Comscore Tracker

Tanpa Kamu Sadari, 5 Tindakan Ini Buktikan Bahwa Kamu Orang yang Malas

Yakin kamu sudah cukup rajin?

Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata malas? Mungkin kamu langsung membayangkan seseorang yang kerjanya hanya tidur-tiduran sambil main HP seharian dan gak melakukan apapun. Tentu kamu bukan termasuk orang yang seperti itu, jadi kamu mungkin merasa dirimu bukan orang yang malas.

Tapi kemalasan terkadang bisa merasuk ke dalam diri kita tanpa kita sadar. Mungkin kamu mengira bahwa dirimu sudah cukup rajin, tapi bisa jadi kamu masih melakukan beberapa tindakan yang sebenarnya adalah tanda kemalasan.

Tindakan seperti apa? Ini dia 5 di antaranya.

1. Selalu naik kendaraan kemanapun, bahkan jarak dekat

Tanpa Kamu Sadari, 5 Tindakan Ini Buktikan Bahwa Kamu Orang yang Malasunsplash/Hannah Sutherland

Tidak peduli pergi kemanapun, kamu selalu naik kendaraan bermotor. Kamu anti jalan kaki, padahal tempat tujuanmu jaraknya dekat, cuacanya cerah dan sejuk, kamu sedang tidak capek dan tidak sedang terburu-buru. Kalau kamu termasuk orang yang seperti itu, fix kamu malas.

Padahal jalan kaki atau setidaknya naik sepeda ke tempat yang berjarak dekat itu banyak untungnya lho. Pertama, kamu jadi sehat karena berolahraga. Kedua, kamu turut mengurangi polusi udara yang tidak perlu. Dan ketiga, kamu hemat bahan bakar. Jadi, jangan ragu untuk lebih sering jalan kaki kalau memungkinkan ya.

2. Menyimpulkan sebuah berita hanya dari judul

Tanpa Kamu Sadari, 5 Tindakan Ini Buktikan Bahwa Kamu Orang yang Malasunsplash/Priscilla Du Preez

Ini jenis kemalasan yang lain lagi, tapi sama-sama merugikan. Ketika melihat sebuah berita, khususnya berita online, apakah kamu cenderung langsung menyimpulkan isi berita tersebut hanya dari judulnya dan tidak mau membaca lebih lanjut? Jika ya, maka sebenarnya kamu orang yang malas.

Kamu perlu tahu bahwa zaman sekarang banyak media yang sengaja menampilkan berita dengan judul bombastis demi menarik minat orang untuk mengklik berita tersebut. Padahal isi beritanya belum tentu seheboh judulnya.

Bayangkan apa yang bisa terjadi kalau kamu malas membaca isi berita tersebut dan langsung membuat kesimpulan hanya dari judulnya saja. Kamu bisa mendapat informasi yang tidak tepat tentang apa yang sebenarnya terjadi. Jadi lain kali kamu melihat judul berita yang terdengar fantastis, jangan malas untuk membaca isi sebenarnya ya.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Orang Malas buat Ngobrol Sama Kamu

3. Menyebar informasi yang belum jelas kebenarannya

Tanpa Kamu Sadari, 5 Tindakan Ini Buktikan Bahwa Kamu Orang yang Malasunsplash/NordWood Themes

Akan lebih berbahaya lagi kalau sudah malas membaca isi berita yang sebenarnya, malas pula mencari tahu kebenaran dari berita tersebut, dan langsung menyebarkannya. Kemalasan seperti itulah yang bisa membuat seseorang tanpa sadar menyebarkan berita bohong alias hoax. Hati-hati, melakukan hal itu termasuk tindakan pidana lho.

Maka selain mencari tahu informasi secara lengkap, penting pula untuk mengetahui apakah informasi tersebut memang benar atau tidak. Jika memang benar dan bermanfaat, sangat bagus kalau kamu sebarkan info tersebut. Tapi kalau kamu tidak yakin, lebih baik tahan dulu supaya informasi yang menyesatkan jangan sampai tersebar.

4. Membuang sampah sembarangan

Tanpa Kamu Sadari, 5 Tindakan Ini Buktikan Bahwa Kamu Orang yang Malasbbc.com

Sebuah ungkapan terkenal berbunyi bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Namun membuang sampah sembarangan seringkali tidak hanya berhubungan dengan kurangnya iman, tapi juga kemalasan.

Malas mencari tempat sampah sehingga lebih memilih untuk membuang sampah seenaknya. Malas menunda dulu membuang sampah sampai menemukan tempat sampah. Yang lebih parah, malas menghampiri tempat sampah yang sebenarnya hanya berjarak beberapa meter.

Kalau kamu masih melakukan salah satunya, kamu gak bisa menyebut dirimu orang yang rajin.

5. Lebih suka bersosialisasi lewat internet daripada secara langsung

Tanpa Kamu Sadari, 5 Tindakan Ini Buktikan Bahwa Kamu Orang yang Malaspexels/rawpixel

Sebagai makhluk sosial, kita butuh bergaul dengan orang lain. Sosial media membuat pergaulan bisa lebih mudah dilakukan, tapi sebenarnya manusia selalu butuh pergaulan tatap muka secara langsung. Maka sangat disayangkan bahwa banyak orang saat ini lebih memilih bergaul di dunia maya daripada dunia nyata.

Hal itu sebenarnya sangat merugikan karena kamu bisa kehilangan skill bergaul secara langsung, suatu keterampilan yang akan berguna bagimu seumur hidup. Media sosial gak selalu bisa menyalurkan emosi dan perasaan yang terdalam, termasuk kasih sayang. Jadi, jangan malas untuk meletakkan gadgetmu dan mulai mengobrol dengan orang di sekitarmu ya.

Itulah 5 tindakan yang tanpa disadari bisa jadi tanda bahwa kamu orang yang malas. Gimana, masih adakah yang sering kamu lakukan? Jika ya, yuk perbaiki diri dan buang rasa malas supaya kamu bisa menikmati banyak manfaat dalam hidupmu!

Baca Juga: Memiliki Sifat Ambisius Tidak Selalu Buruk, Inilah 5 Kelebihannya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You