyetir, kamu akan bisa pergi kemanapun dan kapanpun kamu mau. Gak perlu bergantung pada orang lain dan gak perlu keluar banyak ongkos. Selain itu, menyetir sendiri biasanya bisa mempercepat perjalanan, dan juga tentunya memungkinkanmu untuk mengantar orang tersayang kemana-mana.

4. Mengatur keuangan

5 Skill yang Wajib Kamu Kuasai Sebelum Hidup Mandiriunsplash/Allef Vinicius

Yang satu ini jelas harus masuk dalam daftar, karena pengaturan finansial sangat penting supaya kamu bisa hidup mandiri. Terutama kalau kamu masih bergantung pada kiriman uang dari orang tua, kamu wajib bisa mengatur uang supaya gak membuat orang tuamu gak semakin terbebani.

Cara mengatur keuangan yang baik dan benar tentu mencakup mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Selain itu kamu juga perlu melatih skill memilih barang yang murah tapi berkualitas, skill menahan diri dari godaan menghambur-hamburkan uang, serta skill menawar harga barang. Sudahkah kamu punya skill-skill tersebut?

5. Mengatur waktu

5 Skill yang Wajib Kamu Kuasai Sebelum Hidup Mandiriunsplash/Brad Neathery

Selain uang, tentu kamu juga harus bisa mengatur waktu untuk hidup mandiri. Malah bisa dibilang kemampuan mengatur waktu lebih penting daripada mengatur uang. Uang yang habis masih bisa dicari lagi, tapi waktu yang sudah berlalu gak akan bisa kembali.

Maka sudahkah kamu mendisplin dirimu untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan kewajiban tepat waktu? Atau jangan-jangan kamu masih butuh diingatkan orang lain untuk itu? Tentu sebagai orang gak sempurna, sesekali kita butuh pengingat dari orang lain. Tapi kalau harus terus-menerus ditegur, maka itu artinya kamu belum mandiri. Yuk perbaiki diri lagi!

Itulah lima skill yang harus kamu kuasai untuk bisa hidup mandiri. Suatu saat, kamu pasti akan butuh kemandirian dalam hidupmu, karena kamu akan mengurus rumah tanggamu sendiri. Maka latihlah semua skill di atas supaya kamu bisa jadi orang yang mandiri dan tidak perlu bergantung pada orang lain lagi.

Baca Juga: 5 Skill Potensial yang Justru Bisa Kamu Pelajari Cuma dari Gadget

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You