Comscore Tracker

Stop Salahkan Diri Sendiri karena 5 Hal Ini, Ingat Kamu Itu Berharga!

#ANGPOIN Kalau bukan kamu, lalu siapa lagi?

Setiap manusia itu diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya. Kamu juga gak bisa menyamaratakan keunggulan orang lain dengan dirimu sendiri.

Apakah kamu sendiri masih sering gak percaya diri dan cenderung menyalahkan diri sendiri? Coba deh mulai sekarang stop salahkan diri sendiri apalagi jika lima hal di bawah ini yang sedang kamu rasakan.

Ingat, kamu itu makhluk berharga. Jangan terus-terusan sakiti diri sendiri ya.

1. Ada orang lain yang gak menyukaimu

Stop Salahkan Diri Sendiri karena 5 Hal Ini, Ingat Kamu Itu Berharga!imdb.com

Ingat, kamu gak bisa membahagiakan semua orang di muka bumi ini. Jadi, bersikaplah adil pada dirimu sendiri. It's okay kalau ada orang yang gak menyukaimu. Gak perlu dipikir berlarut-larut. Ingat saja bahwa masih ada orang terdekatmu yang sungguh mencintaimu dan menerimamu apa adanya.

2. Idemu gak diterima dan kamu dikritik dengan keras

Stop Salahkan Diri Sendiri karena 5 Hal Ini, Ingat Kamu Itu Berharga!Imdb.com

Pernah dikritik di depan umum dan kamu merasa gagal? Gak perlu menyalahkan dirimu sendiri atau merasa bodoh. Apresiasi apa pun ide yang pernah terlintas di otakmu. Jika kamu mendapat kritik, jadikan sebagai masukan untuk memperbaiki dirimu sendiri. Dengarkan pada kritik yang membangun saja. Hitung-hitung kamu mendapat pelajaran gratis yang bakal berguna, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Relationship dengan Diri Sendiri

3. Kegagalan yang pernah kamu alami di masa lalu

Stop Salahkan Diri Sendiri karena 5 Hal Ini, Ingat Kamu Itu Berharga!imdb.com

Kamu ada di hari ini berkat masa lalumu. Tempaan di masa lalu bisa membentukmu menjadi karaktermu yang seperti sekarang ini. Jadi, stop deh menyalahkan diri sendiri dan membenci kebodohan yang pernah kamu lakukan.

Justru yang perlu kamu lakukan sekarang adalah bersyukur karena pernah mengalami hal itu dan jadi pelajaran untuk gak melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

4. Merasa bodoh dan gak percaya pada kemampuan dirimu sendiri

Stop Salahkan Diri Sendiri karena 5 Hal Ini, Ingat Kamu Itu Berharga!imdb.com

Sesungguhnya gak percaya pada kemampuan diri sendiri adalah suatu penyakit. Karena pola pikirmu yang meragukan diri sendiri, kamu jadinya gak bisa memaksimalkan talenta yang kamu miliki. Berhenti deh merasa bodoh.

Semua orang itu punya kemampuannya di bidang masing-masing, termasuk kamu. Jadi kalau temanmu sukses di bidang yang gak kamu kuasai, jangan patah arang. Terus mencoba untuk menemukan dimana talentamu berada.

5. Pasangan selingkuh atau minta putus karena merasa gak cinta lagi padamu

Stop Salahkan Diri Sendiri karena 5 Hal Ini, Ingat Kamu Itu Berharga!imdb.com

Pernah punya pengalaman pahit dalam dunia percintaan? Pasangan selingkuh atau memutuskanmu dengan alasan berhenti mencintaimu? Sakit memang. Namun, kamu gak dibenarkan untuk menyalahkan diri sendiri. Bukan kamu penyebab utama pasanganmu selingkuh, dia memang brengsek. Itu saja.

Mungkin rasanya susah, namun di momen ini harusnya kamu bersyukur karena matamu dibukakan. Kamu tahu tabiat asli pasanganmu. Bersyukurlah kamu dijauhkan dari orang-orang toxic sepertinya.

Jadi, apakah kamu masih sering menyalahkan diri sendiri karena alasan di atas? Yuk, berusaha lebih mencintai diri sendiri mulai sekarang!

Baca Juga: 8 Reminder yang Harus Kamu Ingat Saat Mulai Meragukan Diri Sendiri

Nara Yana Photo Community Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You