Comscore Tracker

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & Kuat

Para introvert mana suaranya?

Orang yang memiliki kepribadian introvert bakal lebih suka menghabiskan waktu seorang diri. Daripada nongkrong dengan teman, mereka lebih senang menikmati waktu sendirian di rumah. Bahkan, waktu luang yang ada sering dipakai untuk melakukan hal-hal yang disenangi, meskipun sendirian.

Meski demikian, menyendiri tidak melulu buruk kok justru ada banyak manfaat yang bakal kamu dapatkan ketika sering menghabiskan waktu seorang diri. Apa saja manfaatnya?

1. Saat sendiri adalah momen untuk mengeksplor kreativitas di dalam diri

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & KuatUnsplash/Allef Vinicius

Ketika sedang bersama dengan teman-teman, kita cenderung bakal mengiyakan dan ikut apa keinginan bersama. Hal ini yang membuat kekreatifan di dalam diri terpangkas. Berbeda ketika sedang sendirian, saat sendiri, kamu justru punya banyak waktu untuk menggali potensi. Misalnya saja ketika sendirian kamu bisa menulis, menggambar, memasak, dan masih banyak hal lainnya. Ini saatnya kamu mengeksplor dan menemukan sisi kreatif dalam dirimu!

2. Kamu bisa menemukan solusi dan memecahkan masalahmu selama ini

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & KuatUnsplash/Andrik Langfield

Menyendiri juga bisa membantumu menemukan jalan keluar. Ketika kamu sedang memiliki masalah yang butuh diuraikan, menyendiri bisa jadi solusinya. Saat sedang sendirian kamu bisa berpikir lebih jernih sehingga bisa menemukan solusi yang bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

3. Menyendiri bisa menyembuhkan stress, membersihkan pikiran, sekaligus me-recharge tenaga

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & KuatUnsplash/Cristina Gottardi

Tidak cuma membantu menemukan solusi, ketika sedang sendirian kamu bisa melakukan hal apapun yang kamu suka. Memasak, berkebun, mendengarkan musik, nonton film kesukaan, atau bahkan memiliki proyek menulis.

Kegiatan ini bakal membuatmu lebih santai dan relaks. Pada akhirnya, stres yang selama ini mendera bisa hilang dan pikiranmu pun jadi lebih jernih dari sebelumnya. Bahkan, melakukan hal-hal yang kamu suka juga bisa me-recharge tenaga.

4. Kamu makin percaya diri karena bisa menentukan apa pun seorang diri

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & KuatUnsplash/GREG KANTRA

Rasa percaya diri bakal makin tumbuh subur ketika kamu memperbanyak waktu sendirian. Pasalnya dengan memiliki waktu sendiri kamu bakal terbiasa untuk menentukan apapun sendiri tanpa turut campur orang lain. Hal ini membuatmu bakal lebih mengutamakan kata hati dan percaya pada instingmu.

Baca Juga: 5 Bukti Kalau Pribadi Introvert Kuat dalam Menghadapi Masalah

5. Memiliki waktu sendiri justru bakal menyadarkanmu pada tujuan yang harus kamu capai dalam hidup

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & KuatUnsplash/Kaylah Otto

Menyendiri bakal membuatmu kembali melihat hal-hal yang sudah dan masih ingin kamu capai. Misalnya saja masalah pekerjaan, asmara, keuangan, hingga keluarga. Kamu bisa dengan jelas melihat posisimu saat ini dan memetakan strategi demi bisa mencapai tujuanmu ke depannya.

6. Gak ada yang mendistraksi, ini kesempatan emas untuk membereskan pekerjaan yang terbengkalai

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & KuatUnsplash/Nine Köpfer

Ketika sedang sendiri, kecil kemungkinan ada yang mendistraksi. Namun tentunya kamu harus membulatkan tekad. Nah, kesempatan menyendiri ini bisa dijadikan kesempatan emas untuk membereskan pekerjaan yang selama ini tertunda.

7. Memperbanyak waktu sendiri bakal menumbuhkan rasa bangga karena kamu makin mandiri dan gak bergantung pada orang lain

7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & KuatUnsplash/Rodolfo Sanches Carvalho

Memperbanyak waktu sendiri bakal membuatmu makin merasa bangga pada diri sendiri. Kamu bisa sesuka hati melakukan hal sesuai keinginan dan minat. Tidak melulu mengikuti kata orang lain, kamu dengan tegas bisa mengambil keputusan sesuai kata hati. Ini yang bakal membuatmu merasa bangga terhadap diri sendiri karena kebahagiaanmu tidak tergantung pada orang lain.

Berapa kali dalam seminggu kamu membutuhkan waktu sendiri?

Baca Juga: Selain Kamu, 5 Tokoh Film Ini Juga Berkepribadian Introvert

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya