Comscore Tracker

Suka Belanja Berlebihan? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinya

#PANJATPOIN Penting, nih supaya gak boros!

Bagi beberapa orang, belanja dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun tak sedikit pula yang menjadikannya hobi. Mereka merasakan kesenangan luar biasa saat berbelanja banyak barang, hingga terkadang sampai membeli barang-barang yang gak direncakanan atau bahkan gak dibutuhkan.

Akibatnya, pengeluaran pun bisa membengkak. Kalau sudah begitu, belanja akhirnya malah jadi kegiatan yang merugikan, bukan menguntungkan. Maka supaya itu gak terjadi, kamu perlu mengendalikan keinginan berbelanja dan menyesuaikannya dengan kemampuanmu secara finansial.

Bagaimana caranya? Cobalah 5 strategi berikut ini supaya kegiatan belanjamu tetap terkendali. Check it out.

1. Membuat daftar belanja

Suka Belanja Berlebihan? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinyafoodtownmarket.com

Cara yang satu ini mungkin terdengar sangat klise. Tapi memang faktanya ini adalah langkah yang sangat penting. Pergi ke tempat belanja dengan pikiran "lihat saja nanti mau beli apa" berpotensi membuatmu tergoda membeli hal-hal yang gak dibutuhkan.

Daftar belanjaan bisa membuatmu tetap fokus pada hal-hal yang dibutuhkan saja. Selain itu, malas membuat daftar belanja bisa membuatmu lupa barang apa saja yang sebenarnya kamu butuhkan. Dan satu lagi, membuat daftar belanja sangat penting karena berhubungan dengan langkah kedua berikut ini.

2. Bawa uang cash dalam jumlah pas

Suka Belanja Berlebihan? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinyaunsplash/Artem Beliaikin

Setelah membuat daftar belanja, kamu bisa membuat perkiraan berapa uang yang kamu butuhkan untuk membeli semua barang dalam daftar. Lalu siapkanlah uang cash dengan jumlah yang kira-kira pas. Siapkan juga sedikit uang lebih kalau-kalau ada kebutuhan mendadak di perjalanan.

Sebisa mungkin bawa uang cash saja, jangan bawa kartu kredit atau debit karena kedua kartu itu bisa semakin menguatkan godaan untuk membeli hal-hal yang gak kamu butuhkan. Namun, memang membawa uang tunai punya risiko tersendiri.

Maka berhati-hatilah dan usahakan batasi barang-barang yang ingin kamu beli supaya gak perlu membawa terlalu banyak uang.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Belanja di Toko Online, Supaya Gak Kecewa Sis!

3. Ajak teman

Suka Belanja Berlebihan? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinyahardwareretailing.com

Kalau kamu merasa tidak nyaman membawa uang cash, kamu bisa tetap membawa kartu kredit atau debit. Tapi kamu perlu menyiapkan strategi lain, yaitu mengajak teman berbelanja. Tujuannya supaya temanmu itu bisa mengingatkan dirimu untuk gak membeli hal-hal yang gak kamu butuhkan.

Tapi tentu kamu perlu mengajak teman yang disiplin soal keuangan. Jangan malah mengajak teman yang senang belanja gila-gilaan. Biasanya mengajak teman cowok adalah pilihan terbaik, karena cowok umumnya gak terlalu suka belanja.

4. Jangan buang struk belanja

Suka Belanja Berlebihan? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinyasky.com

Setelah belanja di supermarket atau minimarket, kamu pasti akan mendapatkan struk belanja. Mungkin kamu biasanya langsung membuang struk belanja itu karena merasa gak membutuhkannya. Tapi sebenarnya sangat bagus kalau kamu menyimpan struk tersebut karena ada manfaatnya. Apa itu?

Manfaatnya adalah kamu jadi tahu harga setiap item yang telah kamu beli. Lain kali ketika kamu ingin membeli barang yang sama, kamu pun bisa tahu berapa kira-kira uang yang perlu kamu siapkan untuk membelinya. Selain itu, dengan struk tersebut kamu juga bisa membandingkan harga di berbagai tempat dan mencari yang termurah.

5. Jangan selalu berbelanja ke mal

Suka Belanja Berlebihan? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinyaunsplash/Gary Butterfield

Sadarkah kamu bahwa keinginan untuk belanja berlebihan biasanya sangat mudah muncul jika kamu belanja di mal? Hal itu wajar karena memang barang-barang di mal ditata sedemikian rupa untuk menarik minat pembeli. Selain itu, mal juga sangat nyaman sehingga kita tergoda untuk berlama-lama di sana, sehingga akhirnya jadi belanja berlebihan.

Maka untuk menyiasati itu, cobalah untuk tidak selalu pergi ke mal setiap ingin belanja. Belanja ke pasar tradisional memang tidak senyaman mal, tapi itu justru bisa mengusir godaan untuk belanja berlebihan. Selain itu, kenapa tidak coba belanja ke warung atau toko dekat rumah? Selain lebih dekat, kamu juga bisa turut membantu rakyat kecil lho.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kebiasaan belanja berlebihan. Penting lho untuk kamu terapkan, supaya kamu gak jadi boros dan keuanganmu tetap sehat!

Baca Juga: 6 Tipe Orang Ketika Belanja, Kamu Termasuk yang Mana?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You