Comscore Tracker

6 Suka Duka Jadi Anak Metal, Sering Dipandang Negatif!

Ayo, anak metal merapat!

Apakah kamu anak metal? Lagu-lagu metal maupun hardcore memang punya daya tarik tersendiri, ya. Mulai dari sayatan gitar yang cadas, entakan drum yang keras, sampai vokal yang gahar, selalu bisa memancing anak metal untuk melakukan headbang dan air drumming dengan penuh semangat!

Namun, sebagai anak metal, kamu tentu sadar bahwa jenis musik keras dan brutal memang gak selalu diterima banyak orang. Makanya, selain suka, pasti ada pula duka yang kerap dirasakan oleh para anak metal. Ini dia enam suka duka di antaranya yang pasti pernah kamu alami.

1. Selalu mendengarkan musik-musik keras, hidupmu pasti jadi penuh semangat!

6 Suka Duka Jadi Anak Metal, Sering Dipandang Negatif!pexels/Jonas Mohamadi

Terus-terusan mendengarkan lagu galau bisa membuatmu selalu merana dan nelangsa. Namun, mendengar musik metal ataupun hardcore pasti membuat semangatmu terus membara!

Bukan hanya musik dan temponya, banyak lagu metal maupun hardcore yang punya pesan membangkitkan semangat dalam liriknya. Jadi, setiap kali kamu merasa down karena masalah tertentu, gak perlu repot untuk mencari moodbooster yang efektif. Tinggal setel musik metal dari band favoritmu dan mood kamu pasti langsung naik lagi!

2. Bisa menghilangkan stres dan melampiaskan emosi dengan cara yang mudah

6 Suka Duka Jadi Anak Metal, Sering Dipandang Negatif!unsplash/Vidar Nordli-Mathisen

Mau tahu salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres? Dengarkan musik keras! Lebih bagus lagi kalau kamu mendengarkan sambil ikut headbang atau bahkan menyanyikan liriknya dengan teknik scream.

Gak usah khawatir kalau teriakanmu belum sempurna. Yang penting, lampiaskan saja segala stres dan emosi. Setelah itu, kamu pasti merasa sangat lega!

3. Jadi lebih sehat karena banyak bergerak

6 Suka Duka Jadi Anak Metal, Sering Dipandang Negatif!fanpop.com

Anak metal sejati pasti gak bisa tahan mendengarkan lagu metal yang cadas tanpa melakukan headbang. Rasanya leher sudah auto mengentak-entak, bahkan sejak intro lagu baru dimulai. Lumayan tuh buat melatih kekuatan otot leher biar gak gampang pegal!

Gak cuma headbang, gak jarang seluruh tubuh pun rasanya ingin ikut bergerak, terutama jika sedang mendengarkan bersama teman-teman sesama anak metal. Kamu pasti tahu bahwa melakukan gerak tubuh itu baik buat kesehatanmu. Yap, dengan lagu metal, tubuhmu bisa jadi lebih sehat!

Baca Juga: Gak Disangka, Ini 8 Manfaat Musik Rock dan Metal bagi Kesehatan!

4. Sayangnya, anak metal kerap dapat label bad boy atau bad girl

6 Suka Duka Jadi Anak Metal, Sering Dipandang Negatif!weheartit.com

Namun, tentu saja, jadi anak metal ada gak enaknya juga. Salah satunya ialah cara pandang orang sekitar yang biasanya cenderung negatif kepada mereka. Cap anak nakal sudah jadi makanan sehari-hari, bahkan gak jarang anggapan sebagai orang yang temperamen atau kasar pun jadi melekat.

Buat kamu cewek, stigma negatif itu bisa lebih terasa lagi jika kamu jadi anak metal. Umumnya, karena di saat banyak cewek lain tampil kalem dan sopan, kamu malah lebih sering jingkrak-jingkrak mendengarkan lagu metal dan bergaul dengan anak metal yang kebanyakan cowok.

Padahal, kan, urusan gender gak ada hubungannya dengan selera musik, ya?

5. Sering diejek punya selera musik yang aneh atau jelek

6 Suka Duka Jadi Anak Metal, Sering Dipandang Negatif!freepik/asier_relampagoestudio

Di mata orang awam, musik metal juga sering dipandang sebelah mata. Ada yang menganggapnya musik gak jelas karena suara scream vokalis yang memang gak terdengar jelas di telinga banyak orang.

Ada pula yang menganggapnya musik yang berisik dan gak ada nadanya sehingga bertanya heran, "Apa enaknya sih dengerin musik kayak gitu?"

Yang lebih parah, ada yang menganggap musik metal berbahaya karena merupakan musik penyembah setan atau bisa mendorong orang bersikap kasar! Rasanya ingin menjelaskan bahwa itu semua tergantung cara orang menyikapinya sehingga tentu musiknya sendiri gak bisa disalahkan.

6. Sulit dapat banyak teman yang punya selera musik sama

6 Suka Duka Jadi Anak Metal, Sering Dipandang Negatif!denofgeek.com

Kamu juga pasti sadar bahwa musik metal mungkin bukanlah genre musik yang disukai oleh mayoritas orang. Banyak orang yang lebih tertarik dengan genre musik lain, seperti pop, rok, atau jaz. Akhirnya, kadang jadi sulit untuk menemukan teman yang sesama anak metal. Namun, ketika sudah ketemu, pasti asyik tuh untuk diajak headbang bareng!

Itulah enam suka duka yang kerap dirasakan anak metal alias para pencinta lagu metal maupun hardcore. Coba, yang mana nih yang paling sering kamu alami?

Baca Juga: Kembali Cetak Lagu Hits, 10 Transformasi Zico yang Metal Sejak Kecil

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya