Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Telah Terobsesi dengan Hobi, Cepat Kendalikan!

Cewek atau cowok bisa mengalami

Memiliki hobi adalah hal yang sangat wajar sebagai manusia normal. Siapa pun kita, tua muda, pria wanita, pasti memiliki setidaknya satu hobi yang senang kita lakukan. Tentu gak salah untuk melakukan hobi selama masih dalam batas wajar. Namun, kalau sudah mulai berlebihan, akibat-akibat buruk pasti akan segera menyusul.

Apakah kamu termasuk orang yang bersahaja dalam melakukan hobi atau jangan-jangan kamu sudah terobsesi dengan hobimu? Untuk memastikannya, coba lihat lima tanda orang yang terobsesi dengan hobi berikut ini. Adakah yang telah terjadi padamu?

1. Mulai mengganggu kewajiban dan kebutuhanmu

5 Tanda Kamu Telah Terobsesi dengan Hobi, Cepat Kendalikan!freepik/jcomp

Tanda pertama tentu kalau hobimu mulai mengganggu kewajibanmu. Salah satu contohnya, kamu hobi nonton bola, tapi sering nonton bola hingga begadang. Padahal, kamu harus bekerja pada pagi harinya. Akhirnya, kamu pun mengantuk dan gak bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Mungkin, hobimu itu mulai membuatmu mengabaikan kebutuhan dirimu, misalnya kamu hobi maraton nonton drama Korea hingga lupa makan, mandi, bahkan tidur. Kalau hal seperti itu sudah terjadi padamu, fix kamu mulai terobsesi pada hobimu.

2. Selalu memikirkan soal hobimu, termasuk pada saat yang gak tepat

5 Tanda Kamu Telah Terobsesi dengan Hobi, Cepat Kendalikan!pexels/pixabay

Kalaupun tetap menjalankan kewajibanmu, kamu juga bisa dibilang terobsesi kalau terus-menerus memikirkan soal hobimu kapan pun dan di mana pun, misalnya kamu hobi bermain online game. Lalu, kamu terus-menerus memikirkan soal game tersebut, termasuk pada saat sedang mengerjakan kewajiban.

Baca Juga: 5 Manfaat dari Hobi Menyanyi untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

3. Galau kalau gak bisa melakukan hobi

5 Tanda Kamu Telah Terobsesi dengan Hobi, Cepat Kendalikan!freepik/pressfoto

Obsesimu terhadap hobi juga bisa terlihat manakala kamu sedang gak bisa melakukan hobi tersebut. Kalau kamu hobi main online game, misalnya, apa reaksimu saat kuota internet habis, gawai low bat, sinyal buruk, atau ada halangan apa pun yang membuatmu gak bisa bermain?

Kalau jadi uring-uringan, marah-marah, bahkan menghalalkan segala cara supaya bisa segera bermain lagi, itu artinya kamu sudah terobsesi. Begitu pula dengan jenis-jenis hobi lainnya.

4. Menghabiskan terlalu banyak uang untuk hobimu

5 Tanda Kamu Telah Terobsesi dengan Hobi, Cepat Kendalikan!pexels/Artem Beliaikin

Ada beberapa hobi yang mengharuskan kita mengeluarkan sejumlah uang. Tentu hal itu gak salah, tapi coba perhatikan berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk hobimu itu. Kalau sudah terlalu banyak sampai gak bisa membeli hal-hal yang dibutuhkan, kamu sudah terobsesi pada hobimu itu.

5. Mati-matian membela hobimu

5 Tanda Kamu Telah Terobsesi dengan Hobi, Cepat Kendalikan!freepik/drobotdean

Last but not least, obsesimu pada hobi bisa terlihat dari seberapa fanatik kamu dalam membela hobimu, misalnya kamu hobi sepak bola dan menyukai salah satu klub. Apakah kamu sering membela klub jagoanmu mati-matian, bahkan sampai berkelahi dengan temanmu hanya karena klub jagoan kalian berbeda?

Fanatisme seperti itu juga kadang terjadi pada para penggemar KPop. Kalau kamu menyukai salah satu boy band Korea, apakah itu membuatmu sering bertengkar dengan fans boy band lain, bahkan sampai mengeluarkan kata-kata kasar? Kalau ya, jelas kamu sudah terobsesi pada hobimu.

Itulah lima tanda seseorang yang sudah terobsesi dengan hobinya. Hobi itu harusnya menyenangkan, bukan malah merugikan. Makanya, jalankanlah hobimu dengan sewajarnya supaya kamu bisa mendapatkan manfaat!

Baca Juga: Kerja Sesuai Passion, 5 Peluang Ini Cocok buat Kamu yang Hobi Makan!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya